IMPLEMENTASI ALGORITMA MULTINOMIAL NAIVE BAYES DALAM ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR YOUTUBE TERKAIT KEMAJUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Penulis

  • Aulia Azzaskia Universitas Budi Luhur
  • Mohammad Syafrullah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Artificial Intelligence, Youtube, Multinomial Naive Bayes, Text Mining

Abstrak

Kemajuan pesat teknologi informasi dan komunikasi, terutama dalam bidang Artificial Intelligence (AI), telah memberikan dampak signifikan di berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, dan industri. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sentimen publik terhadap kemajuan Artificial Intelligence (AI) dengan menerapkan algoritma Multinomial Naive Bayes pada komentar video YouTube. YouTube menjadi salah satu media sosial yang memberi kesempatan bagi pengguna untuk mengunggah, menonton, berbagi video, dan berinteraksi melalui komentar, sehingga layak dijadikan bahan dalam analisis sentimen. Analisis sentimen merupakan sebuah proses dalam text mining yang berfokus pada identifikasi dan ekstraksi informasi subyektif dari teks, seperti opini, perasaan, hingga  komentar pengguna terhadap suatu topik. Sebanyak 999 data komentar dikumpulkan, dengan 936 data setelah preprocessing, kemudian data dilabeli untuk mengkategorikan sentimen, menghasilkan 348 sentimen positif dan 369 sentimen negatif dari total data labeling sebanyak 717, pengurangan data ini dikarenakan penghapusan sentimen netral. Penerapan algoritma Multinomial Naive Bayes menunjukkan akurasi masing-masing 81.94%, 75.46%,  dan 75.96% untuk rasio data 80:20, 70:30, dan 60:40.  Hasil penelitian ini memberikan wawasan penting tentang persepsi publik terhadap Artificial Intelligence (AI), yang dapat menjadi panduan bagi pengembangan teknologi dan kebijakan di masa depan.

Referensi

S. P. Adi and A. Wijaya, “Analisis Sentimen Artificial Intelligence (AI) Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Lexicon Based,” Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Komunikasi, vol. 7, no. No:1, pp. 21–28, Dec. 2023, doi: 10.32524/jusitik.v7i1.1042.

E. F. Saputra and M. R. Pribadi, “Mdp Student Conference (Msc) 2023 Universitas Multi Data Palembang | 17 Analisis Sentimen Komentar Pada Kanal Youtube The Lazy Monday Menggunakan Algoritma Naïve Bayes”.

I. Oktavia and A. R. Isnain, “Analisis Sentimen Opini Terhadap Tools Artificial Intelligence (AI) Berdasarkan Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 8, no. 2, pp. 777-787, 2024, doi: 10.30865/mib.v8i2.7524.

M. Yasir and R. Suraji, “Perbandingan Metode Klasifikasi Naïve Bayes, Decision Tree, Random Forest Terhadap Analisis Sentimen Kenaikan Biaya Haji 2023 Pada Media Sosial Youtube,” Jurnal Cahaya Mandalika, vol. 3, no. 2, pp. 180-192, 2023.

B. Purbayanto and T. N. Suharsono, “Analisis Sentimen Pengguna X terhadap Chatgpt dengan Algoritme Naive Bayes,” Jurnal Telematika, vol. 18, no. 2, 2023, doi: https://doi.org/10.61769/telematika.v18i2.614.

B. Purbayanto and T. N. Suharsono, “Analisis Sentimen Pengguna X terhadap Chatgpt dengan Algoritme Naive Bayes,” Jurnal Telematika, vol. 18, no. 2, pp. 63-71, 2023.

Y. Akbar and T. Sugiharto, “Analisis Sentimen Pengguna Twitter di Indonesia Terhadap ChatGPT Menggunakan Algoritma C4.5 dan Naïve,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5, no. 1, pp. 115–122, 2023, doi: 10.55338/saintek.v4i3.1368.

A. A. Ningtyas, A. Solichin, and R. Pradana, “Analisis Sentimen Komentar Youtube Tentang Prediksi Resesi Ekonomi Tahun 2023 Menggunakan Algoritme Naïve Bayes,” Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur), vol. 20, no. 1, pp. 9-16, 2023.

M. Y. Pratama, U. A. Putri, P. A. D. Angraini, D. Puspita, and F. Kurniawan, “Analisis Sentimen Chat GPT sebagai Masa Depan Pekerja pada Media Sosial Youtube menggunakan Algoritma Klasifikasi Naive Bayes,” Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, vol. 14, no. 2, pp. 193-200, 2023, doi: 10.36448/jsit.v14i2.3391.

R. Asrianto and M. Herwinanda, “Analisis Sentimen Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Dimedia Sosial Youtube Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 3, no. 3, pp. 431–440, 2022, doi: 10.37859/coscitech.v3i3.4368.

C. A. Misrun, E. Haerani, M. Fikry, and E. Budianita, “Analisis Sentimen Komentar Youtube Terhadap Anies Baswedan Sebagai Bakal Calon Presiden 2024 Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 4, no. 1, pp. 207–215, 2023, doi: 10.37859/coscitech.v4i1.4790.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Azzaskia, A., & Syafrullah, M. (2024). IMPLEMENTASI ALGORITMA MULTINOMIAL NAIVE BAYES DALAM ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR YOUTUBE TERKAIT KEMAJUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 630–638. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1418

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>