Implementasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Bundys Cake And Kitchen

Penulis

  • Feris Aditya Nur Akbar Universitas Budi Luhur
  • Hestya Patrie Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

content management system (CMS), bussiness model canvas (BMC), e-commerce, unified model Language (UML), website

Abstrak

Bundys Cake and Kitchen adalah sebuah usaha kue dan makanan rumahan yang menyediakan berbagai macam kue, puding, dan ayam. Usaha ini mengangkat tema modern homemade dengan sistem penjualan Pre-Order (PO). Masalah yang dihadapi saat ini adalah terbatasnya media promosi dan jangkauan pemasaran. Tidak dapat menjangkau pelanggan secara luas karena penjualan hanya melalui Whatsapp dan Instagram. Serta pemilik tidak mengetahui keuntungan yang dapat diperoleh setiap bulannnya. Dikarenakan dokumen transaksi tidak dikelola dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu kehadiran E-Commerce sebagai media jual dan beli saat ini tentunya dengan banyak pihak. Dengan menerapkan Content Management System (CMS) dan plugin pendukung pada toko online agar pelanggan dapat mengetahui informasi produk secara cepat dan berakibat pada peningkatan penjualan. Untuk menganalisis kebutuhan metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah antara lain observasi, wawancara, analisa dokumen, dan studi literatur. Sedangkan untuk perancangan sistem menggunakan Bussiness Model Canvas (BMC) dan Unified Model Language (UML). Situs web yang dibangun memiliki fitur yang digunakan untuk menginput data produk, kategori produk, memproses pemesanan, verifikasi pembayaran, konfirmasi pembayaran, dan menyediakan fitur untuk mencetak laporan bulanan. Untuk metode pengembangan sistem yang digunakan dalam menyelesaikan penelitian ini yaitu dengan pengujian blackbox menguji apakah program yang diimplementasikan sudah sesuai dengan perancangan atau belum. Untuk melakukan pengujian pada halaman pelanggan dan admin. Hasil dari penelitian ini adalah website E-Commerce yang dapat dijadikan sebagai media promosi Bundys Cake and Kitchen dalam hal meningkatkan penjualan produk serta mempermudah pelanggan melakukan pemesanan secara online dan kemudahan toko dalam mengelola dokumen transaksi

Referensi

Mayangari, R. & Ariesta, A. (2019). Penerapan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Tas Batam No.1. IDEALIS, 2(2), pp. 167–168.

Turbudi, I. & Hamdani, A.U. (2022). Penerapan Model E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Kerajinan. IDEALIS, 5(1), pp 19–21.

Syarifudin, R., Purnama, B. E. & Wardati, I. U. (2015). Pembangunan Website E-Commerce pada Griya Kerudung dan Busana Ummi Collection’s. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security, 8(1), pp. 1–8.

Noor, G. A. P., & Samsinar. (2020). Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System untuk Pemasaran Produk pada LUMI DISTRO Dengan Pendekatan Business Model Canvas. IDEALIS, 3(1), pp.552–559.

Martiana, N. A., & Fajarita, L. (2019). Perancangan Website E-Commece Berbasis Wordpress Pada Sempurna Jaya Aluminium Product. IDEALIS, 2(5), pp.298–305.

Santoso. Sena, M.D. Afandi, A.M. & Ramadhani, A. (2019). Implementasi E-Commerce Pada Aroma Bakery & Cake Shop. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), pp. 2–7.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Akbar, F. A. N., & Patrie, H. (2022). Implementasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Bundys Cake And Kitchen. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1904–1912. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/440

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama