IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA VAPESTORE INDOVAPING

Penulis

  • Malik Fajar Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Sistem Informasi, E-CRM, retain, VapeStore

Abstrak

Toko Indovaping Saat ini, kebutuhan akan informasi yang tepat menjadi krusial karena belum adanya layanan online dan sistem pencatatan keluhan melalui website. Untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan berkomunikasi dengan pelanggan, diperlukan pengembangan website interaktif. Toko Indovaping saat ini masih mengandalkan komunikasi konvensional seperti penyebaran brosur dan penjualan produk di sekitar toko saja, yang mengakibatkan jangkauan pasar yang terbatas. Selain itu, pencatatan manual yang dilakukan mengakibatkan proses pencarian data yang lambat dan rentan terhadap kehilangan data. Indovaping mengalami penurunan jumlah pelanggan karena kurangnya komunikasi aktif dengan pelanggan, namun memiliki komitmen untuk menjaga hubungan baik dengan mereka. Masalah ini menunjukkan perlunya sarana yang tepat untuk menyampaikan informasi dan menangani keluhan pelanggan, yang selama ini menghambat evaluasi kinerja dan pemantauan tingkat kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan pengimplementasian konsep Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan kualitas pelayanan, serta memfasilitasi pemantauan aktivitas dan kebutuhan pelanggan. Solusi yang diusulkan adalah pembuatan website Indovaping yang akan membantu memudahkan manajemen stok informasi dan digitalisasi pengelolaan keluhan pelanggan, menjawab tantangan opserasional yang dihadapi saat ini.

Referensi

. A. Alamratu and N. Hadinata, “Implementasi Customer Relationship Management ( Crm ) Berbasis Web Responsive Pada Pandawa Vape Store,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., vol. Vol 1 No 3, no. Vol 1 No 3 (2019): Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS), pp. 801–805, 2020.

R. Oktarina, “Implementasi Teknologi Sistem Customer Relationship Management (CRM) Guna Meningkatkan Pelayanan Penjualan,” J. Teknol. Terkini, vol. 2, no. 5, pp. 1–13, 2022.

E. Alfonsius et al., “Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Berbasis Website (Studi Kasus Pada Bengkel Motorindo),” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 75–83, 2023.

R. Destriana, S. M. Husain, N. Handayani, and A. T. P. Siswanto, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.” Yogyakarta: Deepublish, 2021.

S. Luckyardi, H. Saputra, N. Safitri, A. Cahyaningrum, D. Septiani, and R. Hidayat, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Busana Muslim Berbasis Web,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 6, no. 2, pp. 156– 168, 2021, doi: 10.36549/ijis.v6i2.165.

Ariska, A.M., Irawati, N. and Muhazir, A. (2022) ‘Penerapan Elektronik Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Penjualan Roti Berbasis Web’, Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(2), p. 1090. doi:10.30865/mib.v6i2.4002.

Rusmawan, U. (2019) Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

M. Fungsi, I. Pada, and M. Kuliah, “http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp,” vol. 6, no. 1, pp. 80–91, 2019.

A. S. Faqih and A. D. Wahyudi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus : Matchmaker),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.

A. Jurnal, K. Brebes, and P. J. Tengah, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada Kedai Kopi He Kafei ),” vol. 1, no. 1, pp. 88–95, 2022

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Fajar, M., & Novita, I. (2024). IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA VAPESTORE INDOVAPING. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1808–1816. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1555

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>