PENERAPAN E-COMMERCE UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN PADA TOKO SHAFIRA

Penulis

  • Annisa Rosyana Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Grace Gata Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Yudi Santoso Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Agus Umar Hamdani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Content Management System (CMS), Search Engine Optimization (SEO), E-Commerce, Wordpress, Toko Shafira

Abstrak

Saat ini pemasaran bisnis semakin mudah dengan dukungan teknologi dan informasi yang semakin berkembang, dan makin banyak perusahaan yang beralih ke dunia digital untuk memasarkan dan mempromosikan bisnisnya secara online melalui internet. Pemasaran melalui internet ini disebut ­E-Commerce. Menggunakan E-Commerce dapat memudahkan penjual dalam melakukan pemasaran produk secara luas dan mempermudah pelanggan dalam menemukan produk yang diinginkan melalui internet. Sehingga pada penelitian ini melakukan perancangan sebuah ­E-Commerce pada toko Shafira untuk memberikan solusi dan mengatasi masalah yang ada pada toko Shafira. Toko Shafira merupakan usaha yang bergerak dibidang alat jahit, sistem yang digunakan Toko Shafira masih menggunakan sosial media untuk menjual produknya, dimana pelanggan kurang memahami mengenai produk yang dijual pada Toko Shafira, selain itu pemasaran produk juga masih terbatas dan penjualan produk kurang maksimal karena masih menggunakan media sosial ataupun jika pelanggan harus datang ke toko. Sehingga tujuan penelitian ini adalah memperluas penjualan dengan cara memasarkan produk menggunakan E-Commerce dan memaksimalkan dalam penjualan produk dengan cara melakukan penjualan secara online, serta membantu pelanggan mengenal produk yang ada di Toko Shafira. Metode yang digunakan dalam pembuatan Sistem E-Commerce adalah Business Model Canvas (BMC) yaitu metode untuk menganalisa dan mendeskripsikan serta merancang model bisnis yang ada pada toko Shafira. Kesimpulan penelitian ini, dengan sistem E-Commerce dapat memudahkan toko melakukan penjualan dengan memanfaatkan fitur deskripsi produk untuk mempermudah pelanggan dalam mengetahui produk yang diinginkan dan mempermudah dalam melakukan promosi produk dalam jangkauan yang luas. Selain itu dengan menambahkan fitur SEO toko Shafira dapat dikenal luas oleh masyarakat serta dengan adanya strategi marketing yang digunakan dapat membantu toko shafira dalam mempromosikan produk dalam jangkauan yang lebih luas.

Referensi

G. Gata, Z. Bias, and Y. Yuliazmi, “Penjualan Daring (Online) Menggunakan E-Commerce Pada ROB’STaRS,” IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2820.

T. Andriawan and S. Samsinar, “Sistem Informasi Penjualan Pada Distro Rvl.Apparel Berbasis E-Commerce Dalam Peningkatan Penjualan Dan Promosi,” IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 2, no. 3, pp. 166–172, May 2019, Accessed: Nov. 13, 2022. [Online]. Available: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/775

I. Ananda and E. Zuraidah, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Pada PT Asia Truk Pratama Jakarta,” JURNAL INFORMATIKA, vol. 6, no. 2, pp. 193–200, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji

I. Risnaputra and G. Triyono, “Implementasi CMS Wordpress Pada E-Commerce Untuk Pelayanan Katering CV. Alam Jaya,” IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 3, no. 1, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2151.

F. Ramadhan and L. Fajarita, “Implementasi Rancangan E-Commerce Pada Surya Timur Collection Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Berbasis Content Management System (CMS),” IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 3, no. 1, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1508.

M. Aseprudin and G. Gata, “Penggunaan Content Management System Wordpress Pada Toko REDSOUL Untuk Penerapan Aplikasi E-Commerce ,” IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 3, no. 1, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1730.

Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 9, no. 3, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.

T. Sudiyanto and R. -, “Analisis Strategi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan PT. HTI BUMI PERSADA BANYUASIN,” Jurnal Media Wahana Ekonomika, vol. 13, no. 4, 2019, doi: 10.31851/jmwe.v13i4.2707.

T. E. Nugroho and Y. Yuliazmi, “Penerapan E-Commerce Dengan Strategi Business Model Canvas (BMC) Untuk Penjualan Sparepart Motor,” IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 4, no. 2, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i2.2849.

M. Iqbal Maliki, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Grosir Sembako Pada Toko LA-RIS,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 2, no. 3, pp. 304–311, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Rosyana, A., Gata, G., Santoso, Y., & Umar Hamdani, A. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN PADA TOKO SHAFIRA . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 899–907. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/579

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>