Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada PT Lamp Entertainment

Penulis

  • Johan Santos Universitas Budi Luhur
  • Yuliazmi Yuliazmi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

crm, live streaming, klien lama, klien baru

Abstrak

PT. Lamp Entertainment merupakan sebuah kongsi yang bergerak dibidang multimedia. Dimana kebutuhan live streaming cukup penting dikalangan kongsi dan berbagai macam event dikala pandemi Covid-19, dikarenakan event atau kebutuhan acara harus tetap berjalan walaupun terkendala dalam batasan pertemuan masyarakat. Namun Perusahaan ini mengasihkan solusi untuk berjalannya event untuk tetap berjalan. Dengan adanya jasa live streaming event tersebut dapat di jalankan secara online dan dapat ditampilkan kepada semua audience. Dengan semakin menurunnya covid-19 kongsi berusaha untuk tetap bertahan dengan penjualan jasa ini. Dengan memanfaatkan pemasukan dari beberapa klien baru yang didapat. Namun kongsi ini tetap bersih keras untuk meningkatkan kendali penjualan untuk meningkatkan penjualan yang ada pada kongsi ini. Masalah yang terjadi pada C-Level yang ada pada perusahaan ini tidak hanya ingin berfokus kepada klien lama yang pernah menggunakan jasa dari kongsi. Dan karena pencatatan data klien yang masih sangat minim, maka kongsi sulit untuk menggapai klien lama untuk meningkatkan penjualan. Dengan adanya Sistem CRM maka perusahaan bisa memperoleh kembali jalinan dengan klien baru maupun klien lama. Maka dengan cara ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan penjualan dapat diperoleh dari klien lama dan klien baru. Sehingga penulis membuatkan sebuah aplikasi untuk mengasihkan informasi kepada klien lama dan klien baru untuk mengetahui promo dan informasi produk yang ada pada kongsi, dan memungkinkan untuk klien lama dan klien baru melakukan pembelian kembali produk yang tersedia. Dari hasil penelitian ini PT. Lampentertainment dapat memanfaatkan sistem CRM untuk meningkatkan penjualan pada perusahaan. Dengan cara menarik kembali keinginan pelanggan dalam menggunakan jasa yang perusahaan telah sediakan. Serta pelanggan lama akan mendapatkan informasi promo yang telah dibuat oleh perusahaan.

Referensi

M. Lestari and M. H. K.saputra, “Sistem Kepuasan Klien Terhadap Pelayanan Dengan Implementasi Crm (Customer Relationship Manajement) Kantor Pos Kotabumi Menggunakan Metode Ucd (User-Centered Design),” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 103– 109, 2022, doi: 10.36040/jati.v6i1.4565.

A. A. Rahman, A. Supaidi, I. Aslamiah, and A. Ibrahim, “Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Pelayanan Klien (Corporate) Divisi Bges Pada Pt Telkom Witel Sumsel,” JRMSI - J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 9, no. 1, pp. 72–78, 2018, doi: 10.21009/jrmsi.009.1.05.

M. K. Klien, “Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 1 No. 3 Maret 2018 Pengaruh Nilai Klien Terhadap Loyalitas Klien Melalui Kepuasan Klien,” vol. 1, no. 3, pp. 42–47, 2018.

H. B. Akhmad Izzudin Amin, Erlan Darmawan, “Implementasi CRM (Customer Relationship Management) pada Sistem Informasi Reservasi Fotografi Berbasis Web di Toko Aini Photo Kuningan,” J. Sist. dan Inform., vol. 9, p. 9, 2018.

E. Rosinta and D. Hasibuan, “Implementasi Customer Relationship Management ( CRM ) Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT . Buana Telekomindo,” J. TIMES (Techonology Informatics Comput. Syst., vol. VII, no. 1, pp. 8–14, 2018.

I. Bagus Gede Sarasvananda, C. Anwar, and D. Pasha, “Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Menggunkan Pendekatan E-Crm (Studi Kasus : BP3TKI Lampung),” Z.A Pagar Alam, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JDMSI

F. Setyaji and B. Trya Sartana, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management ( E- CRM) dalam Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Terhadap Klien Studi Kasus Bengkel Astrido Toyota Pondok Cabe,” J. Idealis, vol. 1, no. 5, pp. 479–484, 2018.

M. Yusuf and L. L. Hin, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Untuk Meningkatkan Loyalitas Dan Pelayanan Terhadap Customer Pada Hotel Menteng 1,” J. IDEALIS Vol.2 No.4, Juli 2019, vol. 2, no. 4, pp. 214–219, 2019.

syifa aulia Sari, “Upaya Peningkatan Pelayanan Dan Loyalitas Customer,” pp. 94–101, 2018.

R. Wahyuni and H. Irawan, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management (E- CRM) Untuk Meningkatkan Loyalitas Dan Pelayanan Terhadap Customer Pada Astrido Daihatsu Otista,” J. Idealis, vol. 1, no. 1, pp. 489–496, 2018, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1353/

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Santos, J., & Yuliazmi, Y. (2022). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada PT Lamp Entertainment. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1985–1993. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/408

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama