RANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN ADDAH SANDAL AND SHOES

Penulis

  • Mohammad Fikri Fadilla Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Ita Novita Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Samsinar Samsinar Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Dian Anubhakti Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

e-commerce, content managemeng system, search engine optimization (seo), WordPress, ADDAH SANDAL AND SHOES

Abstrak

Toko Addah Sandals and Shoes  merupakan  bisnis yang menjual produk sandal dan sepatu hasil produksi home industri dengan berbagai macam model, harga terjangkau dan kualitas baik. Toko Addah Sandals and Shoes saat ini masih menjual produknya secara offline melalui toko fisik dimana pelanggan harus mengunjungi toko yang terletak di Jl. Kebun Manggis Pondok Kacang Timur. Toko ini satu-satunya toko disepanjang Jl.Kebun Manggis yang menjual sandal dan sepatu dengan varian yang banyak dan harga terjangkau. Dalam mengembangkan usahanya toko  Addah Sandal and Shoes merasa sistem bisnis yang berjalan saat ini masih kurang optimal menyebabkan kurang maksimalnya penjualan yang dilakukan melalui toko fisik. Berdasarkan masalah tersebut, penulis mengusulkan sebuah website E-Commerce untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada toko  Addah Sandal and Shoes. Penulis menggunakan content management system (CMS) sebagai tools utama pembuatan website dan plugin pendukung sebagai penunjang kebutuhan website. Metode pengumpulan data yang dipakai yaitu, melakukan wawancara dengan pemilik dan pegawai toko, kemudian melakukan pengamatan secara langsung bagaimana proses bisnis yang terjadi, dan studi literatur dengan meninjau penelitian terdahulu, sedangkan untuk model sistemnya digunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebuah website E-Commerce yang dapat digunakan sebagai media promosi sehingga produk dapat terjual secara maksimal, kemudian dengan adanya E-Commerce dapat menjangkau pelanggan yang berada di luar lingkungan toko dan menjadi media penjualan baru yang diharapkan dapat memaksimalkan pendapatan Addah Sandal and Shoes.

Referensi

R. O. Pratama and H. Hasugian, “Penerapan Metode E-Commerce Pada Toko Sepatu Kinya Store,” Jurnal IDEALIS, vol. 2, no. Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019, May 2019.

Mumtahana Hani Atun, Nita Sekarningsih, and Tito Winerawan, “Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 3, no. Vol.3 No.1 Juni 2017, Jun. 2017.

H. E. Nugroho and A. Nugroho, “Analisis Dan Perancangan E-Commerce Pada Toko Sepatu Dope13store Menggunakan Framework Laravel,” Information System Journal (INFOS), vol. 4, no. Vol. 4, No. 1, May 2021.

Muhammad Nur Ibnu Wicaksono and Hendri Irawan, “Merancang Bangun Web E-Commerce Menggunakan Wordpress Studi Kasus Toko Arleuis,” Indonesia Journal Information System (ISEALIS), vol. 5, no. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/issue/view/42, pp. 9–18, Jan. 2022.

Humisar Hasugian and Firmanto, “Analisis Dan Perancangan E-Commerce Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Kayra Nu Hijab,” Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 5, no. Indonesia Journal Information System (IDEALIS), pp. 40–48, Jan. 2018.

Dian Mardi Safitri, Novia Rahmawati, and Arnes Faradilla, Perancangan dan Pengukuran Kerja. Makassar: PT. Nas Media Indonesia, 2021.

Wulandary Ayu, R Fitriani, Mursalat Aksal, Darhyati Andi Tenri, and Masitah, Business Model Canvas: Implementasi Terhadap Industri Rumahan Produk Virgin Coconut Oil (VCO). Bandung: Media Sains Indonesia, 2020.

Henderi, Rahardja Untung, and Rahwanto Efana, Uml Powered Design System Using Visual Paradigm. Kota Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2021.

Enterprise Jubilee, Trik SEO Untuk Toko Online. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

Jefferly Helianthusonfri, Belajar Social Media Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Fadilla, M. F., Novita, I., Samsinar, S., & Anubhakti, D. (2023). RANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN ADDAH SANDAL AND SHOES. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 779–787. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/623

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>