Penerapan E-Commerce Dengan Content Management System Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Herzy Online Shop

Penulis

  • Daniel Pardomuan Manurung Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, content management system, marketplace

Abstrak

Herzy Online Shop merupakan toko yang bergerak dibidang penjualan alat-alat elektronik seperti mouse, webcam, android TV box, dan lain lainnya. Saat ini proses penjualan di Herzy Online Shop melakukan penjualan melalui marketplace. Dalam menjalankan penjualannya Herzy Online Shop memiliki beberapa kendala yaitu, hasil pendapatan di Herzy Online Shop masih dibilang kurang karena harus bersaing dalam melakukan penjualan dengan seller lainnya yang berjualan produk yang sama, melakukan penjualan di marketplace mendapatkan potongan biaya admin sebesar 1.5% dari nilai jual barang, kurangnya media promosi dan belum memiliki laporan yang rapih dan baik. Dalam melakukan pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, analisa dokumen, dan studi literatur. Herzy Online Shop. Website e-commerce yang dibangun menggunakan content management system (CMS) dengan aplikasi wordpress, karena content management system (CMS) mudah untuk digunakan tanpa harus menguasai tag HTML untuk mengaplikasikannya. Dengan di bentuknya website e-commerce Herzy Online Shop dapat meningkatkan penjualan karena tidak lagi harus bersaing dengan seller, dapat meningkatkan pendapatan karena tidak lagi potongan biaya admin, dapat menjadi sarana promosi dan juga mempermudah dalam membuat laporan Herzy Online Shop. Berdasarkan hal tersebut, maka akan sangat baik jika Herzy Online Shop dapat menggunakan website E-commerce sebagai tempat media pemasaran dan sebagai tempat untuk membuat laporan yang lebih terdata secara terkomputerisasi.

Referensi

E. R. Akbar and H. Irawan, “Analisis dan Implementasi E-Commerce Menggunakan CMS Wordpress Pada Queenita Classic,” Indonesia Journal Information System (Idealis), vol. 4, no. 1, pp. 107–116, 2021.

A. Wahana, “Rancang Bangun Marketplace Produk Kewirausahaan Mahasiswa UPY Berbasis Content Management System,” Jurnal Dinamika Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 73–81, 2018.

Y. Anggraini, D. Pasha, Damayanti, and A. Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Orbit Station),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 1, no. 2, pp. 64–70, 2020.

G. M. Putra, A. Muhazir, J. Hutahaean, and A. Z. Syah, “Kewirausahaan Berbasis E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Polsek Porsea,” Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, vol. 1, no. 1, pp. 17–23, 2020.

B. Prasetiyo and E. Fazarriyawan, “Analisa Faktor-Faktor E-Commerce dalam membentuk Customer Satisfaction Millenial Bukalapak,” Riset & Jurnal Akuntansi, vol. 4, no. 1, pp. 311–321, 2020.

G. Adia Pamungkas Noor, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System Untuk Pemasaran Produk Pada Lumi Distro Dengan Pendekatan Business Model Canvas,” Indonesia Journal Information System (Idealis), vol. 3, no. 1, pp. 552–559, 2020.

D. Pratiwi, G. B. Santoso, I. Mardianto, A. Sediyono, and A. Rochman, “Pengelolaan Pengelolaan Konten Web Menggunakan Wordpress, Canva dan Photoshop untuk Guru-Guru Wilayah Jakarta,” Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 11–15,2020.

A. F. Pratama and A. Diana, “Implementasi E-Commerce dengan Content Management System Wordpress Menggunakan WooCommerce Pada Hopeandsoles.ID,” Indonesia Journal Information System (Idealis), vol. 4, no. 1, pp. 20–30, 2021.

N. Wijayanti and H. H. Hidayat, “Model Business Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah,” Jurnal Agroindustri Halal, vol. 6, no. 2, pp. 114–121, 2020.

M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 4, no. 1, pp. 64–70, 2020.

A. Q. Nasution and L. Suryadi, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian Barang Dengan Metodelogi Berorientasi Obyek Studi Kasus : PT Primastian Metal Pertama,” Indonesia Journal Information System (Idealis), vol. 1, no. 4, pp. 16–22, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Manurung, D. P., & Gata, G. (2022). Penerapan E-Commerce Dengan Content Management System Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Herzy Online Shop. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1739–1748. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/92

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>