Penerapan Sistem Penunjang Keputusan Dalam Menentukan IT Support Terbaik Untuk Pemberian Reward Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting)

Penulis

  • Muhammad Akrom Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

sistem penunjang keputusan, IT suport terbaik, simple additive weighting (SAW)

Abstrak

PT. Peranti Digital Solusindo (PDS) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyedia sistem layanan contact center yang berdiri sejak tahun 2019. Salah satu yang menjadi aspek penting dalam pengelolaan sumber daya manusia di dalam sebuah institusi perusahaan adalah penentuan IT support terbaik guna memotivasi semangat kerja IT support dalam meningkatkan kualitas kerja dan integritasnya. Akan tetapi management mengalami kendala dalam implementasi untuk menentukan IT support yang layak mendapatkan reward, hal ini disebabkan karena proses penilaian yang masih manual, dengan hanya melihat dari pandangan subjektif dari pimpinannya dan tidak sepenuhnya ditentukan oleh kemampuan yang dimiliki, dikarenakan kurangnya kriteria penentu yang dapat dijadikan acuan bagi penilaian kinerja IT support, dari sebab itu tidak jarang terjadi adanya kecemburuan sosial antar karyawan. Sistem Penunjang Keputusan adalah sistem informasi berbasis manajemen pengetahuan yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Dalam hal ini metode yang  digunakan adalah Simple Additive Weighting (SAW),  dengan metode perhitungan yang menggunakan hasil dari nilai terbesar yang akan terpilih sebagai alternatif terbaik.  Aplikasi ini dibuat sedemikian rupa agar cukup user friendly untuk digunakan, sehingga harapannya aplikasi ini dapat bermanfaat untuk membantu PT. Peranti Digital Solusindo dalam menentukan IT support terbaik secara objektif dengan mengacu pada kriteria penentu penilaian kinerja IT support

Referensi

A. W. Saw and E. Ismanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Simple SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ),” no. June 2015, 2018.

Henderi. (2017). Analysis and Design System with Unified Modeling Language (UML). STMIK Raharja Tangerang.

P. B. N. S. dan S. B. Sinaga, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Dengan Metode Electre Berbasis Web. Sumatera Utara: KITA PENULIS, 2019.

A. Pratama, “MySQL Uncover - Panduan Belajar MySQL dan MariaDB untuk Pemula 1.0,” p. 643, 2017.

J. Teknik, I. Fakultas, I. Komputer, and U. Dian, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) Decision Support System For Selection Laptop With Analytical Hierarchy Process ( AHP ) Yulian Saputra.”

A. S. Putra, D. R. Aryanti, and I. Hartati, “Metode SAW (Simple Additive Weighting) sebagai Sistem Pendukung Keputusan Guru Berprestasi ( Studi Kasus : SMK Global Surya),” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, no. 1, pp. 85–97, 2018.

S. Larasati, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pe. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

E. Y. Arianto, F. B. Siahaan, and S. Informasi, “Analisa Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting Pada PT . Unilever Indonesia Tbk,” vol. 4, no. 1, pp. 194–204, 2018.

A. Zaki, D. Setiyadi, and F. N. Khasanah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Terbaik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process,” PIKSEL Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. Log., vol. 6, no. 1, pp. 75–84, 2018.

A. Suryana, E. Yulianto, and D. Pratama, Khrisna, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Prestasi Pegawai Menggunakan Metode SAW, AHP, Dan TOPSIS,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. III, no. 2, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Akrom, M., & Hin, L. L. (2022). Penerapan Sistem Penunjang Keputusan Dalam Menentukan IT Support Terbaik Untuk Pemberian Reward Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1543–1549. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/248

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>