Implementasi Web Service Dengan Metode Rest Api Untuk Pendaftaran Sekolah Di Taman Kanak-Kanak Annida Tangerang Selatan

Penulis

  • Abiyyu Naufal Habib Universitas Budi Luhur
  • Haris Munandar Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

web service, rest API, pendaftaran sekolah, spring boot framwork, web, mobile

Abstrak

Di setiap tahun ajaran baru, di beberapa sekolah pasti akan ada pendaftaran calon peserta didik baru, saat ini masih ada beberapa sekolah di Indonesia salah satunya TK Annida yang masih melakukan pendaftaran secara manual atau konvesional menggunakan formulir dan harus datang ke sekolah tersebut.  Tujuan dari peneliatan yang saya buat ini untuk mempermudah dan membantu para orang tua murid dalam proses pendaftaran calon siswa dan siswi baru. Implementasi sistem yang saya buat ini menggunakan web service dengan metode REST API, dengan mengunakan Bahasa pemograman java dibantu dengan toolkit Spring Boot Framework, dengan menggunakan metode REST API penerima calon siswa dan siswi baru ini dibuat aplikasi berbasis web dengan berbasis mobile dapat terhubung.

Referensi

Kristy, R. D., & Kusuma, W. A “Analisi Tingkat Kepuasan Dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Malang,” Teknika : Engineering And Sains Journal, 2(1), 17–24, 2018.

Asri Ulfah, “Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Melalui Sistem Penerimaan Peserta Didik Online,” Pp. 1–11, 2017.

Afrizal, R. “ Perancangan Web Service Berbasis Rest Api Untuk Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru.” 2022

Arfyanti, I., Rija, T. And Hakim, D.S. “Membangun Aplikasi Mancoring Berbasis Android Dengan Menerapkan Rest Api Studi Kasus Pada Pt Telkom Akses,” Pp. 16–21, 2019.

Wakkang, H. And Irianto, B. “Implementasi Web Service Dengan Metode Rest Api Untuk Integrasi Data Covid 19 Di Sulawesi,” 2022.

I. Febrianta Surya Nugraha Et Al., “Perancangan Antarmuka Sistem Pakar Penyakit Padi Berbasis Web Design For Expert System Interface Of Web-Based Rice Disease,” Vol. 7, No. 2, P. 143, 2017.

Ridwan Aminullah, D. “Jurnal Geodesi Undip Januari 2018”, 7, Pp. 109–119, 2018.

Yanti, Rihyanti "Penerapan Rest Api Untuk Sistem Informasi Film Secara Daring," June, 2021.

S. Aggarwal, “Modern Web-Development Using Reactjs,” International Journal Of Recent Research Aspects, Vol. 5, Pp. 133–137, 2018.

E. Sask, “Javascript Frameworks: Angular Vs React Vs Vue,” 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Habib, A. N., & Munandar, H. (2022). Implementasi Web Service Dengan Metode Rest Api Untuk Pendaftaran Sekolah Di Taman Kanak-Kanak Annida Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 847–857. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/114

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama