PENERAPAN ALGORITME KRIPTOGRAFI SHA-256 DAN AES-256 UNTUK PENGAMANAN FILE PADA PT PELANGI SENTRAL KREASI

Penulis

  • Arief Dharmawan Universitas Budi Luhur - Teknik Informatika - Teknologi Informasi
  • Haris Munandar Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Kriptografi, Enkripsi, AES-256, SHA-256, Keamanan Data

Abstrak

Keamanan dan kerahasiaan dokumen merupakan aspek yang sangat penting dalam dunia informasi sekarang ini, apalagi informasi yang disimpan dan dikirim bersifat penting dan rahasia.  Kriptografi merupakan salah satu solusi atau metode pengamanan dokumen yang tepat untuk menjaga kerahasiaan dan keaslian dokumen, serta dapat meningkatkan aspek keamanan suatu dokumen atau informasi. PT Pelangi Sentral Kreasi adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang industri kreatif. Didirikan pada tahun 2005 yang berfokus pada pengembangan dan produksi produk-produk kreatif yang inovatif dan berkualitas tinggi. Saat ini penanganan data penawaran project yang dilakukan oleh PT Pelangi Sentral Kreasi tergolong belum aman karena data masih dalam bentuk cipherfile yang dimana masih bisa dibaca oleh semua orang yang memiliki file. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran informasi mengenai penawaran harga project yang dilakukan oleh PT Pelangi Sentral Kreasi, sehingga project yang ditawarkan menjadi bisa tidak kompetitif dibandingkan dengan vendor lain selain PT Pelangi Sentral Kreasi. Demi menjaga keamanan dan privasi data, algoritme kriptografi dapat digunakan sebagai salah satu solusinya. Algoritme kriptografi adalah metode matematika untuk mengamankan komunikasi dan data dari akses oleh pihak yang tidak berwenang. Dalam pengujian sistem, ditemukan bahwa sistem mampu melakukan enkripsi dan dekripsi file secara efisien dan nyaman bagi pengguna. Dengan menerapkan algoritme SHA-256 dan AES-256 serta menambah sedikit modifikasi pada hasil enkripsi ternyata hanya dibutuhkan waktu yang sangat singkat untuk mengekripsi file dengan ukuran 266 Kb, yakni hanya membutuhkan waktu 29.7 ms. dan 31.4 ms saja untuk proses dekripsi file.

Referensi

Widodo, B.E. and Purnomo, A.S. (2020) ‘Implementasi Advanced Encryption Standard Pada Enkripsi Dan Dekripsi Dokumen Rahasia Ditintelkam Polda Diy’, Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 1(2), pp. 69–77.

Riadi, I., Fadlil, A. and Tsani, F.A. (2022) ‘Pengamanan Citra Digital Berbasis Kriptografi Menggunakan Algoritma Vigenere Cipher’, JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga) 7.1, 1, pp. 33–45.

Sari, M., Dwi Purnomo, H. and Sembiring, I. (2022) ‘Algoritma Kriptografi Sistem Keamanan SMS di Android’, Journal of Information Technology, 2(1), pp. 11–15.

Nasution, A.B. (2019) ‘Implementasi Pengamanan Data Dengan Menggunakan Algoritma Caesar Cipher Dan Transposisi Cipher’, (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi 3.1, 1, pp. 1–6.

Saputra, I. and Darma Nasution, S. (2019) ‘Analisa Algoritma SHA-256 Untuk Mendeteksi Orisinalitas Citra Digital’, Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1.

Fawzan, I. (2021) ‘INTEGRASI OPENSSL DAN AES-256 UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN TRANSMISI DATA’, Diss. Universitas Siliwangi, 1.

Dakhi, O. et al. (2020) ‘Analisis Sistem Kriptografi dalam Mengamankan Data Pesan Dengan Metode One Time Pad Cipher’, INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 20.1, 1, pp. 27–36.

Sembiring, H., Manik, F.Y. and Zaidah, T. (2019) ‘Penerapan Algoritma Secure Hash Algorithm (SHA) Keamanan Pada Citra’, Media Informasi Analisa dan Sistem 1, 1, pp. 33–36.

Ramdani, F.C., Rahmatulloh, A. and Shofa, R.N. (2023) ‘Implementation of JSON Web Token on Authentication with HMAC SHA-256 Algorithm’, Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi , 1, pp. 194–205.

Ignasius, A. and Sakti, D.V.S.Y. (2022) ‘Penerapan Algoritma AES (Advance Encryption Standart) 128 untuk Enkripsi Dokumen di PT. Gunung Geulis Elok Abadi’, SKANIKA 5.1, 1, pp. 1–10.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Dharmawan, A., & Munandar, H. (2023). PENERAPAN ALGORITME KRIPTOGRAFI SHA-256 DAN AES-256 UNTUK PENGAMANAN FILE PADA PT PELANGI SENTRAL KREASI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 186–195. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/857

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama