ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA TOKO ASIA PETSHOP

Penulis

  • Yuan Herawanty Universitas Budi Luhur
  • Yudi Santoso

Kata Kunci:

E-Commerce, BMC, CMS, SEO, Asia Petshop

Abstrak

E-commerce merupakan hasil dari pemanfaatan teknologi dalam memenuhi banyaknya kebutuhan manusia terutama dalam kegiatan jual beli. Asia Petshop merupakan toko yang bergerak dibidang penjualan pakan hewan seperti kucing, anjing dan lainnya. Permasalahan yang muncul adalah sistem penjualannya masih dilakukan secara offline dan hanya memanfaatkan media sosial seperti whatsapp dan Instagram sehingga memiliki keterbatasan dalam memikat konsumen baru. Selain itu Asia Petshop juga tidak pernah melakukan kegiatan promosi dan masih memiliki keterbatasan dalam pengiriman serta transaksi dan laporan masih dilakukan secara manual. Metode Business Model Canvas (BMC) digunakan untuk implementasi e-commerce, sedangkan metode Content Management System (CMS) digunakan untuk perencanaan model bisnis untuk website e-commerce. Kemudian untuk menjadikan website e-commerce tersebut berada di halaman awal mesin pencari menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO). Penelitian ini bertujuan menghasilkan website Asia Petshop yang sederhana, ringan dan handal dalam memenuhi kebutuhan pemilik usaha, memberikan kemudahan bagi konsumen dalam melakukan transaksi, memperluas jangkauan pasar sehingga dapat meningkatkan penjualan produk secara efektif, mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen dan pemilik usaha. Hasil dari penelitian ini adalah Asia Petshop memiliki website yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pasar, mempermudah transaksi pebelian dan mempermudah pemilik usaha dalam mengontrol dan menjalankan bisnisnya.

Referensi

Alwendi, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan,” J. Manaj. Bisnis, vol. 17, no. 3, pp. 317–325, 2020, [Online]. Available: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/2486

R. Pitriyani, G. Triyono, and S. Y. Nugroho, “Pengembangan Model Sistem E-Commerce Berbasis Web Dengan Content Management System (Cms), ” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2818.

J. A. Bisnis, G. M. Rafsyanjani, A. Fauzi, A. Niaga, and P. N. Malang, “Pengembangan Media Promosi Berbasis Website Pada UMKM Aneka Batik,” 2022.

N. A. Rakhmawati, A. E. Permana, A. M. Reyhan, and H. Rafli, “Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 32, 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.868.

R. Irawati and I. B. Prasetyo, “Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang),” J. Penelit. Manaj. Terap., vol. 6, no. 2, pp. 114–133, 2022.

S. Avriyanti, “Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong ),” J. Pemikir. dan Penelit. Adm. Publik dan Adm. Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 60–74, 2021, doi: 10.35722/pubbis.v5i1.380.

Ismai, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL,” J. Tikar, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/teknik_informatika/article/download/153/121

N. Wijayanti and H. H. Hidayat, “Business Model Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah,” J. Agroindustri Halal, vol. 6, no. 2, pp. 114–121, 2020, doi: 10.30997/jah.v6i2.2631.

N. Musthofa and M. A. Adiguna, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Ccomputer Kota Tangerang,” J. Ilmu Komput. dan Sci., vol. 1, no. 03, pp. 199–207, 2022, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

N. Widiyasono, “Implementasi Yoast Seo Dan Optimasi Keyword Untuk Meningkatkan Rank Pada Google Search Engine Result Page (Serp),” J. Siliwangi, vol. 7, no. 2, p. 2021, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Herawanty, Y., & Santoso, Y. (2023). ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA TOKO ASIA PETSHOP. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1649–1658. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1057

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama