PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN, PEMBELIAN, DAN LAYANAN JASA SERVIS BERBASIS WEB UNTUK BENGKEL HORAS MOTOR

Penulis

  • Arnold Christian Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Brury Trya Sartana Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Rusdah Rusdah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Bima Cahya Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Bengkel Motor, Sistem Informasi Penjualan, Sistem informasi Pembelian, Layanan Jasa Servis, Bengkel Horas Motor, aplikasi berbasis web

Abstrak

Pada Bengkel ini dilakukan analisis sistem informasi penjualan, pembelian dan pelayanan jasa service yang berjalan. Masalah penelitian ini adalah menemukan masalah yang menyebabkan informasi penjualan, pembelian dan pelayanan jasa service belum berjalan dengan baik, permasalahan yang timbul diantaranya kepala bengkel kesulitan dalam mengetahui suku cadang apa saja yang paling banyak terjual, dikarenakan tidak adanya pembuatan laporan suku cadang terbanyak terjual. Sehingga kepala bengkel tidak bisa menambah persediaan stok suku cadang yang paling banyak terjual. kepala bengkel tidak mengetahui suku cadang apa saja yang dipesan, dikarenakan tidak adanya pembuatan laporan pemesanan suku cadang. Sehingga kepala bengkel tidak mempunyai arsip pribadi mengenai pemesanan suku cadang. Tidak adanya informasi tentang stok suku cadang terbaru, dikarenakan tidak adanya pembuatan laporan stok suku cadang. Sehingga kepala bengkel tidak mengetahui stok suku cadang yang tersedia. Hal tersebut mendorong Bengkel Horas Motor untuk mengembangkan sistem informasi bengkel. Maka dari itu diperlukan suatu sistem informasi baru yang terkomputerisasi untuk menjawab masalah tersebut. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan adanya sistem informasi bengkel yang terkomputerisasi dapat membantu Bengkel Horas Motor dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi.

Referensi

N. N. Asyifa, “Pengaruh Kualitas Sistem,Kualitas informasi, Kualitas Layanan Dan Kemudahan Pengguna Terhadap Kepusaan Pengguna sistem informasi Akademik Mahasiswa ( SIAM ) Universitas Brawijaya,” J. Ilm. Mhs. FEB Univ. Brawijaya, pp. 10–27, 2020, [Online]. Available: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7184.

H. Indrayani, “Penerapan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi Dan Produktivitas Perusahaan,” J. El-Riyasah, vol. 3, no. 1, pp. 48–56, 2017.

H. H. Solihin and A. A. Fuja Nusa, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan, Pembelian Dan Persediaan Suku Cadang Pada Bengkel Tiga Putra Motor Garut,” Infotronik J. Teknol. Inf. dan Elektron., vol. 2, no. 2, p. 107, 2017, doi: 10.32897/infotronik.2017.2.2.37.

A. Sudianto, H. Ahmadi, and A. Alimuddin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Pada Bengkel Vinensi Motor Berbasis Web Sebagai Guna Meningkatkan Penjualan dan Promosi Produk,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 115–122, 2020, doi: 10.29408/jit.v3i2.2289.

N. Pukkhem, “LORecommendNet: An Ontology-Based Representation of Learning Object Recommendation,” vol. 265 AISC. Springer Verlag, Department of Computer and Information Technology, Thaksin University, Songkhla, Thailand, pp. 293–303, 2014, doi: 10.1007/978-3-319-06538-0_29.

Novasanda Kartika Putra Al-amin and Novita Mariana, “Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Pada NOPNOPPART Berbasis Website,” Elkom J. Elektron. dan Komput., vol. 15, no. 1, pp. 180–188, 2022, doi: 10.51903/elkom.v15i1.796.

N. Ahmad et al., Analisa & Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek. 2022.

R. S. Pressman, Software Engineering: a Practitioner’s Approach, 5th Editio., vol. 10, no. 6. McGraw-Hill Higher Education, 1995.

A. N. Mariana, “Implementation of the Waterfall Model for the Development of the DKI Jakarta PKK Current Mail Information System,” vol. 6, no. 5, pp. 453–459, 2019.

I. S. Amrin, Mita Diah Larasati, “Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 8, no. 2, pp. 174–180, 2022, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

O. R. Amandasari and D. Anubhakti, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Catering Pada Pt. Tonita Dwi Generasi,” IDEALIS Indones. J. …, vol. 1, no. 3, pp. 9–15, 2018, [Online]. Available: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/92%0Ahttps://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/download/92/57.

Adhinov Ibnu Kharis, “Analisis Kebutuhan dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Inventory,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Christian, A., Sartana, B. T., Rusdah, R., & Putra, B. C. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN, PEMBELIAN, DAN LAYANAN JASA SERVIS BERBASIS WEB UNTUK BENGKEL HORAS MOTOR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 794–802. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/649

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>