IMPLEMENTASI E - CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UPAYA MEMPERTAHANKAN PELAYANAN DI SMA YADIKA 6 TANGERANG SELATAN

Penulis

  • Nurul Yumna Nisrina Sma Yadika 6
  • Bruri Satya Sartana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Informasi, e-CRM, Wali Murid, SMA

Abstrak

Kualitas dan kepuasan merupakan elemen penting dalam setiap layanan, termasuk layanan pendidikan. Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM), yang berfungsi sebagai strategi utama untuk memperkuat dan membangun hubungan dengan pelanggan. Dalam pendidikan, penerapan CRM terlihat pada upaya sekolah untuk meningkatkan komunikasi dengan orang tua siswa. SMA Yadika 6 Tangerang Selatan menghadapi beberapa masalah, seperti kesulitan orang tua dalam mendapatkan informasi terkini mengenai absensi dan perkembangan akademik anak mereka. Hal ini diperburuk oleh kurangnya komunikasi dan akses informasi yang relevan, dengan hasil evaluasi belajar hanya tersedia saat rapor dibagikan. Selain itu, sekolah belum memiliki fasilitas yang memungkinkan orang tua untuk memberikan umpan balik, saran, atau keluhan tentang layanan. Penelitian ini mengusulkan pengembangan sistem e-CRM berbasis web yang fokus pada tahap retensi, yang bertujuan untuk memperbaiki komunikasi dan meningkatkan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem menggunakan diagram use case, Activity Diagram, dan Class Diagram, serta pengembangan prototype e-CRM yang diujicobakan di SMA Yadika 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini berhasil meningkatkan akses informasi bagi orang tua hingga 85%, serta memperkuat hubungan antara sekolah dan orang tua. Luaran dari penelitian ini adalah model e-CRM dan prototype yang dapat digunakan oleh sekolah untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

Referensi

I. C. Nelga, R. Rina, and H. Jamin, “Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah,” At-Ta’dib J. Ilm. Prodi Pendidik. Agama Islam, vol. 14, no. 2, pp. 129–141, 2022.

A. Afan Zaini, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen ‘Warung Bek Mu 2’ Banjaranyar Paciran Lamongan),” Pemasar. Jasa, vol. 1, no. 1, p. 15, 2022.

A. M. Ariska, N. Irawati, and A. Muhazir, “Penerapan Elektronik Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Penjualan Roti Berbasis Web,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 2, p. 1090, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.4002.

S. Aripin, Hendri Irawan, Wendi Usino, and Ita Novita, “Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang,” KRESNA J. Ris. dan Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 39–48, 2023, doi: 10.36080/kresna.v3i1.74.

S. Erniwati and Z. Zaeniah, “Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital SMAN 1 Sakra,” Explore, vol. 10, no. 1, p. 70, 2020, doi: 10.35200/explore.v10i1.365.

Okpatrioka, “Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan,” J. Pendidikan, Bhs. dan Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 86–100, 2023.

A. L. Kalua, R. Mantiri, C. Rumondor, and E. Mogogibung, “Sistem Informasi Pendaftaran Beasiswa dan Jadwal Legalisir Berbasis Website Responsif (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Sulawesi Utara),” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 58–74, 2024.

S. Imaniar and I. Hidayanti, “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Lembaga Pendidikan Madrasah Menggunakan Metode UML,” MDP Student Conf., vol. 2, no. 1, pp. 425–435, 2023, doi: 10.35957/mdp-sc.v2i1.4498.

E. R. Subhiyakto and Y. P. Astuti, “Aplikasi Pembelajaran Class Diagram Berbasis Web Untuk Pendidikan Rekayasa Perangkat Lunak,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, pp. 143–150, 2020, doi: 10.24176/simet.v11i1.3787.

A. Suryadi, N. M. Rosa, and E. Subandriyo, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Suku Dan Kebudayaan Berbasis Android,” Semin. Nas. Ris. dan Teknol. (SEMNAS RISTEK), vol. 4, no. 1, pp. 186–192, 2020, [Online]. Available: http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/2497

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Yumna Nisrina, N., & Sartana, B. S. (2024). IMPLEMENTASI E - CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UPAYA MEMPERTAHANKAN PELAYANAN DI SMA YADIKA 6 TANGERANG SELATAN. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1659–1667. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1509