ANALISA & IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) ADMINISTRASI PELAYANAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Penulis

  • Muhammad Diaz Anugrah SMP MUHAMMADIYAH 35
  • Joko Sutrisno Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

CRM, Pelayanan, SMP

Abstrak

SMP Muhammadiyah 35 Jakarta, yang berlokasi di Jl. Panjang No.19, Cipulir, Jakarta Selatan, adalah sekolah menengah pertama dengan mayoritas siswa beragama Islam. Saat ini, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah ini masih dilakukan secara langsung, yang menyebabkan keterbatasan dalam pengolahan data dan penyampaian informasi kepada wali murid atau calon siswa baru. Selain itu, pembayaran pendaftaran dan (SPP) juga harus dilakukan secara langsung di sekolah, dan belum ada fasilitas untuk kritik dan saran secara online. Di SMP Muhammadiyah 35, proses pendaftaran masih dilakukan secara langsung di sekolah, sehingga penyampaian informasi kepada wali murid atau calon siswa baru menjadi kurang efisien, terutama karena keterbatasan waktu untuk datang ke sekolah. Hal ini juga menyulitkan pihak sekolah dalam mengelola data pendaftaran siswa baru dengan efektif dan efisien. Selain itu, proses pembayaran pendaftaran sekolah dan SPP juga masih harus dilakukan di sekolah karena belum tersedia sistem pembayaran online, serta belum ada tempat khusus untuk menyampaikan kritik dan saran dari wali murid. Pengambilan brosur pun harus dilakukan secara langsung di sekolah. Dengan penerapan konsep Electronic Customer Relationship Management (E-CRM), diharapkan hubungan antara wali murid dan SMP Muhammadiyah 35 dapat ditingkatkan, sehingga sekolah dapat memberikan layanan yang lebih baik dan akurat kepada wali murid. Hasil dari penelitian ini dapat menyelesaikan masalah yang terdapat pada smp muhamadiyah 35 jakarta dengan menyediakan pelayanan pendaftaran online yang memudahkan proses pendaftaran dan pengisian formulir tepat waktu.

Referensi

S. Nurjaningsih dan A. Qonita, “Manajemen Penerimaan Peserta Baru (PPDB) Sistem Zonasi,” Jurnal Tata Kelola Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 127-138, 2019.

M. Raharjo, M. Napiah dan R. S. Anwar, “Perancangan Sistem Informasi Dengan PHP Dan MYSQL Untuk Pendaftaran Sekolah Di Masa Pandemi,” Computer Science (CO-SCIENCE), vol. 2, no. 1, pp. 50-58, 2022.

I. P. Sari, F. Sari, and B. K. Hutasuhut, “PKM Implementasi Pembayaran SPP Berbasis WEB Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Kota Medan”, abdi.sabha.j.pengabdi.kpd.masy., vol. 1, no. 1, pp. 34–40, Oct. 2020.

M. E. Widdah, “Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Melalui Kinerja Tenaga Kependidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi,” Annual Conference On Islamic Education Management, Surabaya, 2021.

B. A. Setiawan dan I. Novita, “Penerapan Model (E-CRM) Pada SMK Media Informatika Untuk Meningkatkan Pelayanan Informasi Kepada Wali Murid,” Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer, vol. 5, no. 1, 2024.

N. A. Septiani dan C. R. Mallinda, “Penerapan Customer Relationship Management Penerimaan Siswa Baru Di Era Pandemi Dengan Metode Extreme Programming,” Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), vol. 4, no. 3, pp. 545-555, 2023.

R. I. Ramadhani dan S. Juanita, “Implementasi Electronic Relationship Management (E-Crm) Guna Meningkatkan Loyalitas Wali Murid Pada Yayasan Pendidikan Daya Dutika : Sekolah Cenderawasih,” Jurnal IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 360-366, 2019.

S. A. Rahman, W. B. Hashim dan A. Yusof, “Designing A Use Case Diagram For Developing An Electricity Consumption (EC) System,” 2021 International Conference on Computer & Information Sciences (ICCOINS), Kuching, 2021.

N. Musthofa dan M. A. Adiguna, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Ccomputer Kota Tangerang,” OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science, vol. 1, no. 3, pp. 199-207, 2022.

K. Harianto, H. Pratiwi dan Y. Suhariyadi, “Sistem Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan Tracer Study,” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), vol. 3, no. 2, pp. 295-306, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Anugrah, M. D., & Sutrisno, J. (2024). ANALISA & IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) ADMINISTRASI PELAYANAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1264–1272. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1337

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama