PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TRANSAKSI BISNIS JAMAAH

Penulis

  • abi alfarezy mahasiswa
  • Joko Sutrisno

Kata Kunci:

E-CRM, Aplikasi E-CRM, Meningkatkan Kualitas Pelayanan, Travel Haji & Umroh

Abstrak

Penting bagi bisnis travel Syahara Tour & Travel untuk memberikan kualitas pelayanan terbaik demi menjaga hubungan yang teratur dengan pelanggannya. Dengan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam menyederhanakan proses transaksi, menyediakan fasilitas testimoni, serta mempermudah akses informasi transaksi melalui platform Syahara Tour & Travel merupakan suatu metode untuk pihak travel dalam mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu setelah dilakukannya penelitian, perusahaan ini masih menghadapi beberapa permasalahan. Masalah yang dihadapi adalah kurangnya pelayanan yang efektif terhadap jemaah karena belum tersedianya layanan pendaftaran yang dapat diakses langsung oleh mereka. Selain itu, juga terdapat kendala terkait pemberitahuan informasi secara real time mengenai transaksi yang dilakukan oleh para jamaah, serta kurangnya fasilitas untuk menyampaikan kritik dan saran kepada perusahaan, sehingga menyulitkan upaya perbaikan pelayanan. Dalam penanganan permasalahan ini, penelitian ini mengadopsi strategi pendekatan Customer relationship management (CRM) yang mencakup tahapan CRM bernama "Enhance". Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap jemaah pada Syahara Tour & Travel, perusahaan membangun sistem E-CRM. Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) sebagai bahasa pemrograman utama dan database MySQL sebagai penyimpanan datanya. Dengan demikian, sistem E-CRM ini dirancang untuk membantu memperbaiki pelayanan dalam transaksi bisnis kepada para jamaah. Sistem E-CRM yang dikembangkan menawarkan berbagai fitur, termasuk proses booking perjalanan, pengecekan ketersediaan paket perjalanan, memantau status transaksi, melihat jadwal kegiatan sebelum keberangkatan, serta menyediakan fasilitas untuk menyampaikan kritik dan saran berupa feedback. Dengan adanya peningkatan layanan melalui platform CRM ini, maka akan terciptanya rasa kesetiaan dari jamaah dan mendorong untuk melakukan transaksi kembali dengan agen perjalanan ini.

Referensi

Sugiarni, N. L. M., Pramana, D., & Puspita, N. N. H. (2015). Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Pada Sistem Informasi Travel X Berbasis Web. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 9(2), 51-59.

Bhaskara, S. U., Mandey, S. L., & Nelwan, O. (2014). Customer Relationship Management (Crm) Dan Personal Selling Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Virgo Ekspres Tours & Travel Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1).

Latjubah, F. (2020). Menumbuhkan sikap disiplin melalui peraturan kelas secara tertulis pada siswa sekolah dasar (Studi Literatur) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sorengpati, A. F., & Andah, B. D. (2019). Rancangan E-CRM Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada PT. Digital Travel Indonesia. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 2(6), 187-193.

Mubarok, F. B. (2022). Sistem Customer relationship management Pada Proses Bisnis Haji Dan Umroh.

Yanto, W., & Mulyono, H. (2022). Electronic Customer relationship management (E-CRM) Berbasis Web Pada Nada Salwa Tour & Travel Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 7(3), 379-393.

Hakim, A. A., & Pratama, S. (2019). Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Berbasis Web Pada PT. Arya Media Tour & Travel. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 5(2), 123-136.

Musa'ad, L., & Yuliazmi, Y. (2019). Perancangan Sistem Electronic Customer relationship management (E-Crm) Berbasis Web Studi Kasus: Mika Tour Indonesia. Idealis: Indonesia Journal Information System, 2(6), 280-285.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Bandung: Penerbit ALFABETA.

Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

alfarezy, abi, & Sutrisno, J. (2023). PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TRANSAKSI BISNIS JAMAAH. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1477–1485. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/940

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama