PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA YAN SKETCH ART UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN

Penulis

  • Syarif Hardi Winata Budiluhur
  • Bima Cahya Putra Universitas Budi Luhur
  • Yudi Santoso Universitas Budi Luhur
  • Wendi Usino Universitas Budi Luhur
  • Ika Susanti Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Yan Sketch Art, Content Management System, Strategi Mix Marketing 4P, Search Engine Optimization

Abstrak

E-commerce memfasilitasi transaksi yang cepat, hemat biaya, dan nyaman untuk membeli dan menjual barang fisik, produk digital, dan layanan di era digital. Yan Sketch Art adalah kepemilikan perseorangan yang berspesialisasi dalam penjualan eceran barang-barang bergaya. Alamatnya JL. D GG VI NO.11 Karang Anyar RT 005 / RW 002 Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat - 10740. Pengolahan data penjualan kurang maksimal karena dikelola melalui aplikasi WhatsApp. Proses pemesanan produk tidak memiliki dokumentasi yang tepat karena bergantung pada aplikasi Excel. Selain itu, tidak adanya promosi produk mengakibatkan terbatasnya visibilitas toko, sehingga hanya konsumen yang kembali yang melakukan pemesanan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis permasalahan dan mengembangkan aplikasi penjualan elektronik (E-Commerce) dengan tujuan memberikan kemudahan akses informasi produk kepada pelanggan, memperluas pasar hingga mencakup pelanggan dari luar kota, memudahkan pengelolaan data bagi perusahaan mengenai barang dan transaksi melalui komputerisasi, dan penyederhanaan proses pembuatan laporan. Penelitian ini menggunakan CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) untuk mengimplementasikan model E-Commerce, menggunakan BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) untuk menganalisis model bisnis perusahaan, menggunakan teknik SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) untuk pencarian kata kunci, dan menggabungkan strategi pemasaran menggunakan strategi Bauran Pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat, dan Promosi). Hasil dari penelitian ini adalah model E-commerce yang dirancang untuk memfasilitasi upaya penjualan dan promosi produk ritel. Pada akhirnya, memanfaatkan metode On-Page SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) dan memasukkan kata kunci, serta menerapkan strategi pemasaran 4P (Produk, Harga, Promosi, dan Tempat) melalui fitur seperti modul buletin, testimonial, kupon, dan diskon, dapat memfasilitasi pengenalan produk dan merek melalui Google Penelusuran atau email. Memberikan rekomendasi untuk penyelesaian pekerjaan yang efisien. Melaksanakan pekerjaan tidak resmi tambahan seperti yang diperintahkan oleh atasan dan menyelesaikan tanggung jawab dan peran yang dialokasikan.

Referensi

Hendriyati, P., & Yusta, A. (2021). IMPLEMENTASI APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB. https://ejournal.stmikgici.ac.id/

Rahardi, A., Fauzan Azima, M., & Susilo, Y. (2021). Implementasi Sistem Penjualan Sayur Online Berbasis E-Commerce Di Bandar Lampung. www.satuharapan.com

Alfiah, F., Tarmizi, R., & Junidar, A. A. (2020). PERANCANGAN SISTEM E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN PAKAIAN PADA TOKO A&S (Vol. 6)

Syuhendra, & Hamdan, agus umar. (2020). PENJUALAN ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA TOKO ADHIZZSHOP DENGAN MENGGUNAKAN WOOCOMMERCE. J u r n a l I D E A L I S, 3(1)

Susandi, D., & Yusuf Jln Maulana Yusuf -Babakan Kota Tangerang, S. (2018). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. Jurnal Sistem Informasi

Nisa, Z. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN HELM DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA TOKO NEVAN HELMET BERBASIS E-COMMERCE

Fithri, D. L., Utomo, A. P., & Nugraha, F. (2018). PEMANFAATAN E-COMMERCE POPULER UNTUK OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK PADA KUB BORDIR KURNIA KUDUS. Jurnal SIMETRIS, 8

Sunardi, S. D. (2021). Sistem Informasi Penjualan Batik Berbasis Web. Indonesian Journal of Engineering, 2(1), 65–72

Wibowo, A., Setyawan Hidayat, A., & Rahmawati, E. (2020). (media cetak) Pembangunan Aplikasi E-Commerce Pemasaran Batik pada Toko Batik Rifqi. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 1(2), 46–53

Sukarno, B. R., Sunan, U., & Surabaya, A. (2021). IMPLEMENTASI STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS Muhamad Ahsan

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Hardi Winata, S., Putra, B. C., Santoso, Y., Usino, W., & Susanti, I. (2024). PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA YAN SKETCH ART UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 314–324. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1131

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>