Penerapan E-Commerce Pada UD Asia Jaya

Penulis

  • August Dorlas Universitas Budi Luhur
  • Ady Widjaja Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, ud asia jaya, wordpress, business model canvas, content management system

Abstrak

Ud Asia Jaya adalah toko yang menyediakan berbagai produk Baut, sparepart, accessories, mur dan lainnya. Dalam menjalankan usahanyaselama ini hanya mengandalkan penjualan secara offline. Ada beberapa permasalahan yang dialami diantaranya media promosi saat ini dilakukan hanya dari mulut kemulut tidak menjangkau pelanggan lebih luas, belum memiliki rarana transaksi untuk penjualan online atau E-Commerce sebagai tempat untuk memudahkan para konsumen dalam bertransaksi tanpa perlu datang ke toko, pelanggan sulit mengetahui ketersediaan barang, Admin kesulitan untuk melihat stok produk dan laporan penjualan secara cepat dan akurat karena proses administrasi yang masih manual. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti akan memberikan solusi dengan merancang pembuatan aplikasi E-commerce dengan menerapkan Content Management System (CMS) dengan menggunakan plugin Wordpress. Adapun pengertian E-Commerce yaitu segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Meskipun sarananya meliputi televisi dan telepon, kini E-Commerce lebih sering terjadi melalui internet[1]. Dalam penelitian peneliti menerapkan analisis Business Model Canvas (BMC) dalam menerapkan model bisnis yang akan diimplementasikan, BMC sendiri mempunyai arti alat manajemen strategis yang memungkinkan peneliti memvisualisasikan dan menilai ide atau konsep bisnis[2]. Dari sinilah peneliti mendapatkan beberapa solusi bagaimana membangun atau membuat web E-Commerce untuk kedepannya. Untuk memperkuat analisis peneliti maka akan digambarkan dalam bentuk diagram activity dari diagram use case sampai dengan diagram IFML. Sedangkan untuk optimalisasi web peneliti menggunaakan metode Search Engine Optimization (SEO), SEO sendiri mempunyai makna langkah optimasi yang dilakukan agar website berada dihasil teratas mesin pencari, terutama di Google[3]. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa di era digital ini konsumen lebih banyak berbelanja melalui internet dibandingkan dengan berbelanja offline, dengan itu peneliti akan membuatkan sebuah website E-Commerce dengan tujuan mempermudah toko UD. Asia Jaya dalam melakukan jual beli maupun promosi barang yang ada di tokonya dan dengan adanya website tersebut diharapkan penjualan atau promosi akan lebih maksimal, pelayanan lebih cepat dan menjangkau jaringan yang lebih luas lagi.

Referensi

A. Nayoan, “Apa itu E-commerce? Berikut Pengertian, Jenis, serta Manfaatnya!,” Niagahoster.co.id, 2021. https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-ecommerce/ (accessed Aug. 30, 2022).

M. Business, “Business Model Canvas (BMC) : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya,” Cloudhost, 2021. https://idcloudhost.com/business-model-canvas-bmc-pengertian-fungsi-keunggulan-dan-cara-kerjanya/ (accessed Aug. 30, 2022).

A. Faradilla, “Apa Itu SEO? Pengertian SEO, Cara Kerja, dan Jenis-Jenisnya,” Hostinger Tutorial, 2022. https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-seo (accessed Aug. 30, 2022).

S. Rahman, Buku Pintar Web Design dan SEO Wordpress 5 PLUS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2019.

ilham efendi, “Pengertian CMS (Content Management System),” 2020.

K. Harianto, Pratiwi, and Y. Suhariyadi, Sistem Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan Tracer Study. Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.

M.N Abdiansyah, Manajemen Hosting Berbasis WHM/cPanel. Bekasi: Excellent Publishing, 2018.

H. H. Batubara, Pembelajaran Berbasis Web Dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Faizarteta, “Pengertian Bisnis Model Canvas dan Pembuatanya,” info teknik industri, 2020. https://www.infoteknikindustri.com/2020/04/perancangan-pengembangan-bisnis-dengan-bisnis-model-canvas.html (accessed Aug. 30, 2020).

Rintho Rante Rerung, E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Dorlas, A., & Widjaja, A. (2022). Penerapan E-Commerce Pada UD Asia Jaya. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1840–1847. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/354

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama