Prototype Pendeteksi Kebakaran Menggunakan Sensor Flame, Sensor DHT11 Dan Mikrokontroler Nodemcu ESP8266 Berbasis Website

Penulis

  • Adi Hartono Universitas Budi Luhur
  • Siswanto Siswanto Universitas Budi Luhur
  • Ady Widjaja Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

kebakaran, sensor flame, buzzer, DHT11, Nodemcu ESP8266

Abstrak

Kebakaran terjadi ketika suatu bahan mencapai temperature kritis dan secara kimia bereaksi dengan oksigen, sebagai contoh penghasil panas, nyala api, cahaya, asap, uap air, karbon monoksida, karbondioksida, atau produk dan efek lain. serta kebakaran juga menganggu kelanjutan aktivitas bagi korban yang terdampak. kebakaran sering terjadi karena suatu hal atau banyak faktor mulai dari korsleting listrik, kebocoran gas atau bisa juga dari puntung rokok yang dibuang secara sembarangan. Manfaat penelitian apa yang sudah di buat ini adalah supaya diminimalisir kerugian apabila terjadinya kebakaran serta mengetahui apabila ada api. Pencegahan sejak dini sangat diperlukan yaitu dengan penerapan sistem pendeteksi kebakaran. Oleh karena itu pada PT. Anugrah Kreasi Trimadya perlu adanya penanganan khusus untuk mencegah terjadinya kebakaran yang meluas pada kantor tersebut, maka untuk itu dibuat sebuah alat penelitian alat tersebut bisa mendeteksi adanya api dan ada sebuah alarm pada suatu sensor tersebut serta menginfomasikan di website apabila terjadinya ada api terdeteksi dan tidak terdeteksi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototype pendeteksi kebakaran menggunakan sensor flame, sensor DHT11 dan mikrokontroler NODEMCU ESP8266 berbasis website. Penelitian ini menggunakan mikrokontroler NODEMCU ESP8266 yang dimasukan instruksi dengan Arduino ide. Penelitian ini menggunakan metode Black box untuk mendapatkan hasil dari Analisa. Hasil yang diperoleh dari pengujian adalah sistem pendeteksi kebakaran berbasis situs web. Hasil penelitian adalah sebuah prototipe alat pendeteksi kebakaran berbasis website yang berfungsi sesuai kebutuhan. Dengan adanya alat ini diharapkan meminimalisir kejadian kebakaran sehingga mengurangi kerugian materil ataupun non material.

Referensi

E. Z. Kafiar, E. K. Allo dan D. J. Mamahit, “Rancang Bangun Penyiram Tanaman Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Kelembaban YL-39 Dan YL-69,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 267-276, 2018.

K. U. Ariawan, "Penerapan IoT untuk sistem kendali jarak jauh peralatan listrik rumah tangga berbasis raspberry pi," Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, vol. 9, no. 3, pp. 292-303, 2020.

A. Firmansyah dan D. A. Pratama, “Perancangan Smart Parking System Berbasis Arduino Uno,” Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, vol. 10, no. 1, pp. 1-9, 2019.

M. Hafiz dan O. Candra, “Perancangan Sistem Pendeteksi Kebakaran Berbasis Mikrokontroller dan Aplikasi Map dengan Menggunakan IoT,” Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, vol. 7, no. 1, pp. 53-63, 2021.

R. Inggi dan J. Pangala, “Perancangan Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Menggunakan Sensor MQ-2 Berbasis Arduino,” Jurnal Sistem Informasi dan Sistem Komputer, vol. 6, no. 1, pp. 12-22, 2021.

M. Jamil, H. Saefudin dan S. Marasabessy, “Sistem peringatan dini kebakaran hutan menggunakan modul nodemcu dan bot telegram dengan konsep internet of things (iot),” Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 1-5, 2019.

T. S. Kalengkongan, D. J. Mamahit dan S. R. Sompie, “Rancang Bangun Alat Deteksi Kebisingan Berbasis Arduino Uno,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 7, no. 2, pp. 183-188, 2018.

J. Mulyono, D. dan E. Apriaskar, “Simulasi Alarm Kebakaran Menggunakan Sensor Mq-2, Flame Sensor Berbasis Mikrokontroler Arduino,” JURNAL ILMIAH ELEKTRONIKA DAN KOMPUTER, vol. 14, no. 1, pp. 16-25, 2021.

R. P. Yunas dan A. B. Pulungan, “Sistem Kendali Suhu dan Kelembaban pada Proses Fermentasi Tempe,” JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL, vol. 2, no. 1, pp. 18-26, 2021.

T. Ramayani, B. Kurniawan, F. Wulandari, F. Rozi dan C. Prabowo, “Penerapan IoT (Internet Of Things) Untuk Pencegahan Dini Terhadap Kejahatan Begal,” Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 3, pp. 627-632, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Hartono, A., Siswanto, S., & Widjaja, A. (2022). Prototype Pendeteksi Kebakaran Menggunakan Sensor Flame, Sensor DHT11 Dan Mikrokontroler Nodemcu ESP8266 Berbasis Website. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 734–741. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/30

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>