PENERAPAN METODE ACQUIRE ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEB UNTUK MENGEMBANGKAN PENDAPATAN CAKUPAN PASAR PERUSAHAAN

Penulis

  • Imam Fidianto Universitas Budi Luhur Jakarta
  • Bruri Trya Sartana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-CRM, UMKM, fishbone diagram

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi saat ini berkembang pesat, mendorong perusahaan di industri makanan untuk memiliki sistem yang mendukung pemasaran dan pengolahan data pembelian. Fokus utama adalah meningkatkan penjualan dan efisiensi bisnis. Customer Relationship Management (CRM) menjadi kunci dalam mengelola hubungan dengan pelanggan untuk keuntungan bersama. Usaha mikro kecil menengah (UMKM) Ilmi Catering yang bergerak di bidang makanan menghadapi tantangan seperti transaksi offline dan cakupan pemasaran terbatas. Solusi yang diajukan adalah membangun website penjualan dengan fitur lengkap untuk mendukung penjualan. Implementasi e-CRM berbasis web didukung oleh berbagai tahap analisis, termasuk fishbone diagram, activity diagram, usecase diagram, Logical Record Structural, dan Sequence Diagram. Sistem e-CRM ini memberikan akses mudah bagi pelanggan Ilmi Catering, termasuk fitur diskon sebagai bentuk apresiasi. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan. Selain itu, sistem ini mencakup dokumentasi penjualan, termasuk manajemen laporan hasil penjualan, untuk evaluasi bisnis yang lebih baik. Dengan demikian, sistem ini memberikan solusi terintegrasi untuk peningkatan penjualan dan efisiensi operasional UMKM Ilmi Catering.

Referensi

F. Andreani, “CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN APLIKASINYA DALAM INDUSTRI MANUFAKTUR DAN JASA.” [Online]. Available: http://www.aspective.com/

D. Hamidin, “A-31 MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI INSTITUSI PENDIDIKAN,” 2018.

G. Zulfata, N. Hendrakusma Wardani, and A. Hendra Brata, “Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada Toko Sepatu Aneka Sport Malang Dengan Metode Kerangka Kerja Dynamic CRM,” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

V. Rosalina, T. Nurhadiyan, and F. Teknologi Informasi Universitas Serang Raya Jl Raya Serang-Cilegon Taman Kopasus, “PEMODELAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E- CRM) PADA RUMAH SAKIT,” vol. 5, no. 2, 2018, [Online]. Available: http://www.zachmanframeworkassociates.com/ind

B. Perikanan et al., “Pembuatan Model Customer Relationship Management (Crm) Menggunakan Metode Cobit 4.1 Pada,” 2018. [Online]. Available: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF

U. M. Denpasar and S. Subanji, Mathematical Representation of Cerebral Palsy Students in Constructing the Concept of Plane Geometry Based on APOS Theory View project PROSES KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMK PGRI 7 MALANG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BERDASARKAN PEMAHAMAN SKEMP View project Kadek adi Wibawa. 2019. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/285581327

B. H. Purnomo, “METODE DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH).”

L. Parjadinata and D. Putra Buana Sakti, “PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI, KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN PROGRAM ONE DAY SERVICE DI KANTOR PERTANAHAN KOTA MATARAM,” 2020, doi: 10.29303/jmm.v.

W. Agasia and S. Margaretha Kuway, “ANALISIS PROSES BISNIS : STUDI KASUS BAGIAN CUSTOMER CARE PADA PT. TELKOM INDONESIA TBK KANDATEL PONTIANAK,” 2012.

C. Evy and T. Widyahening, “PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN FISHBONE DIAGRAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA”.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Fidianto, I., & Sartana, B. T. (2023). PENERAPAN METODE ACQUIRE ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEB UNTUK MENGEMBANGKAN PENDAPATAN CAKUPAN PASAR PERUSAHAAN. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1739–1746. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1087