Penerapan Website E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Vestitiufficiale

Penulis

  • Septi Anggaraeni Universitas Budi Luhur
  • Hestya Patrie Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Parfume Impor, Search Engine Optimation

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin modern. Hanya menggunakan gadget dan internet dapat memudahkan untuk menyampaikan informasi, hingga kondisi pasar saat ini sudah mulai beralih memanfaatkan teknologi untuk sarana penyampaian informasi. Perkembangan teknologi dalam penggunaan aplikasi berbasis website pada saat ini sudah sangat jauh berkembang dengan pesat. Salah satu nya dalam kegiatan jual beli online yang sedang ramai peminat nya yaitu parfume melalui sosial media.VestitiUfficiale merupakan online shop dan juga toko yang menjual berbagai macam jenis parfume. Dengan pembeliyang beraneka ragam, ada yang membeli sebagai penjual maupun untuk hobi. Masalah yang dihadapi saat ini adalah terbatasnya media promosi dan jangkauan pemasaran hanya menggunakan shopee dan Instagram membuat penjualan tidak maksimal. Serta toko VestitiUfficiale diwajibkan membayar pajak pada Marketplace online sebesar 2,5% dari setiap pembelian produk sehingga pendapatan berkurang.Tujuan dari penelitian ini yaitu kehadiran E-Commerce sebagai media jual beli saat ini tentunya dengan banyak pihak. Penulis menggunakan Web Content Management System (CMS) wordpress karena user friendly sehingga mudah digunakan oleh staff toko VestitiUfficiale. Dalam merancang website tersebut penulis menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) yang dapat memetakan kemampuan toko dan teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk dapat memperluas pemasaran produk. Penulis juga menggunakan Draw.io untuk mempermudah menganalisa kebutuhan toko VestitiUfficiale. Bahasa pemprograman wordpress sendiri adalah PHP yang didukung dengan database MySQL. Penulis menggunakan data – data toko yang dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara terhadap toko VestitiUfficiale untuk dijadikan dasar dalam pembuatan website E-Commerce. diharapkan dengan adanya perancangan website E-Commerce ini dapat membantu memaksimalkan penjualan di toko VestitiUfficiale sendiri sehingga mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional.

Referensi

Risald, R. (2021). Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Ukm Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall. Journal of Information and Technology,.

PUTRI, W. (2022). Analisis Pemanfaatan E-Commerce Dan Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Mikro Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pedagang Keripik Pisang Di Gang PU Kedaton Kota Bandar Lampung). (Doctoral Dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Septiana, Y. (2017). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan Pendekatan Ward and Peppard Model (Studi Kasus: Klinik INTIGarut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1).

Huda, B. and B. Priyatna. (2019). “Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce.”Ystematics 1.2, : 81-88.

Aseprudin, M. and G. Gata. (2020). Penggunaan content management system wordpress pada toko Redsou untuk penerapan aplikasi e-commerce.".IDEALIS: InDonEsiA Journal Information System 3.1,: 322-327.

Dharmawan, R. and G. Gata. (2020). “Penerapan Aplikasi Penjualan Online (E-Commerce) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Jaksquare.” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System 3.1, : 132-138.

Saputra, S. A. and H. Hasugian. (2020). “Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System (Cms) Untuk Meningka Tkan Hasil Penjualan Pada Toko Una Baby.” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System 3.1, : 214-219.

Hazimah, M. and M. R. (2020). “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Rawat Jalan Pada Klinik Insan Permata Berbasis Web.” . ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal 1.2 Desember , : 71-80.

Nuryadi, N. and A. Ariesta. (2020). “Penerapan E-Commerce Pada Toko Triarga Outdoor Sport Menggunakan Cms Wordpress Untuk Meningkatkan Penjualan.” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System 3.1, : 109-115.

Rahmawati, S. D. I. (2021). Strategi komunikasi pemasaran Percetakan Teknos Indonesia. Diss. UIN Sunan AmpelSurabaya

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Anggaraeni, S., & Patrie, H. (2022). Penerapan Website E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Vestitiufficiale. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1426–1435. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/289

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama