PENERAPAN METODE SIMPLE ADDTIVE WEIGHTING (SAW) DALAM PEMILIHAN GURU TERBAIK PADA SMA ISLAM AL-AYANIYAH

Penulis

  • Angga yuda Pratama Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita

Kata Kunci:

Sistem Penunjang Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW), penilaian kinerja guru

Abstrak

Guru merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Seorang guru ikut berperan serta dalam usaha membentuk sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Guru adalah semua orang yang mempunyai kewenangan serta bertanggung jawab tentang pendidikan anak didiknya, baik secara individual atau klasikal, di sekolah atau di luar sekolah. Supaya fungsi dan peran yang ada pada guru dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka di perlukan penilaian kinerja guru yang dapat menjamin terjadinya sebuah proses pembelajaran yang berkualitas di SMA Islam Al-Ayaniyah. Pada saat ini, kepala sekolah masih sulit menentukan guru terbaik karena hasil penilaian masih bersifat subjektif, penilaian terhadap pemilihan guru terbaik belum optimal karna hanya berdasarkan kehadiran dan pantauan kepala sekolah terhadap masing masing guru dan data penilaian guru sulit diperoleh karena belum adanya rekap data guru. Penelitian ini bertujuan untuk penentuan guru terbaik pada SMA Islam Al-Ayaniyah  menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan metode tersebut di harapkan penilaian akan lebih tepat karena di dasarkan dengan nilai kriteria dan bobot yang sudah di tentukan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat memudahkan pihak sekolah dalam menentukan guru terbaik. Pembuatan sistem pendukung keputusan ini menggunakan visual studio code dan basis data MYSQL untuk membantu dalam menentukan penilaian kinerja guru di SMA Islam Al-Ayaniyah dan diharapkan sistem tersebut mampu menentukan mana guru terbaik berdasarkan ranking perkalian bobot tiap kriteria. Metode Simple Additive Weighting (SAW)  ini dipilih karena metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi guru terbaik dari sejumlah guru, dalam hal ini guru yang dimaksud adalah guru yang memiliki rangking tertinggi berdasarkan kriteria yang ditentukan. Dengan sistem pemilihan guru terbaik dengan metode SAW terbukti membantu SMA Islam Al-Ayaniyah dalam menentuhkan keputusan guru terbaik dengan cepat dan tepat.

Referensi

(2022) Portall SMAlN 1 Maldiun website. [Online]. https://www.portall.smaln1maldiun.sch.id/editoriall/editoriall-oleh-kepallal-sekolalh-2/

Muhiddinur, K. (2019). Guru, sualtu kaljialn teoritis daln pralktis.

Dewi, Al. Al. (2018). Guru maltal tombalk pendidikaln. CV Jejalk (Jejalk Publisher).

Setialwaln, W. (2020). Pemilihaln Guru Terbalik, MPE, con Implementalsi Metode Perbalndingaln Eksponensiall (MPE) dallalm Pemilihaln Guru Terbalik di SMK XYZ. JAlTISI (Jurnall Teknik Informaltikal Daln Sistem Informalsi), 6(2), 212– 228.

Ralhalyu, S., & Sindalr, Al. (2022). Sistem Pendukung Keputusaln Penilalialn Kinerjal Guru Menggunalkaln Metode Simple Aldditive Weighting. Jurnall Ilmu Komputer daln Informaltikal, 2(2), 103-112.

Salhputral, F., & Sialnturi, F. Al. (2020). Decision Support System Selection of Best Employee Alt PT. Intiberkalh Sinalr Sejalhteral Using Simple Aldditive weighting Method. Journall of Computer Networks, Alrchitecture alnd High Performalnce Computing, 2(1), 1-6.

Firalndal, F.M., Milwalndhalri, S. alnd Putraltalmal, V. (2021) ‘Sistem Informalsi Perjallalnaln Dinals Berbalsis Web (Studi Kalsus : DPRD Kalbupalten Galrut)’, Jurnall Ilmialh Malnaljemen Informaltikal, 13(1), pp. 15–20.

Purnalmal, P. Al. W., & Putral, T. Al. (2020). Peralncalngaln Sistem Penjuallaln Berbalsis Web (E-Commerce) Paldal Toko DMX Falctory Outlet Dengaln Menggunalkaln Balhalsal Pemrogralmaln PHP-MYSQL Daln Jalval Script. REMIK: Riset daln E-Jurnall Malnaljemen Informaltikal Komputer, 5(1), 178-183.

Albdillalh, R. (2021) ‘Pemodelaln Uml Untuk Sistem Informalsi Persewalaln Allalt Pestal’, Jurnall Falsilkom, 11(2), pp. 79–86.

Destrialnal, R., Kom, M., Husalin, S. M., Kom, S., Halndalyalni, N., Kom, M., ... & Kom, S. (2021). Dialgralm UML Dallalm Membualt Alplikalsi Alndroid Firebalse" Studi Kalsus Alplikalsi Balnk Salmpalh". Deepublish.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Pratama, A. yuda, & Novita, I. (2023). PENERAPAN METODE SIMPLE ADDTIVE WEIGHTING (SAW) DALAM PEMILIHAN GURU TERBAIK PADA SMA ISLAM AL-AYANIYAH. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1583–1592. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1009

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>