PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN TOKO BERKAH JAYA PRIMA

Penulis

  • Muhammad Alfain Asshidiqi Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, content management system, wordpres, search engine optimization

Abstrak

Toko Berkah Jaya Prima merupakan bisnis yang produk snack atau makanan ringan dengan berbagai macam jenis makanan ringan yang terletak di Jalan WR. Supratman, Pondok Ranji, Ciputat Timur. Saat ini, proses transaksi penjualan berlangsung dengan pelanggan datang ke toko untuk memilih produk yang diinginkan. Setelah itu, pegawai akan melakukan proses pembayaran dan memberikan struk kepada pelanggan sebagai bukti transaksi yang telah dilakukan. Permasalahan yang dihadapi adalah keberadaan toko fisik yang hanya terbatas pada satu lokasi dan terletak di daerah kurang strategis dan memiliki persaingan bisnis di daerah Pondok Ranji. Selain itu, Toko Berkah Jaya Prima menyadari bahwa sistem bisnis yang sedang diterapkan saat ini belum mencapai tingkat optimal, yang mengakibatkan kinerja penjualan yang belum sepenuhnya optimal dan juga belum memiliki sarana promosi yang memadai. Berdasarkan isu tersebut, penulis mengajukan usulan pembuatan platform E-Commerce guna mengatasi tantangan yang dihadapi oleh toko Berkah Jaya Prima. Penulis memanfaatkan Content Management System (CMS) berfungsi sebagai alat dalam proses pembuatan situs web, serta memanfaatkan ekstensi tambahan guna mendukung berbagai keperluan website. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan pemilik dan staf toko, observasi langsung terhadap jalannya proses bisnis, serta kajian literatur dengan merujuk pada penelitian-penelitian sebelumnya. Penulis merancang model bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC), sementara pemodelan sistemnya dengan memakai Unified Modeling Language (UML). Hasil yang diperoleh dari studi ini yaitu platform E-Commerce yang berfungsi sebagai alat promosi untuk meningkatkan penjualan produk dengan optimal. Dengan adanya E-Commerce ini, peluang untuk menjangkau pelanggan di luar area toko akan terbuka, menciptakan saluran penjualan baru yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan untuk Berkah Jaya Prima.

Referensi

R. Hermiati, A. Asnawati, and I. Kanedi, “Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan Database MYSQL,” Jurnal Media Infotama, vol. 17, no. 1, Feb. 2021, doi: 10.37676/jmi.v17i1.1317.

H. Hasugian, “Analisis dan Perancangan E-Commerce Menggunakan Content Management System Wordpress pada Kayra Nu Hijab,” Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 5, no. 1, 2022.

S. Santosa dan H. Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan CMS Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” Jurnal Bisnis dan Pemasaran, vol. 11, no. 1, hal. 1–8, 2021.

H. E. Nugroho and A. Nugroho, “Analisis Dan Perancangan E-Commerce Pada Toko Sepatu Dope13store Menggunakan Framework Laravel”, INFOS Journal, vol. 4, no. 1, pp. 38-44, May 2021.

M. Nur, I. Wicaksono, and H. Irawan, “Merancang Bangun Web E-Commerce Menggunakan Wordpress Studi Kasus Toko Arleuis,” IDEALIS, 2022. [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index

Y. Gema, A. Diana, and D. Achadiani, “Penerapan E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (CMS) Untuk Memperluas Pemasaran Produk Pada Jtbbekasi,” IDEALIS : Indonesia Journal Information System, vol. 5, no. 1, Jan. 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2870.

D. M. Safitri, N. Rahmawati, and A. Faradilla, “Perancangan dan Pengukuran Kerja: Buku Ajar Kuliah Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja”, Makassar: Nas Media Pustaka, 2021.

W. Ayu, R. Fitriani, M. Aksal, D. A. Tenri, and Masitah, “Business Model Canvas: Implementasi Terhadap Industri Rumahan Produk Virgin Coconut Oil (VCO)”, Bandung: Media Sains Indonesia, 2020.

Henderi, R. Untung, and R. Efana, “UML Powered Design System Using Visual Paradigm”, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2021.

D. Chaffey and F. Ellis-Chadwick, “Digital Marketing”, London: Pearson Education, 2019.

J. Helianthusonfri, “Belajar Social Media Marketing”, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Asshidiqi, M. A., & Novita, I. (2023). PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN TOKO BERKAH JAYA PRIMA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1370–1379. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/885

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>