Sistem Pintu Kendali Menggunakan Web Based Dan Sensor Fingerprint Untuk Presensi Berbasis Wemos D1 R2 Pada CV Bukti Nyata

Penulis

  • Muhammad Ainur Hisyam Universitas Budi Luhur
  • Mardi Hardjianto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Internet of Things, Wemos D1 R2, Teknologi, Sidik Jari, Pintu

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat ditandai dengan hadirnya Internet of Things (IoT). Dan adanya Internet of Things (IoT) bisa memberi efektifitas di dunia perkantoran. Saat ini masih banyaknya kantor untuk memasuki ruangan mengunakan pintu manual atau kunci untuk membuka pintu. Dan banyak terjadi kerusakan pada engsel pintu maupun keterbatasan akses pada pintu manual di bidang perkantoran. Sistem kendali pintu ini hadir memberikan kemudahan pada user untuk mengontrol maupun memberi perintah pada pintu dan memudahkan manajemen Presensi yang telah terintegrasi dengan website. Perancangan alat prototipe ini di implementasikan pada pintu dan sensor fingerprint yang memmbutuhkan mikrokontroler yaitu Wemos D1 R2. Terdapat lima tahapan penelitian yaitu perancangan blok diagram, flowchart, konfigurasi website untuk Internet of Things, pengkodean program dan implementasi. Implementasi dilakukan dengan menggunakan sidik jari untuk Presensi, dan aplikasi website untuk mengontrol pintu. Penelitian ini di implementasikan pada website untuk melakukan monitoring presensi dan mengontrol pintu pada CV. Bukti Nyata. Hasil implementasi dengan menggunakan tombol button on dan off di website menunjukkan bahwa kunci pintu kantor berhasil terbuka sesuai dengan masukan yang diterima. Dan sensor fingerprint untuk monitoring presensi user pada dunia perkantoran. Pengujian pada prototipe ini terjadinya perintah yang dikirimkan pengguna dengan pintu maupun sensor fingerprint dengan database terjadi selisih waktu (delay). Hasil dari prototipe sistem kendali pintu maka dapat diambil kesimpulan yaitu implementasi sensor dan alat kontrol dapat berjalan sesuai dengan fungsinya, namun mengalami delay yang diakibatkan oleh koneksi jaringan internet, kabel yang tidak stabil dan arus daya listrik.

Referensi

D. Aribowo, W. Dwi Nugroho, D. Sutarti, P. Teknik Elektro, and F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, “Penerapan Sensor Passive Infrared (PIR) Pada Pintu Otomatis Di Pt Lg Electronic Indonesia,” PENERAPAN Sens. Passiv. Infrared Pada Pintu Otomatis Di PT LG Electron. Indones., vol. 7, no. 1, 2020.

S. Ariyanti, S. S. Adi, and S. Purbawanto, “Sistem Buka Tutup Pintu Otomatis Berbasis Suara,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 83–91, Jul. 2018, doi: 10.21831/elinvo.v3i1.19076.

D. Setiawan, A. Pranata, P. Sari Ramadhan, and S. Triguna Dharma, “Simulasi Alat Pintu Otomatis Kereta Api Menggunakan Sensor Ultrasonic Berbasis Microcontroller,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

R. Wahyuni, Y. Irawan, and Z. Pratama Noviardi, “Alat Pengaman Pintu Dengan Password Menggunakan Arduino Uno At Mega 328P Dan Selenoid Door Lock,” J. Inform. Manaj. dan Komput., vol. 12, no. 1, 2020.

S. Samsugi, Z. Mardiyansyah, and A. Nurkholis, “Sistem Pengontrol Irigasi Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno,” 2020.

M. Ikhwanusshofa, A. Nuramal, N. Iman Supardi, J. W. Supratman, K. Limun, and M. Bangkahulu, “Pemanfaatan Internet Of Things Untuk Monitoring Suhu Di BPPT-MEPPO,” Pemanfaat. Internet Things Untuk Monit. SUHU DI BPPT–MEPPO, vol. 4, p. 6, 2020.

T. Kusuma and M. T. Mulia, “Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 STMIK Atma Luhur Pangkalpinang,” 2018.

M. Adam, “Pemanfaat Mikrokontroller Atmega8 Sebagai Pengaman Pintu Menggunakan Metode Sidik Jari (Fingerprint),” vol. 1, no. 1, pp. 279–289, 2019, doi: 10.30596/snk.v1i1.3629.

N. D. Miranda, L. Novamizanti, and S. Rizal, “Convolutional Neural Network Pada Klasifikasi Sidik Jari Menggunakan Resnet-50,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 61–68, Dec. 2020, doi: 10.20884/1.jutif.2020.1.2.18.

S. Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Pada Toko Tanaman Hias Yopi Rahmat Tullah and A. Hendra Setyawan, “Dosen STMIK Bina Sarana Global, 3 Mahasiswa STMIK Bina Sarana Global,” 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Hisyam, M. A., & Hardjianto, M. (2022). Sistem Pintu Kendali Menggunakan Web Based Dan Sensor Fingerprint Untuk Presensi Berbasis Wemos D1 R2 Pada CV Bukti Nyata. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 905–913. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/143

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>