IMPLEMENTASI SISTEM PENGAMANAN RECORD DATABASE MENGGUNAKAN ALGORITMA AES-256 BERBASIS WEBSITE PADA PT. JEJARING TIGA ARTHA

Penulis

  • Rizky Febdriasyah Lexsi Universitas Budi Luhur
  • Dewi Kusumaningsih Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

keamanan data, Database cryptography, Algoritma Kriptografi

Abstrak

Jejaring Tiga Artha adalah perusahaan swasta yang didirikan pada tahun 2017 dan berada di Jakarta Selatan, bergerak di bidang healthcare management berbasis teknologi untuk rumah sakit. Sebagai penyedia layanan manajemen berbasis web untuk rumah sakit, keamanan data merupakan tantangan utama, terutama untuk data sensitif seperti informasi medis pasien. Ancaman terhadap data bisa datang dari berbagai arah, termasuk akses tidak sah, peretasan, dan kebocoran data. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pengamanan data record database berbasis website menggunakan algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 256 dalam membantu PT. Jejaring Tiga Artha mengamankan data. Sistem dirancang menggunakan PHP dan MySQL. Metode AES-256 digunakan untuk enkripsi dan dekripsi data sensitif. AES adalah algoritma enkripsi yang sangat aman dan banyak digunakan. AES-256 mengenkripsi data menggunakan kunci 256-bit, membuatnya sangat sulit ditembus. Proses enkripsi mengubah data asli menjadi format yang tidak dapat dibaca tanpa kunci dekripsi yang sesuai, sehingga hanya pihak berwenang yang dapat mengakses data tersebut. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan berfungsi dengan baik dalam mengenkripsi dan mendekripsi data pada record database. Pengujian dengan data sensitif menunjukkan bahwa data berhasil dienkripsi dengan aman dan hanya dapat didekripsi oleh pengguna dengan kunci yang benar. Sistem ini tidak hanya memastikan bahwa data tetap aman dari akses tidak sah, tetapi juga mudah digunakan oleh pengguna dalam lingkungan web. Implementasi AES-256 berhasil meningkatkan tingkat keamanan data, memberikan perlindungan yang diperlukan untuk informasi medis yang sensitif, dan mendukung operasional PT. Jejaring Tiga Artha dalam menyediakan layanan manajemen kesehatan yang aman dan terpercaya.

Referensi

D. Ramalinda and A. R. Raharja, “Strategi Perlindungan Data Menggunakan Sistem Kriptografi Dalam Keamanan Informasi,” Journal of International Multidisciplinary Research, vol. 2, no. 6, pp. 665–671, 2024

S. Sofia, E. Tri Ardianto, and N. Muna, “Analisis Aspek Keamanan Informasi Pasien Pada Penerapan RME di Fasilitas Kesehatan,” Jurnal Rekam Medik & Manajemen Informasi Kesehatan, vol. 1, no. 2, pp. 2829–4777, 2022.

F. Shofyan and R. Tahara Shita, “Implementasi Web Service Restful API dengan Autentikasi Personal Access Tokens dan Algoritma AES 256,” Jurnal TICOM: Technology of Information and Communication, vol. 12, no. 3, 2024.

Y. Putra, Y. Yuhandri, and S. Sumijan, “Meningkatkan Keamanan Web Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) terhadap Seragan Cross Site Scripting,” Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, vol. 3, no. 2, pp. 56–63, 2021.

N. Cristy and F. Riandari, “Implementasi Metode Advanced Encryption Standard (AES 128 Bit) Untuk Mengamankan Data Keuangan,” JIKOMSI: Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 4, no. 2, p. 75-85, 2021.

U. Wahyuningsih et al., “Analisis Proses Enkripsi Algoritma Kriptografi Modern Advanced Encryption Standard (AES),” Jurnal Multidisiplin, vol. 1, no. 2, pp. 380–387, 2023.

M. B. Aryanto, M. Tahir, S. I. Devita, Z. N. Mustofa, Q. Ainiyah, and S. Sundoro, “Implementasi Enkrip Dan Dekrip File Menggunakan Metode Advance Encryption Standard (AES-128),” JUISIK, vol. 3, no. 1, 2023, [Online]. Available: http://journal.sinov.id/index.php/juisik/indexHalamanUTAMAJurnal:https://journal.sinov.id/index.php

N. Amalya, S. M. S. Silalahi, D. F. Nasution, M. Sari, and I. Gunawaan, “Kriptografi dan Penerapannya Dalam Sistem Keamanan Data,” Jurnal Media Informatika , vol. 4, no. 2, pp. 90–93, 2023.

R. Febrianto and S. Waluyo, “Implementasi Algoritme Kriptografi Advanced Encryption Standard (Aes-256) Untuk Mengamankan Database Penilaian Karyawan Pada Kjpp Ndr,” BIT(Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur), vol. 20, no. 1, pp. 44–49, 2023.

K. Gusnanda, N. Ulfadillah, and T. Sumarni, “Struktur Basis Data Di Era Digital (Implementasi Pengamanan Basis Data Di Era Global ),” Jurnal Multidisiplin Saintek, vol. 3, no. 7, pp. 100–111, 2024.

Mhd. Fachrul Fachrozi and H. Fahmi, “Penerapan Metode AES-128 Untuk Pengamanan Data Absensi FingerPrint,” JIKOMSI [Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi] , vol. 3, no. 3, pp. 1–8, 2021.

D. A. Sudarmadi and A. J. S. Runturambi, “Strategi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Dalam Menghadapi Ancaman Siber di Indonesia,” Article 7 Ketahanan Nasional, vol. 2, no. 2, 2019.

N. W. Hidayatulloh, M. Tahir, H. Amalia, N. A. Basyar, A. F. Prianggara, and M. Yasin, “Mengenal Advance Encrytion Standard (AES) Sebagai Algoritma Kriptografi Dalam Mengamankan Data,” Digital Transformation Technology (Digitech) | e, vol. 3, no. 1, 2023.

Y. Luruk Ulu, Y. R. Kaesmetan, and I. Artikel Abstrak, “Perbandingan Metodedata Encryption Standard (DES) Dan Advanced Encryption Standard (AES) Pada Keamanan Jaringan Komputer Di SMK Willibrodus Betun,” KETIK: Jurnal Informatika, vol. 1, no. 5, pp. 26-32, 2024.

U. Uminingsih, M. N. Ichsanudin, M. Yusuf, , and Suraya, “Pengujian Fungsional Perangkat Lunak Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Metode Black Box Testing Bagi Pemula Info Artikel Abstrak,” STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Febdriasyah Lexsi, R., & Kusumaningsih, D. (2024). IMPLEMENTASI SISTEM PENGAMANAN RECORD DATABASE MENGGUNAKAN ALGORITMA AES-256 BERBASIS WEBSITE PADA PT. JEJARING TIGA ARTHA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 208–215. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1518

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>