PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE PADA TOKO RUSDA COLLECTION MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Penulis

  • Dino Prasetiyo Sistem Informasi , Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Sistem Informasi , Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia
  • Wendi Usino Sistem Informasi , Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

content management system (cms), Meningkatkan Penjualan, Toko Rusda Collection, E-Commerce

Abstrak

Toko Rusda Collection adalah salah satu usaha yang menjual berbagai macam kerudung dan manset untuk anak-anak dan dewasa yang terletak di Mal CBD Ciledug lantai gf blok D No.58. Saat ini transaksi penjualan dilakukan melalui pelanggan yang datang ke toko memilih produk yang diinginkan, kemudian pegawai memproses pembayaran. Lalu memberi nota tanda terima kepada pelanggan sebagai bukti pembayaran. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah toko fisik hanya ada di satu tempat, akibat penerapan aturan pandemi COVID-19 pada Mal tersebut menyebabkan penurunan jumlah pelanggan. Selain itu Toko Rusda Collection juga belum memiliki media promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat website belanja online dengan menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress dan teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk mendapatkan peringkat situs web di halaman pertama pencarian Google. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi literatur. Untuk membuat model bisnis digunakan Business Model Canvas (BMC), serta pemodelan sistemnya menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah  website e-commerce dapat membantu pemilik toko untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh Toko Rusda Collection, sekaligus meningkatkan jumlah pelanggan serta meningkatkan penjualan.

Referensi

Riswandi, “Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., vol. 13, no. April, hal. 15–38, 2019.

H. Hasugian, “Analisis Dan Perancangan E-Commerce Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Kayra Nu Hijab,” Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 5, no. 1, 2022.

S. Santosa dan H. Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” Jurnal Bisnis dan Pemasaran, vol. 11, no. 1, hal. 1–8, 2021.

Ismai, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL,” Jurnal Tikar, vol. 1, no. 2, hal. 192–206, 2020.

S. K. Ermaya dan N. Darna, “Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk),” Business Management and Entrepreneurship Journal, vol. 1, no. 3, hal. 207–210, 2019.

M. Rahmatuloh dan M. Rizky Revanda, “Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Haluan Indah Transporindo Berbasis Web,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 1, hal. 54–59, 2022.

A. Suharto, N. Ningsih, and K., “Pengendalian Kerusakan Produk Pada Industri Rumahan Mitra Keluarga Kabupaten Lampung Timur,” Jurnal Manajemen, vol. 16, 2022.

Y. D. Pramudita et al., “Penerapan Metode Seo on Page Dan Off Page Pada Web,” vol. 4, no. 2, hal. 125–133, 2019.

M. Tahwin dan A. Widodo, “Perancangan Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah,” Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, vol. 15, no. 1, hal. 154–166, 2020, doi: 10.34152/fe.15.1.154-166.

N. Musthofa dan M. A. Adiguna, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Computer Kota Tangerang,” OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, vol. 1, no. 03, hal. 199–207, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Prasetiyo, D., Novita, I., Usino, W., & Li Hin, L. (2023). PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE PADA TOKO RUSDA COLLECTION MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 735–743. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/604

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>