PENERAPAN WEB E-COMMERCE DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS UNTUK PENJUALAN ONLINE PADA HJ SPORTSWEAR

Penulis

  • Revo Husnia Azuri Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System, Business Model Canvas

Abstrak

E-Commerce merupakan serangkaian aktivitas transaksi seperti pembelian, pemasaran, dan penjualan yang dilakukan pada sarana media elektronik seperti internet atau jaringan komputer. Manfaat menggunakan e-commerce yaitu, dapat menghemat waktu dan biaya pada saat proses transaksi seperti menjual dan membeli produk. Toko HJ Sportswear merupakan suatu bidang usaha yang menjual pakaian olahraga seperti jersey bola, jersey voli, kaos gym dan celana olahraga, ada juga layanan jasa yang dijual yaitu sablon cutting. Saat ini tempat usaha belum memanfaatkan internet dengan maksimal dalam mendukung kegiatan bisnis. Masalah yang ada pada tempat usaha saat ini adalah omset penjualan yang mulai menurun, gejala penjualan yang mulai menurun ini merupakan efek dari sebab-sebab seperti terbatasnya jangkauan pasar, terjadinya kegagalan dalam bertransaksi karena keterbatasan jenis pembayaran dan produk yang tidak diminati meski kualitasnya bagus. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu mengupayakan kembali dalam meningkatkan penjualan pada tempat penelitian dengan cara memberikan ide dan solusi untuk menyelesaikan permasalahannya. Dalam menerapkan ide dan solusi untuk menyelesaikan permasalahan pada penelitian ini, penulis menerapkan metode Business Model Canvas (BMC) untuk mengembangkan ide-ide bisnis yang baru, kemudian merancang sistem yang nantinya akan berjalan, dan diimplementasikan dengan menggunakan website berbasis Content Management System (CMS). Penelitian ini nantinya akan menghasilkan website e-commerce yang juga akan dioptimasi dengan teknik Search Engine Optimization (SEO) sehingga website bisa berada di halaman mesin pencarian google, kemudian fitur-fitur menarik seperti variasi produk, payment gateway dan lain-lain, menjadi daya tarik akan kemudahan berbelanja di website ini. Sehingga bisa disimpulkan bahwa keberadaan website bisa menjadi solusi dalam upaya mengatasi permasalahan yang sedang terjadi di tempat penelitian saat ini.

Referensi

C. Bernadeth, A. Pamukti and G. Triyono, “Penerapan E-Commerce Berbasis Web Menggunakan CMS Untuk Meningkatkan Penjualan,” Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI), vol. 19, no. 2, pp. 128-138, 2021.

A. Rosyana, G. Gata, Y. Santoso and A. U. Hamdani, “Penerapan E-Commerce Untuk Memperluas Pemasaran Pada Toko Shafira,” Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), vol. 2, no. 1, pp. 899-907, 2023.

F. D. Nugroho, L. Hin, Lauw, H. Irawan and M. A. Rony, “Implementasi E- Commerce Menggunakan Plugin Woocommerce Pada Toko Lovebouquet.tng,” Seminar Nasional Mahasiswa Teknologi Informasi (SENAFTI), vol. 2, no. 1, pp. 889-898, 2023.

A. Nugroho and H. Irawan, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System (CMS) Untuk Memperluas Pemasaran Pada Indah Jaya Sport,” Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 4, no. 4, pp. 137-146, 2021.

Y. G. Kumara, A. Diana and D. Achadiani, “Penerapann E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Berbasis Content Management System (CMS) Untuk Memperluas Pemasaran Produk Pada JTBEKASI,” Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 5, no. 1, pp. 49-58, 2022.

A. S. Prayitno and J. Sutrisno, “Implementasi E-Commerce Mengggunakan Content Management System (CMS) Pada Toko Thanksgod Dalam Upaya Memperluas Area Pemasaran,” Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 3, no. 1, pp. 539-544, 2020.

B. R. Sukarno and M. Ahsan, “Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas,” Jurnal MANOVA, vol. IV, no. 2, pp. 51-61, 2021.

D. D. Randa, “Analisa Dan Perancangan Berorientasi Objek Pada Sistem Informasi Geografis Untuk Menentukan Lokasi Irigasi Sungai,” Jurnal Riset Tindakan Manusia (JRTI), vol. 7, no. 2, pp. 84-91, 2022.

P. N. N. Fadillah and M. R. Gaffar, “Perancangan Dan Pembuatan Company Profile Berbasis Website Menggunakan CMS Wordpress Pada Kafe Kajja Korean Street Food Di Garut,” Applied Business And Administration Journal, vol. 2, no. 1, pp. 91-99, 2023.

E. A. Pratama, C. M. Hellyana and Sutrisno, Analisa Perancangan Sistem Informasi, Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2020.

S. Rahman, Jago Membuat Website Dan SEO, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Husnia Azuri, R., & Li Hin, L. (2024). PENERAPAN WEB E-COMMERCE DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS UNTUK PENJUALAN ONLINE PADA HJ SPORTSWEAR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 367–377. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1146

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.