SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK PENERIMAAN BEASISWA DI SMA AL-FATH DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Penulis

  • Umar Hanapi Budi Luhur
  • Dian Anubhakti Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Bruri Trya Sartana Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Lauw Li Hin Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

analytical hierarchy process (AHP), sistem penunjang keputusan, beasiswa, Penerimaan Beasiswa, AHP, SMA Al-Fath

Abstrak

SMA Al-Fath merupakan SMA swasta yang berada di Kota Tangerang Selatan, di sekolah tersebut memiliki program beasiswa, namun dalam penyeleksian penerimaan beasiswa secara konvensional dan sudah memiliki metode perhitungan tetapi sistem sebelumnya masih belum efisien dan objektif untuk mengambil keputusan. dalam proses penyeleksiannya banyak calon siswa yang mendaftar sehingga terlalu menyita waktu dalam proses penyeleksiannya dan kurang efektif dan objektif dalam penyeleksian penerimaan beasiswa tersebut. Agar penelitian ini dapat membantu sekolah dalam memilih dan mengumpulkan informasi tentang penerimaan beasiswa, maka digunakanlah metode AHP, metode AHP ini adalah salah satu metode dalam sistem pengambilan keputusan yang menggunakan beberapa variabel dengan proses analisis bertingkat. Analisis dilakukan dengan memberi nilai prioritas dari tiap-tiap variabel, kemudian melakukan perbandingan berpasangan dari variabel-variabel dan alternatif-alternatif yang ada. Metode ini menggunakan perbandingan dari beberapa kriteria – kriteria yaitu pendapatan orang tua, jumlah saudara, rata-rata nilai, prestasi sekolah dan ekstrakurikuler, kepribadian. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan PHP dan Mysql. Aplikasi ini akan memudahkan bagi pihak sekolah dalam pemilihan siswa yang akan mendapat beasiswa.

Referensi

E Oktaviani, N., Widiarta, I. M., & Nurlaily. (2019). Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web Pada Smp Negeri 1 Buer. Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains, 1(2), 160–168

Aditya, R.. and Pranatawijaya, V. H. (2021) ‘Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype’, 1(June), pp. 47–57.

Antonio, H.. and Safriadi, N. (2012) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Informatika (SI-ADIF)’, 4(2), pp. 12–15.

Hidayat, C. R., Mufizar, T., & Ramdani, M. D. (2018). Implementasi Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Karyawan Bpjs Kesehatan Tasikmalaya. Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018, September, 530–541

Hormati, R., Yusuf, S. and Abdurahman, M. (2021) ‘Sistem informasi Data Poin Pelanggaran Siswa Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Web Pada SMA Negeri 10 Kota’, Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, 4(2), pp. 93–103. doi: 10.47324/ilkominfo.v4i2.128.

Fuadi, Achmad Lutfi. (2020). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Lokasi Agen Baru dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada PT . Citra Van Titipan Kilat. Journal Of Artificial Intelligence And Innovative Applications Vol. 1, No. 2, 1-6.

Ditdit Utama Nugeraha, 2017, Sistem Penunjang Keputusan: Filosofi, Teori dan Implementasi, Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Iskandar Nasibu Z., 2009, Penerapan Metode AHP Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Karyawan Menggunakan Aplikasi Expert Choice, Sumatra Barat: Jurnal Pelangi Ilmu. Vol 2 No. 5..

Sri Eniyati, 2011, Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting), Semarang: Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 16, No.2.

A. Sutrisno. (20018). Penerapan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) Untuk Pemilihan Supplier Suku Cadang Di. Jurnal Informatika Vol.6 No.5, 32-44.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Hanapi, U., Anubhakti, D., Sartana, B. T., & Hin, L. L. (2023). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK PENERIMAAN BEASISWA DI SMA AL-FATH DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 788–793. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/653

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>