ANALIS SENTIMEN MASYARAKAT DI TWITTER TERHADAP PEGAWAI PAJAK DENGAN METODE MULTINOMIAL NAÏVE BAYES

Penulis

  • Wildan Syahidillah Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

CRISP-DM, Pajak, RapidMiner, Mulinomial Naïve Bayes

Abstrak

Pajak merupakan iuran wajib masyarakat kepada negara yang dapat dikenakan tanpa pelanggaran secara langsung, dan apabila ada masyarakat yang tidak membayar pajak, maka akan dikenakan sanksi oleh negara. Penyalahgunaan kekuasaan dalam pemerintahan pajak terkait dengan praktik-praktik yang melanggar etika atau hukum yang dilakukan oleh pegawai pajak atau pejabat pajak. Hal ini dapat mencakup penyelewengan dalam penerimaan atau pengeluaran pajak, manipulasi data atau informasi keuangan, atau tindakan korupsi. Penyalahgunaan kekuasaan di bidang pajak juga bisa memiliki dampak yang merugikan pada masyarakat dan perekonomian, seperti kehilangan pendapatan negara, ketidakadilan dalam sistem pajak, dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan lembaga pajak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis opini publik atau masyarakat Indonesia terhadap pegawai pajak. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Multinomial Naïve Bayes. Klasifikasi sentimen dibagi menjadi dua yaitu positif dan negatif. Dalam penelitian ini dilatarbelakangi atas penyalahgunaan kekuasaan oleh pegawai pajak dan hilangnya rasa kepercayaan masyarakat terhadap pegawai pajak. Peneliti juga menggunakan CRISP-DM sebagai metode pengolahan data serta menggunakan aplikasi rapidminer untuk mendapatkan, mengolah dan menghasilkan klasifikasi positif dan negatif. Selain rapidminer peneliti juga menggunakan aplikasi microsoft excel dalam membantu menentukan klasifikasi positif dan negatif. Pada penelitian ini mengambil 1.078 data tweet yang membahas pegawai pajak pada media sosial twitter dengan menggunakan keywords “RafaelPajak”, “PejabatPajak”, “PajakIndonesia”, “RafaelAlun”, dan “GratifikasiPajak”. Setelah data diolah maka dihasilkan 363 data tweet dari 1.078 data tweet yang siap digunakan pada penelitian ini. Sehingga hasil dari penelitian ini menghasilkan nilai sentiment positif sebanyak 118 data dan sentiment negatif sebanyak 245 data. Sedangkan untuk nilai accuracy yaitu 68.52%, precision 51.52%, dan recall 48.57% dengan pemodelan naïve bayes yang menggunakan perbandingan 70:30 untuk data training dan data testing. Sehingga dapat dihasilkan pegawai pajak masih dinilai negatif oleh masyarakat Indonesia.

Referensi

S. ANGGRIANI, SISTEM ADMINISTRASI PERHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 ATAS PEGAWAI TETAP PADA PT. PERTAMINA RETAIL Unit SPBU Coco 11201107 MEDAN. 2022.

P. Arsi and R. Waluyo, “Analisis Sentimen Wacana Pemindahan Ibu Kota Indonesia Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, p. 147, 2021, doi: 10.25126/jtiik.0813944.

L. A. Andika, P. A. N. Azizah, and R. Respatiwulan, “Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Hasil Quick Count Pemilihan Presiden Indonesia 2019 pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” Indones. J. Appl. Stat., vol. 2, no. 1, p. 34, 2019, doi: 10.13057/ijas.v2i1.29998.

A. A. Nabhan, B. Rahayudi, and D. E. Ratnawati, “Klasifikasi Tweets Masyarakat yang Membicarakan Layanan GoFood dan GoRide pada GoJek Dimedia Sosial Twitter Selama Masa Kenormalan Baru ( New Normal ) dengan Metode Naïve Bayes,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 7, pp. 3018–3025, 2021.

D. Normawati and S. A. Prayogi, “Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 2, pp. 697–711, 2021, [Online]. Available: http://ejurnal.tunasbangsa.ac.id/index.php/jsakti/article/view/369

W. Yulita, “Analisis Sentimen Terhadap Opini Masyarakat Tentang Vaksin Covid-19 Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier,” J. Data Min. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, p. 1, 2021, doi: 10.33365/jdmsi.v2i2.1344.

H. Rhomadhona and J. Permadi, “Klasifikasi Berita Kriminal Menggunakan Naïve Bayes Classifier (NBC) dengan Pengujian K-Fold Cross Validation,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 108–117, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.177.

A. Hendra and F. Fitriyani, “Analisis Sentimen Review Halodoc Menggunakan Nai ̈ve Bayes Classifier,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 6, no. 2, pp. 78–89, 2021, doi: 10.14421/jiska.2021.6.2.78-89.

M. Christianto, J. Andjarwirawan, and A. Tjondrowiguno, “Aplikasi analisa sentimen pada komentar berbahasa Indonesia dalam objek video di website YouTube menggunakan metode Naïve Bayes classifier,” J. Infra, vol. 8.1, pp. 255–259, 2020.

A. Guterres, Gunawan, and J. Santoso, “Stemming Bahasa Tetun Menggunakan Pendekatan Rule Based,” Teknika, vol. 8, no. 2, pp. 142–147, 2019, doi: 10.34148/teknika.v8i2.224.

Unduhan

Diterbitkan

12-10-2023

Cara Mengutip

Syahidillah, W., & Gata, G. (2023). ANALIS SENTIMEN MASYARAKAT DI TWITTER TERHADAP PEGAWAI PAJAK DENGAN METODE MULTINOMIAL NAÏVE BAYES. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1041–1048. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/995

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>