ANALISIS DAN DESAIN E-COMMERCE PADA PERCETAKAN CV AULIA YASHA UTAMA MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) WORDPRESS

Penulis

  • Ilham Satya Pandhega Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Website, Content Management System (CMS), E-Commerce, Business Model Canvas, Percetakan

Abstrak

Dalam era digital yang terus berkembang, e-commerce telah menjadi  salah satu sektor bisnis yang paling menjanjikan. Internet telah mengubah cara orang berbelanja dan bertransaksi, dengan mendorong pertumbuhan bisnis online yang signifikan. Sistem informasi e-commerce berbasis web memainkan peran penting dalam mendukung keberhasilan operasional dan pertumbuhan bisnis tersebut. Salah satunya pada perusahaan percetakan CV Aulia Yasha Utama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, menyadari pentingnya memiliki kehadiran online yang kuat untuk memperluas pasar mereka dan meningkatkan pendapatan. Namun, saat ini penulis menghadapi beberapa tantangan dalam membangun sistem informasi e-commerce pada CV Aulia Yasha Utama yang harus membangun situs web e-commerce itu sendiri guna memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan produk dan melakukan transaksi secara online. CV Aulia Yasha Utama akan memiliki kemampuan untuk meningkatkan produktivitas operasi, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memperluas pasar. Untuk menyelesaikan masalah saat ini, dibutuhkan pembuatan website E-Commerce dengan menggunakan Wordpress sebagai salah satu content management system (CMS). Tools yang digunakan pada penelitian ini yaitu Business Model Canvas (BMC), sebagai analisis model bisnis, perancangan model sistem dengan Unified Modeling Language (UML), dan penggunaan plugin SEO dan strategi pemasaran lainnya. Hasil penelitian ini adalah pengembangan model e-commerce berbasis web yang diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada percetakan CV Aulia Yasha Utama serta meningkatkan kemudahan layanan transaksi dan memperluas jangkauan pasar.

Referensi

D. Riswandi, “TRANSAKSI ON-LINE (E-COMMERCE) : PELUANG DAN TANTANGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM,” Jurnal Econetica, vol. 1, pp. 1–13, 2019.

V. Marudut, M. Siregar, and P. B. Indonesia, “SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN,” vol. 1, no. 2, 2020.

A. Tirtana, A. Zulkarnain, B. K. Kristanto, S. Suhendra, and M. A. Hamzah, “Rancang Bangun Aplikasi E - Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 14, no. 2, p. 101, 2020, doi: 10.32815/jitika.v14i2.473.

D. Astuti and G. Triyono, “Rancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Percetakan Gemilang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek,” vol. 2, no. 3, pp. 233 – 237, 2019

Wulalndalri, Ei., & Galtal, G. (2020). Peineiralpaln Ei-CoimmeirceiUntuk Peinjuallaln Roikoik Eileiktrik (Valpei) Meinggunalkaln Cointeint Malnalgeimeint Systeim Woirdpreiss PaldalToikoiValpeiGralndei. IDEiAlLIS : InDoinEisiAlJoiurnalL Infoirmaltioin Systeim, 3(1), 545–551.

Coiccial, M. (2018). TheiFishboineiDialgralm toiIdeintify, Systeimaltizeialnd AlnallyzeitheiSoiurceis oif GeineirallPurpoiseiTeichnoiloigieis. Joiurnall oif Soiciall alnd AldministraltiveiScieinceis, 4(4), 291–303

E. T. Hutamy et al, “Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Model’s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z),” 2021.

F. Anastasya, I. Agus, and B. M. W. Hutajulu, “PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN, PEMBELIAN PADA TOKO NODENT STORE BERBASIS JAVA NETBEANS DI BUARAN JAKARTA TIMUR,” Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 11, pp. 50–55, 2021.

M. Hayaty and D. Meylasari, “Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi,” JURNAL INFORMATIKA, vol. 5, no. 2, 2019.

D. Riandika and A. U. Hamdani, “Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, no. 3, p. 785, Jul. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2242.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Pandhega, I. S., & Novita, I. (2024). ANALISIS DAN DESAIN E-COMMERCE PADA PERCETAKAN CV AULIA YASHA UTAMA MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) WORDPRESS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 355–366. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1141

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>