PERANCANGAN MODEL E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS PADA PT DINDA RESTU KUMALA

Penulis

  • Arif Ramadhan Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Strategi Mix Marketing, Online Marketing, Content Management System, Search Engine Optimization

Abstrak

Toko Dinda Restu Kemala adalah usaha perorangan yang bergerak pada penjualan berbagai jenis roti yang terletak di Citayem Depok. Proses penjualan pada Toko Dinda Restu Kemala saat ini masih kurang efisien di masa sekarang, dimana promosi yang dilakukan hanya melalui whatsapp dan juga instagram, staf adminpun kesulitan untuk mendata transaksi penjualan, kurangnya promosi yang dilakukan menyebabkan omset penjualan tidak mengalami peningkatan karena promosi produk hanya lewat WA dan IG. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis melakukan penelitian untuk menganalisa masalah dan membuat solusi berupa aplikasi penjualan secara elekronik (e-commerce) guna membantu pemilik toko dalam mengatasi permasalahan diatas. Penulis menggunakan pengembangan sistem Content Management System (CMS) Wordpress untuk mengimplementasikan model e-commerce. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Unified Modeling Language (UML) untuk merancang gambaran sistem. Pendekatan Business Model Canvas untuk menganalisa model bisnis perusahaan. Teknik Search Engine Optimization (SEO) On page untuk pencarian kata kunci dan teknik marketing menggunakan strategi mix marketing (product, price, place and promotion). Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototipe e-commerce yang dapat meningkatkan penjualan dan promosi produk yang dijual oleh Toko Dinda Restu Kemala

Referensi

Sonata, T, and Winda Sari, V. Juni 2019. Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi e-commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika, Vol.8 No 1. Juni 2019.

N. Musthofa and M. A. Adiguna,. (2022).“Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Computer Kota Tangerang,” OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sains, vol. 1, no. 03, pp. 199–207, 2022.

Rivanthio, T. R., 2020, Perancangan Website E-commerce Rikas Collection, Jurnal Tematik Vol. 7, No. 2:187-195, Politeknik LP3I Bandung.

Luthan, Muhamad Zulkyfli. 2019. Analisis Pengembangan Model Bisnis Kanvas Perusahaan Hortikultura PT. XYZ https://doi.org/10.29244/fagb.9.2.185-199

Indah, D. (2020). Analisis Fishbone Diagram Untuk Mengevaluasi Proses Bisnis Distribusi Air Pada Pdam Studi Kasus Pada Pdam Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya Fishbone Diagram Analysis To Evaluate Water Distribution From Business Process In Pdam Case Study In Pdam Tirta Raya K. Financial: Jurnal Akuntansi, 6, 1–16.

Prasetya,. et al. (2022). Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language). Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, 1(1), 14-18.

Putra, D. W. T. and Andriani, R. (2019). Unified modelling language (uml) dalam perancangan sistem informasi permohonan pembayaran restitusi sppd. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 7(1), pp. 32–39.

Di, C. M. S., Lingkungan, M., & Depok, R. W. (2021). PEMANFAATAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM. 1(2), 63–67.

Pramudita. D. Y., et al. (2019). Penerapan Metode SEO On page dan Off page Pada Web Penjualan Online Untuk Meningkatkan Ranking SERP. Jurnal Ilmiah NERO, 4(2), 125-133.

Purbantina, A. P., Prameswari, D. R., Ayunique, I. M., & Firmansyah, M. G. (2022). Penerapan Digital Marketing & Mix Marketing Strategy Untuk Perluasan Pasar Dan Peningkatan Daya Saing Umkm. JABN, 3(1), 58–67.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Ramadhan, A., & Hamdani, A. U. (2024). PERANCANGAN MODEL E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS PADA PT DINDA RESTU KUMALA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 421–430. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1162

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>