Penerapan E-Commerce Content Management System Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Pada Toko Gex Eyewear

Penulis

  • Muhammad Iham Assidiqi Nur Universitas Budi Luhur
  • Bima Cahya Putra Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

kacamata, Business Model Canvas, e-commerce, wordpress

Abstrak

Toko Gex Eyewear Adalah Usaha toko online yang menjual kacamata anti radiasi pria dan wanita, Pada toko Gex Eyewear ini walaupun sudah menggunakan Marketplace, ada beberapa masalah, seperti terlalu banyak persaingan harga, yang menyebabkan perbedaan harga yang besar, terlalu banyak toko yang menjual produk yang sama, yang membuat pelanggan mencari saran produk ke toko lain, dan kurangnya promosi penjualan, yang mengarah ke produk lama yang dijual dan pemilik toko masih menggunakan sistem laporan membutuhkan catatan kertas. Untuk mengatasi masalah ini, memerlukan situs web E-commerce masalah penyelesaian. Dalam pengembangan e-commerce ini digunakan metode Business Model Canvas (BMC) untuk melihat kekuatan dan kelemahan bisnis serta strategi bisnisnya. Sistem dirancang menggunakan metode Unifield Modeling Language (UML), dan website menggunakan aplikasi WordPress Content Management System (CMS). Menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, website ini juga diatur agar muncul di halaman pertama mesin pencari. Hal ini memudahkan pelanggan untuk menemukan. Tujuan peneilitan ini pemilik toko dapat menjual produk sebanyak-banyaknya melalui website E-commerce ini Tujuan penilitan, penggunaan SEO dan pemasaran akan membantu mendongkrak penjualan, dan kemampuan mencetak laporan penjualan akan memudahkan pemilik toko untuk meringkas laporan. Hasil dari penelitian ini yaitu mendapatkan model e-commerce yang sudah sesuai dengan kebutuhan dari toko Gex Eyewear Hasil penelitian. Model e-commerce berbasis web yang dikembangkan sudah diuji langsung dengan pengguna dan hasil pengujian yang didapatkan adalah cukup bagus, dengan teknik SEO website gex eyewear berada di halaman awal pencarian google sehingga user dapat mudah mencari. Pada Hasil penelitian, didapatkan dari pengujian yang dilakukan

Referensi

Arief Indrawan Putra and Anita Diana, “Perancangan E-Commerce dengan Business Model Canvas untuk Peningkatan Penjualan pada Toko Parfum,” J. Telemat., vol. 15, 2020.

Faisal, A. Diana, and D. R. Utari, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman,” J. IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 5, no. 3, 2021.

T. R. Rivanthio, “Perancangan Website E-commerce Rikas Collection,” J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 7, no. 2, 2020.

P. Vitasari, Julian Candra Purnama, Sony Harianto, and Fuad Achmadi, “Fishbone Diagram Untuk Menganalisis Penyebab Produktivitas Kerja Menurun pada Home Industri Pembuatan Roti ,” SENIATI, pp. 182–186, 2022.

F. Ramadhan and L. Fajarita, “Implementasi Rancangan E-Commerce Pada Surya Timur Collection Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (CMS),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1508.

Y. Rachmawati, L. Septiana, and susana dwi Yulianti, “Sistem Informasi Penjualan Alat Tulis Kantor Berbasis Web Pada CV. Sumber Rezeki Jakarta,” Semin. Nas. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput. Nusa Mandiri, vol. 1, no. 1, 2016.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, 2018.

S. P. Suryanto, T. J. Pattiasina, and A. Soetarmono, “Perancangan dan Pengembangan Toko Online dengan Metode Interaction Flow Modeling Language (Studi Kasus Toko Winata),” Teknika, vol. 6, no. 1, 2017, doi: 10.34148/teknika.v6i1.60.

D. F. Ariefni and M. B. Legowo, “Penerapan Konsep Monitoring dan Evaluasi Dalam Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa Di Perbanas Institute Jakarta,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 3, 2018.

M. Hayaty and D. Meylasari, “Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi,” J. Inform., vol. 5, no. 2, 2018, doi: 10.31311/ji.v5i2.4027.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Nur, M. I. A., & Putra, B. C. (2022). Penerapan E-Commerce Content Management System Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Pada Toko Gex Eyewear. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1499–1508. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/197

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>