IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA GALLEON COFFEE SHOP

Penulis

  • Bambang Waluyo Universitas Budi Luhur
  • Bruri Trya Sartana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Kafe, Customer Relationship Management (CRM)), Website

Abstrak

Kafe merupakan tempat makan, minum, dan tongkrongan yang suasananya bersifat santai. Pada zaman sekarang kebanyakan dari para pedagang maupun pengusaha mengembangkan bisnisnya ke situs online. Salah satunya pada Galleon Coffee Shop. Dibalik kemajuan teknologi yang kini telah berkembang secara pesat, sampai saat ini Galleon Coffee Shop masih memanfaatkan sistem pemesanan biasa (datang langsung), Galleon Coffee Shop merasa kesulitan dalam mengolah data pelanggan, data menu makanan, minuman serta harga dan promo yang diberikan kepada pelanggan. Galleon Coffee Shop pun belum menyediakan pelayanan khusus kepada pelanggan karena data pelanggan tidak ada. Hal ini dikarenakan belum adanya informasi langsung kepada pelanggan sebelum pelanggan berkunjung. Oleh sebab itu, penelitian ini penyusun menawarkan solusi untuk meningkatkan pelayanan di Galleon Coffee Shop dengan menerapkan strategi bisnis Customer Relationship Management (CRM) berbasis web dengan membangun sistem informasi yang memanjakan pelanggan dengan memberikan informasi terkait menu, harga dan informasi serta promo yang diadakan Galleon Coffee Shop, menu sebelum berkunjung. Selain itu, pelanggan dapat melakukan pemesanan langsung ketika berada di Galleon Coffee Shop melalui sistem tanpa harus menunggu pelayan, dan pelanggan dapat melakukan interaksi dengan perusahaan melalui jalur website. Dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan Web server dengan bahasa pemrograman PHP, kemudian untuk basis data menggunakan Mysql. Metode perancangan dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode penerapan prototype dan framework CodeIgniter. Berdasarkan hasil uji coba menunjukan bahwa aplikasi ini membantu pengguna dalam memercepat dan mempermudah pengelolahan data. Kesimpulan yang di dapat dari hasil uji coba sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai.

Referensi

A. Khair, V. Rosalina, and S. S, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Dengan Penerapan Customer Relationship Management Berbasis Web,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 8, no. 2, pp. 60–85, 2021, doi: 10.30656/prosisko.v8i2.3856.

J. S. Irsandi, I. Fitri, and N. D. Nathasia, “Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 5, no. 4, p. 346, 2020, doi: 10.35870/jtik.v5i4.192.

E. Rosinta and D. Hasibuan, “Implementasi Customer Relationship Management ( CRM ) Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT . Buana Telekomindo,” J. TIMES (Techonology Informatics Comput. Syst., vol. VII, no. 1, pp. 8–14, 2018.

F. Yoga Wibawa, W. Wijiyanto, and M. Muhtarom, “Aplikasi Coffee Shop Berbasis Website (Studi Kasus: Coffee Shop Di Surakarta),” DutaCom, vol. 14, no. 2, pp. 73–80, 2021, doi: 10.47701/dutacom.v14i2.2020.

Y. A. Pratama and M. D. Aditiya, “Penggunaan Pendekatan Customer Relationship Management Di Kedai# Kulinongopi Bandar Lampung,” Pros. Semin. Nas., pp. 110–114, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2571

N. Sopiah and A. Diana, “Implementasi Decision Support System Penilaian Kinerja Guru Terbaik di SDN Kebayoran Alama Selatan 17 Pagi Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) & Simple Additive Weighting (SAW)”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 223-230, Nov. 2019.

M. Tabrani and I. Rezqy Aghniya, “Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 1, pp. 44–53, 2020, doi: 10.35969/interkom.v14i1.65.

A. F. Prasetya, Sintia, and U. L. D. Putri, “Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. Terap. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2022.

T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, and Mira Wulandari, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram Uml (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2022, [Online]. Available: https://journal.polita.ac.id/index.php/politati/article/view/110/88

S. Nabila, A. R. Putri, A. Hafizhah, F. H. Rahmah, and R. Muslikhah, “Pemodelan Diagram UML Pada Perancangan Sistem Aplikasi Konsultasi Hewan Peliharaan Berbasis Android (Studi Kasus: Alopet),” J. Ilmu Komput. dan Bisnis, vol. 12, no. 2, pp. 130–139, 2021, doi: 10.47927/jikb.v12i2.150.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Waluyo, B., & Sartana, B. T. (2023). IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA GALLEON COFFEE SHOP. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1310–1319. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/840