PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO PARIKESIT RANGKASBITUNG

Penulis

  • Andika Surya Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Ady Widjaja Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Hestya Patrie Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Yuliazmi Yuliazmi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Business Model Canvas, CMS, SEO, Toko Parikesit Rangkasbitung

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini membawa dampak besar dalam dunia bisnis, salah satunya dengan E-Commerce, yang membuat kebutuhan bisnis saat ini terpenuhi dari segi kecepatan, keamanan, dan meminimalisir kesalahan data. Toko Parikesit Rangkasbitung yaitu salah satu usaha yang bergerak di bidang ATK (Alat Tulis Kantor) beralamat di Jln. Dewi Sartika No. 45L Rangkasbitung. Toko Parikesit Rangkasbitung menjadi salah satu saran untuk membeli segala jenis kebutuhan Alat Tulis Kantor. Namun saat ini, Toko Parikesit Rangkasbitung belum efektif dalam penjualan dengan pemanfaatan teknologi, hal ini mengakibatkan tidak dapat menjangkau calon pelanggan yang lebih luas. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat sebuah Website E-Commerce agar pelanggan dapat melakukan pemesanan secara online dengan mudah dan cepat. Dalam penelitian ini, penulis memakai Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa model pengembangan bisnis yang ada pada Toko Parikesit Rangkasbitung, implementasi E-Commerce menggunakan Content Management System (CMS), penulis juga mensiapkan strategi Search Engine Optimization (SEO), supaya Website yang dikembangkan berada di halaman utama pada mesin pencari (Search Engine), serta strategi pemasaran agar dapat memberikan daya tarik kepada calon pelanggan Toko Parikesit Rangkasbitung. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, dengan adanya Website E-Commerce, Toko Parikesit Rangkasbitung dapat melakukan penjualan produk melalui Website sehingga lebih mudah menyampaikan informasi produk kepada calon pelanggan.

Referensi

D. Y. Priatama, Samsinar, “Pembuatan Website E-Commerce Menggunakan Pendekatan Interaction Flow Modeling Language dan Business Model Canvas Pada Toko Istana Mahar”, Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 2, no. 5, hal. 91, 2019.

T. E. Nugroho, Yuliazmi, “Penerapan E-Commerce Dengan Strategi Business Model Canvas (BMC) Untuk Penjualan Sparepart Motor”, Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 4, no. 2, hal. 177-186, 2021.

E. R. Akbar, H. Irawan, “Analisis dan Implementasi E-Commerce Menggunakan CMS Wordpress Pada Queenita Classic”, Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 4, no. 1, hal. 107-116, 2021.

Y. Anggraini, D. Pasha, Damayanti, A. Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Orbit Station)”, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 1, no. 2, hal. 64-70, 2020.

S. Nurfauziah, C. R. Wati, “Penentuan Teknik Search Engine Optimization (SEO): A Systematic Literature Review Pada Pemasaran Online”, Seminar Nasional Administrasi Bisnis dan Manajemen, vol. 5, 2020.

Nursani, “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen e-commerce Melalui Shopee (Studi Pada Mahasiswa Unisma)”, Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, vol. 8, no. 9, 2019.

B. Prasetiyo, E. Fazarriyawan, “Analisa Faktor-Faktor E-Commerce dalam membentuk Customer Satisfaction Millenial Bukalapak”, Riset dan Jurnal Akuntansi, vol. 4, no. 1, hal. 311-321, 2020.

G. A. P. Noor, Samsinar, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System Untuk Pemasaran Produk Pada Lumi Distro Dengan Pendekatan Business Model Canvas”, Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 3, no. 1, hal. 552-559, 2020.

L. Permatasari, L. M. Nuradhi, “Analisis Business Model Canvas Pada Perusahaan Konsultan Interior X”, Seminar Nasional Envisi Industri Kreatif,, 2020.

M. Marini, “Prototype Sistem Informasi Administrasi Pengadaan Barang Dengan Teknologi RFID”, Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data (SIMADA), vol. 2, no. 1, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Surya Putra, A., Widjaja, A., Patrie, H., & Yuliazmi, Y. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO PARIKESIT RANGKASBITUNG. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 668–675. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/513

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>