IMPLEMENTASI E-COMMERCE PADA TOKO RAJAWALI CCTV SEBAGAI SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE

Penulis

  • Muhammad Afif Azhari Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Lauw Li Hin Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Ady Widjaja Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Gandung Triyono Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Bussines Model Canvas, E-Commerce, SEO, Toko Elektronik, Toko Komputer, WordPress

Abstrak

Perkembangan internet yang sangat cepat membawa dampak besar segala aspek ,tidak terkecuali dalam bidang bisnis dan pemasaran. Kemudahan yang diberikan internet membuat banyak pelaku bisnis berpindah dari bisnis konvesional menjadi bisnis online. E-Commerce merupakan konsep perkembangan dalam sistem perdagangan yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli produk dan jasa melalui internet. Kelebihan bisa menggunakan internet antara lain adalah mudah dan cepat. Toko Rajawali CCTV yang penjualan hanya menggunakan sistem transaksi konvesional dengan menjalankan bisnisnya, pemiliki toko ingin mengembangkan bisnisnya menggunakan website penjualan online dengan tujuan dapat memberi solusi bagi masalah yang terjadi dan meningkatkan penjualan  produk. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Research Applied (penelitian terapan Implementasi Sistem Infomasi Penjualan Berbasis E-commerce Pada Toko Rajawali CCTV dan pengoptimalan menggunakan Search Engine Optimazion (SEO). Hasil dari penelitian ini dapat menguntungkan semua pihak, baik pelanggan maupun pemilik toko.

Referensi

Aditya Yoga Prakasa, Reko Syarif Hidayatullah, and Siti Julaeha, “Perancangan Aplikasi Penjualan Cctv Pada Pt Internusa Technology Di Jakarta Selatan Berbasis Android,” J. Publ. Manaj. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 72–84, 2022, doi: 10.55606/jupumi.v1i1.219.

R. Irawati and I. B. Prasetyo, “Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang),” J. Penelit. Manaj. Terap., vol. 6, no. 2, pp. 114–133, 2022.

E. Pudjiarti, A. A. Yana, and N. Hidayatun, “Pembangunan e-Commerce Berbasis Web untuk Strategi Penjualan CCTV,” J. Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, vol. 8, no. 1, pp. 42–45, 2019.

A. Hanif and R. H. Ramadhan, “Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Kamera CCTV Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall,” JAIS - J. Account. Inf. Syst., vol. 1, no. 02, pp. 24–29, 2021, doi: 10.31294/jais.v1i02.945.

A. Widyanto and H. Patrie, “Implementasi Penjualan Bebasis E-Commerce Pada Toko Synergie Motor,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 92–100, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1593.

Sigit Santosa and Hilman Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” J. Bisnis dan Pemasar., vol. 11, 2021.

N. A. Martiana and L. Fajarita, “Perancangan Website E-Commerce Berbasis Wordpress Pada Sempurna Jaya Aluminium Product,” J. IDEALIS (Indonesia J. Inf. Syst., vol. 3, no. 6, pp. 298–305, 2020.

C. A. P. Pratama and L. L. Hin, “Implementasi Website E- Commerce Berbasis Content Management System Dalam Meningkatkan Penjualan Tembakau Pada Fuadbako Implementation Of E-Commerce Website Based On Content Management System In Increasing Tobacco Sales In Fuadbako,” no. September, pp. 1669–1677, 2022.

A. Alfarisi, “Perumusan Strategi Business Model Canvas ( BMC ) pada Perusahaan Sandal Toyosima Singosari,” J. Ilm. Mhs. FEB, pp. 1–14, 2019.

A. S. Fatin, “Pengembangan Media Penjualan Pada Toko Store Anak Branded Dengan E-commerce,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 2335–2350, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i3.2694.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Afif Azhari, M., Hin, L. L., Widjaja, A., & Triyono, G. (2023). IMPLEMENTASI E-COMMERCE PADA TOKO RAJAWALI CCTV SEBAGAI SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 915–923. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/635

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>