IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA UMKM MOZA DISTRO SHOP

Penulis

  • Rifky Hazami Universitas Budi Luhur
  • Bima Cahya Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Grace Gata Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

e-commerce, business model canvas (bmc), unified modeling language (uml), content management system (CMS), UMKM Moza Distro Shop

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyak perusahaan dagang dan jasa yang mulai menggunakan sistem E-Commerce sebagai media penjualan  online. Pelaku usaha biasanya membutuhkan suatu layanan yang cepat,praktis dan menarik untuk memanjakan konsumen agar tertarik. Dengan menggunakan E-Commerce, informasi perusahaan bisa lebih cepat tersampaikan ke pelanggan dan jangkauan pemasaran yang lebih luas, sehingga diharapkan bisa meningkatkan penjualan. Permasalahan yang terdapat pada Moza Distro Shop adalah proses pemasaran belum maksimal hanya mengandalkan review dari kerabat konsumen, banyak dokumen yang hilang yaitu rekapitulasi laporan penjualan dan Salinan kwitansi pembelian. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya teknologi E-Commerce business to consumer (B2C) untuk membantu memecahkan masalah yang ada pada UMKM Moza Distro Shop. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif dengan metode Unified Modeling Language (UML) sebagai suatu alat untuk analisis dan desain berorientasi. Proses dari analisis UML adalah activity diagram, dan use case diagram, serta tools fishbone diagram untuk analisa masalah yang terjadi. lalu diterapkan juga Business Model Canvas (BMC) untuk memberikan pemetaan pada ide-ide bisnis untuk mempermudah pemlik toko dalam melihat kebutuhan bisnis apa yang harus dipenuhi dalam menjalankan usahanya tersebut. Sedangkan dalam proses pembuatan website didesain dengan menggunakan Content Management System(CMS) wordpress versi 6.1.1. Akhirnya dengan adanya website E-Commerce dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan memberikan kesan positif bagi konsumen UMKM Moza Distro Shop. Dan menghasilkan laporan yang akurat dan dinamis yaitu laporan pesanan, laporan pembayaran dan laporan pendapatan.

Referensi

D. Riswandi, ‘Transaksi Online (E-Commerce) Peluang Dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam’, Jurnal Econotica , pp. 1–13, 2019.

R. Kurniawanto, ‘Laporan Kerja Praktek Web Design Wordpress E-Commerce Logic Indonesia’, 2016.

G. Adia Pamungkas Noor and Samsinar, ‘Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System Untuk Pemasaran Produk Pada Lumi Distro Dengan Pendekatan Business Model Canvas’, pp. 552–559, 2020.

A. Diana and D. Retno Utari, ‘Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman’, pp. 121–131, Nov. 2021.

T. Ermuda Nugroho and Yuliazmi, ‘Penerapan E-Commerce Dengan Strategi Business Model Canvas (BMC) Untuk Penjualan Sparepart Motor’, Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 4, no. 2, pp. 177–186, 2021.

C. Bernadeth, A. Pamukti, and G. Triyono, ‘Penerapan E-Commerce Berbasis Web Menggunakan CMS Untuk Meningkatkan Penjualan Implementation Of Web-Based E-Commerce Using CMS To Increase Sales’, vol. 19, 2021.

A. Gunawan and A. U. Hamdani, ‘Implementasi E-Commerce Dengan Pendekatan BMC, CMS, SEO Dan Startegi Mix Marketing’, 2021.

I. Purdiantono and A. K. Wahid, ‘Aplikasi CMS E-Commerce Penjualan Berbasis WAP Dengan Menggunakan PHP Dan MySQL’, Jurnal Teknik Informatika S1 UDINUS, pp. 1–7.

A. Nugroho and H. Irawan, ‘Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System (CMS) Untuk Memperluas Pemasaran Pada Indah Jaya Sport’, Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 4, pp. 137–146, 2021.

L. Haripatworo and B. Irmawati, ‘Laporan Akhir Penelitian Analisis Business Model Canvas PT. Dhenara Prima Mandiri.’, Semarang, 2020.

S. H. Harahap, ‘Strategi Membangun Penelitian Terapan yang Bersinergi dengan Dunia Industri, Pertanian dan Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Global’, 2018. [Online]. Available: https://about.draw.io/about-us/

S. Santosa and H. Ismaya, ‘Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan CMS Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung’, vol. 11, no. 1, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Hazami, R., Cahya Putra, B., & Gata, G. (2023). IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA UMKM MOZA DISTRO SHOP. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 607–615. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/493

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>