PENERAPAN MODEL E-CRM PADA COFFEE SHOP TRIFECTA UNTUK MENUNJANG KEGIATAN PROMOSI DAN LOYALITAS PELANGGAN

Penulis

  • afdal kohar Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita

Kata Kunci:

Customer Relationship Management, Customer Relationship Management, Coffee shop, Pelanggan., Pelanggan

Abstrak

Perkembangan pesat bisnis coffee shop meningkatkan persaingan yang ketat. Inovasi dan teknologi informasi menjadi kunci mempertahankan pelanggan. Akses mudah terhadap informasi penting bagi berbagai skala usaha. Persaingan yang ketat mendorong inovasi dalam memenangkan pasar. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) penting dalam mengelola interaksi dengan pelanggan, termasuk prospeksi, penjualan, dan layanan. Coffee Shop Trifecta di Jalan Pondok Kacang Prima, Tangerang Selatan. Pada saat ini coffee shop Trifecta menjalani bisnisnya masih terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi yaitu masalah promosi atau pemasaran produk, belum adanya diskon berupa potongan harga, proses pemesanan yang tidak efektif, dan tidak adanya wadah penyampaian kritik dan saran bagi pelanggan, belum adanya wadah penyamapian testimoni pada setiap menu. Sehingga diperlukan sistem yang dapat membantu permsalahan tersebut. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan Cutomer Relationship Management berbasis website. Dalam penelitian ini hanya membahas dua tahapan CRM yaitu Acquire dan retain yang dimana berfungsi guna meningkatkan pelayanan dan kemudahan pelanggan dalam memesan menu. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yaitu Observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Pemodelan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis dan desain berorientasi objek dengan menggunakan model Unified Modelling Langauge (UML). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang menghasilkan model E-CRM  Dengan memberikan fitur potongan harga berupa diskon, menyediakan fasilitas pemesanan menu berbasis Website, fitur penyampain krtik dan saran, fitur Riview menu yang terdapat pada setiap menu, dan terdapat  fitur promosi berupa kode vocher yang dikirimkan pada email pelanggan baru.

Referensi

P. S. Hasugian, “PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI,” 2018.

Dr.Hamdi Agustin, “buku no. 4. sistem informasi manajemen dalam perspektif Islam,” 2019.

R. Amalia, “PENERAPAN CRM PADA SISTEM INFORMASI TOKO KOPI CAP KUCING BERBASIS WEB MOBILE,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 5, no. 2, 2023.

D. Mistikaweni and L. Li Hin, “PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN CATERING HANDAYANI,” vol. 2, 2019.

A. Abdul Jabar, A. Andri Hendriani, and A. Rizal, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Dengan Penerapan Customer Relationship Management (Studi kasus : Kafe Bozzkost Karawang ) Design And Build a Food Menu Order Application With The Application Of Customer Relationship Management (Case Study : Kafe Bozzkost Karawang),” vol. 7, pp. 114–123, 2020, [Online]. Available: http://journal.ipb.ac.id/index.

R. N. Syakila, N. Agung, and W. Ardhoyo, “Penerapan Customer Relationship Management pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid-19,” 2021. [Online]. Available: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberpr

N. Sitohang, “PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN (STUDI KASUS LAVAZ KOPI KISARAN),” 2019.

W. Fidiasmara and Y. Santoso, “ANALISA DAN PERANCANGAN E-COMMERCE PADA TOKO FORZA MUSIC STORE,” 2023.

M. Syarif and W. Nugraha, “PEMODELAN DIAGRAM UML SISTEM PEMBAYARAN TUNAI PADA TRANSAKSI E-COMMERCE,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 4, no. 1, 2020.

D. Wira, T. Putra, and R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” vol. 7, no. 1, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

kohar, afdal, & Novita, I. (2023). PENERAPAN MODEL E-CRM PADA COFFEE SHOP TRIFECTA UNTUK MENUNJANG KEGIATAN PROMOSI DAN LOYALITAS PELANGGAN . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1420–1429. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/893

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>