RANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (e-CRM) UNTUK PELAYANAN CUSTOMER PADA MAENVAPE STORE

Penulis

  • Risqi Yasir Naufal Mahasiswa
  • Bullion Dragon Andah

Kata Kunci:

Loyalitas Pelanggan, Meningkatkan Pelayanan, Object Oriented, PHP, Maenvape Store.

Abstrak

Maenvape Store adalah sebuah toko yang menjual produk produk vape, mod, liquid, dan aksesoris vape.  Maenvape store sudah melakukan penjualan secara langsung sejak tahun 2020 sampai sekarang, namun hinga sekarang belum melakukan penjualan secara online. Maka, perancangan pada penjualan serta pengolahan data yang terjalin pada Maenvape Store, membuat pelanggan merasa kurang puas serta hendak berpindah ke tempat lain. Sehingga Maenvape Store membuat rancangan Electronic Customer Relationship Management buat melaksanakan meningkatkan penjualan pada Maenvape Store. Maenvape Store merupakan suatu sistem yang difokuskan menuntaskan kasus serta mempermudah dalam loyalitas pelanggan demi tingkatkan Penjualan pada Maenvape Store. Pengerjaan sebuah program yang hendak diawali dengan menganalisis permasalahan yang lagi terjalin pada Maenvape Store tersebut, kemudian melakukan sebuah perancangan sistem ini supaya pihak Maenvape Store dapat menyelesaikan permasalahan dalam tingkatkan loyalitas pelanggan agar penjualan bisa ditingkatkan memperoleh dokumentasi dari sistem ini. Permasalahan yang dialami meliputi jenis orang, proses serta produk. Tata cara yang dipakai untuk menuntaskan permasalahan yaitu Fishbone Diagram, Activity Diagram, Use Case Diagram, Logical Record Structure Diagram (LRS) dan Sequence Diagram. Pemecahan yang ingin ditawarkan meliputi terdapatnya testimoni pelanggan, kritik serta saran, dan promo-promo produk. Hasil yang ingin didapatkan merupakan mengenali loyalitas pelanggan terhadap kenaikan penjualan pada Maenvape Store.

Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Meningkatkan Pelayanan, Object Oriented, PHP, Maenvape Store.

Referensi

I. A. Alamratu and N. Hadinata, “Implementasi Customer Relationship Management ( Crm ) Berbasis Web Responsive Pada Pandawa Vape Store,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., vol. Vol 1 No 3, no. Vol 1 No 3 (2019): Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS), pp. 801–805, 2020.

R. Oktarina, “Implementasi Teknologi Sistem Customer Relationship Management (CRM) Guna Meningkatkan Pelayanan Penjualan,” J. Teknol. Terkini, vol. 2, no. 5, pp. 1–13, 2022.

E. Alfonsius et al., “Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Berbasis Website (Studi Kasus Pada Bengkel Motorindo),” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 75–83, 2023.

S. Luckyardi, H. Saputra, N. Safitri, A. Cahyaningrum, D. Septiani, and R. Hidayat, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Busana Muslim Berbasis Web,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 6, no. 2, pp. 156–168, 2021, doi: 10.36549/ijis.v6i2.165.

R. Destriana, S. M. Husain, N. Handayani, and A. T. P. Siswanto, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.” Yogyakarta: Deepublish, 2021.

I. M. A. Prabawa, N. W. Ekawati, N. N. K. Yasa, and G. Suparna, CUSTOMER EXPERIENCE DAN BRAND IMAGE UNTUK MEMBANGUN KEPUASAN KONSUMEN DAN REPURCHASED INTENTION Konsep dan Aplikasi. Klaten: Penerbit Lakeisha, 2023.

A. S. Faqih and A. D. Wahyudi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus : Matchmaker),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.

M. Fungsi, I. Pada, and M. Kuliah, “http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp,” vol. 6, no. 1, pp. 80–91, 2019.

M. F. Fadallah and S. Rosyida, “Program Pemesanan Percetakan Berorientasi Objek dengan Pemodelan Unified Modeling Language,” J. Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, vol. 7, no. 1, pp. 61–70, 2018, [Online]. Available: https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/1966/Program-Pemesanan-Percetakan-Berorientasi-Objek-dengan-Pemodelan-Unified-Modeling-Language-Susy-Rosyida.pdf

A. Jurnal, K. Brebes, and P. J. Tengah, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada Kedai Kopi He Kafei ),” vol. 1, no. 1, pp. 88–95, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Naufal, R. Y., & Andah, B. D. (2024). RANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (e-CRM) UNTUK PELAYANAN CUSTOMER PADA MAENVAPE STORE. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 273–280. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1114

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama