IMPLEMENTASI WEB ECOMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) WORDPRESS GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA WARUNG MAKAN AMY

Penulis

  • Awanda Intan Swandari Universitas Budiluhur
  • Yudi Santoso Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, content management system, wordpress, Bussines Model Canvas

Abstrak

Saat ini perkembangan teknologi dan informasi yang cukup pesat membuat masyarakat sering memanfaatkan untuk berbagai macam kepentingan salah satunya sebagai media penjualan atau promosi mereka di bidang dunia maya/online, yaitu e-commerce. Salah satunya pada warung makan amy yang tentunya ingin memasarkan dan menawarkan makanannya dengan internet melalui website e-commerce. Permasalahan utama yang diterjadi di warung ini adalah pelanggan kurang mengetahui produk apa saja yang dijual karena kurangnya media promosi produk, adanya keterbatasan tempat dan waktu yang mengharuskan pelanggan datang ke tempat sehingga pembeli merasa tidak fleksibel dan penjualan pun menjadi tidak efektif. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dibutuhkan website E-Commerce yang bisa mendukung proses penjualan dan promosi online. Web ini dibuat dengan Wordpress (Content Management System), analisis model bisnis menggunakan Bussiness Model Canvas (BMC), untuk analisa perancangan model sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML), strategi pemasaran menggunaan Search Engine Optimization (SEO), beserta plugin pendukung lainnya. Hasil akhir penelitian ini penulis membuat berupa model e-commerce berbasis web yang nantinya semua fitur didalamnya diharapkan dapat membantu dalam menyelesaikan masalah pada warung makan amy, dan bisa membantu perkembangan kemajuan warung makan amy dari segi kemudahan layanan transaksi penjualan atau jangkauan pasar yang semakin luas.

Referensi

Faisal, A. Diana, and D. R. Utari, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman,” Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 5, no. 3, 2021.

M. E. Kala and S. Samsinar, “Implementasi E-Commerce Pada Website Berbasis Cms Di Escape Coffee,” Information System, vol. 3, no. 1, pp. 443–448, 2021.

A. Wahana, “Rancang Bangun Marketplace Produk Kewirausahaan Mahasiswa Upy Berbasis Content Management System,” Jurnal Dinamika Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 73–81, 2018.

S.Devella and N. Rachmat, “Pelatihan Pembuatan Website Sekolah Menggunakan Wordpress Untuk Guru TIK SMA Negeri 17 Palembang,” vol. 4, 2021.

M. Aqsal and J. Sutrisno, “Analisa dan Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Wordpress Pada Bengkel Madmen Motogarage,” 2022. [Online]. Available: https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php

A. V. Pramujaya and D. A. Kurniawati, “Analisis Penyebab Kegagalan Packer Machine pada Bag Transfer System dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), dan Fishbone Analysis,” Conference on Industrial Engineering and Halal Industries (CIEHIS), 1(1),” Jurnal senafti, pp. 2715–5382, 2019.

E. T. Hutamy et al, “Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Model’s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z),” 2021.

E. Nurfitriana, H. Basri, H. Ferlianti, and W. Aprilia, “Implementasi Model Waterfall Dalam Sistem Informasi Akuntansi Piutag Jasa Penyewaan Kendaraan Pada Pt ,” vol. 15, pp. 34–43, 2020.

M. Hayaty and D. Meylasari, “Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi,” JURNAL INFORMATIKA, vol. 5, no. 2, 2018.

R. Destriana, N. Handayani, and S. M. Husain, “Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase ‘Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.’ Deepublish.,” http://elibrary.bsi.ac.id/readbook/220446/diagram-uml-dalam-membuat-aplikasi-android-firebase-studi-kasus-aplikasi-bank-sampah , 2021.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Swandari, A. I., & Santoso, Y. (2023). IMPLEMENTASI WEB ECOMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) WORDPRESS GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA WARUNG MAKAN AMY . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1641–1648. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1054

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama