RANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MEMPERTAHANKAN PELAYANAN CUSTOMER

Penulis

  • Silvia Rahmawati Informatin system
  • Agnes Aryasanti Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Mempertahankan Pelayanan, C-Sharp, Atelir Ceremai

Abstrak

Atelir Ceremai, sebagai salah satu penyelenggara acara yang bergerak dalam bidang kesenian, berada dalam posisi yang strategis untuk memanfaatkan potensi teknologi ini, serta memperluas jangkauan pemasaran. Saat ini masih menggunakan Link Google Form untuk penjualan tiket sehingga proses pemesanan tiket kurang efisien, customer harus mengisi formulir, setelah itu customer kesulitan karena tidak mendapatkan respons yang cepat, dan menunggu konfirmasi yang menyebabkan customer bingung apakah pemesanan tiket sudah di konfirmasi atau belum di konfirmasi.  Kendala yang dihadapi oleh Atelir Ceremai saat ini adalah tidak adanya media untuk notifikasi pengingat jadwal pertunjukan, sehingga pelanggan sering melewatkan acara pertunjukan, kurangnya media interaksi antara pelanggan dan Atelir Ceremai, sehingga komunikasi menjadi tidak efisien, tidak adanya media promosi pada Atelir Ceremai, sehingga pelanggan belum mengetahui promosi yang sedang berlangsung, dan tidak ada media kritik dan saran, sehingga Atelir Ceremai kesulitan melakukan evaluasi dan perbaikan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Customer Relationship Management (CRM) adalah alat yang sangat penting untuk membantu meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan mengelolanya untuk jangka panajng antara perusahaan dan pelanggan, dan juga untuk mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan dengan tujuan meningkatkan kepuasan pelanggan. Maka dibuatlah perancangan e-CRM ( Electronic Customer Relationship Management) ticketing online yang menjadi solusi relevan dan strategis bagi Atelir Ceremai.

Referensi

S. Ahmad, J. Simon, T. Jaffisa, and A. Publik, “Efektivitas Aplikasi Kai Access Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pemesanan Tiket Secara Online Di Pt. Kereta Api Indonesia Divre I Sumatera Utara,” J. Publik Reform, vol. 10, no. 2, pp. 72–82, 2023.

B. H. Dwi Cahya Lestari, “( Crm ) Perusahaan City Trans Utama Pada Loyalitas Pelanggan,” J. Masharif al-Syariah, vol. 9, no. 204, pp. 1026–1032, 2024.

Y. S. Eirlangga and A. E. Syaputra, “Implementasi E-CRM Untuk Pemesanan Tiket Travel pada PT . Nice Trans Group,” J. Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 4–7, 2023, doi: 10.37034/jsisfotek.v5i1.219.

wahyudi, “Pengembangan Aplikasi Sistem E-Ticketing Konser Musik Dengan Seating Number Pada Website Motikdong.com,” J. AKRAB JUARA, vol. 5, pp. 180–187, 2020.

O. Septian, “Analisa perancangan sistem informasi pemesanan tiket museum online di dki jakarta berbasis web,” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 10, no. 1, pp. 1–5, 2019.

L. M. Nurkholis, M. Maspaeni, and R. Adawiyah, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Tiket Dan Paket Wisata Dengan Menerapkan Metode Electronic Customer Relationship Management (E-Crm),” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 6, no. 2, pp. 350–358, 2024, doi: 10.51401/jinteks.v6i2.4203.

S. Rishayatin, D. Indrihadi, and E. R. Saputra, “Pengaruh penggunaan media fishbone diagram terhadap keterampilan menulis teks eksposisi hortatori peserta didik kelas IV SDN 1 Cigembor,” COLLASE (Creative Learn. Students Elem. Educ., vol. 7, no. 2, pp. 352–358, 2024, doi: 10.22460/collase.v7i2.19316.

R. Hendri and E. I. Anna, “Sistem Informasi Pengenalan Desa Sumber Agung Lampung Utara Berbasis Web,” J. alih Teknol. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, 2024.

E. Bayu Pratama, A. Hendin, and A. Fristian, “Pendekatan Metode Prototype Pada Aplikasi Presensi Berbasis Mobile (Studi Kasus: Kantor Desa Mekar Jaya),” J. Sist. Inf. Akunt., vol. 4, no. 1, pp. 33–39, 2023, doi: 10.31294/justian.v4i1.1864.

L. H. Maulana, N. L. Azizah, and A. Eviyanti, “Perancangan Sistem Informasi Medical Check Up Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter 4 Menggunakan Metode Waterfall,” J. Tekinkom (Teknik Inf. dan Komputer), vol. 6, no. 1, pp. 97–108, 2023, doi: 10.37600/tekinkom.v6i1.760.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Rahmawati, S., & Aryasanti, A. (2024). RANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MEMPERTAHANKAN PELAYANAN CUSTOMER . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1677–1685. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1510