Prototipe Konveyor Pemilah Ketinggian Berbasis PLC dan NODEMCU ESP8266 PT. United Can Company Kalideres

Penulis

  • Gusti Haryadi Universitas Budi Luhur
  • Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

konveveor, android, PLC, NodeMCU, PT. united can company kaliders

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi kini sudah sangat berkembang sehingga sangat membantu segala kegiatan manusia dalam berbagai macam aspek kehidupan salah satunya dalam bidang perindustrian. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi ini maka saat ini banyak hal yang dapat dilakukan melalui smart phone berbasis android. Penelitian ini membahas mengenai prototipe dari mesin konveyor pemilah benda berdasarkan ketinggian yang dioperasikan pada PT United Can Company Kalideres. Sebagai instansi yang bergerak pada bidang produksi kaleng makanan dan minuman, PT United Can masih belum menerapkan teknologi smart phone untuk melakukan pengoperasian pada mesin konveyor yang mereka gunakan yang dimana pada industri ini masih mengharuskan pemantauan alat secara manual atau mengoperasikan alat secara langsung ataupun melalui pemrograman pada komputer. Terkait dengan permasalahan tersebut, penelitian ini ditujukan untuk menambah kemudahan para karyawan atau operator dalam pengoperasian mesin konveyor tersebut sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien. Solusi yang diberikan dalam permasalahan ini yaitu dengan mengembangkan teknologi informasi dengan membuat sebuah prototipe dari mesin konveyor yang nantinya dapat tersambung pada aplikasi berbasis android menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai perantara koneksinya dan juga dalam pembuatan prototipe mesin konveyor ini menggunakan PLC Micro Logix 1400 yang nantinya akan menerima input-an dari prototipe mesin konveyor tersebut. Setelah dilakukannya penelitian ini, aplikasi yang telah dibuat nantinya dapat dihubungkan dengan mesin konveyor sehingga dapat mengoperasikan mesin konveyor melalui smart phone dan mempermudah perkerjaan para operator mesin konveyor pada PT United Can Company Kalideres membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.

Referensi

M. A. Najib, “Dampak Keberadaan Kawasan Industri Rembang (PIER) Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Pandean Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan,” University of Muhammadiyah Malang, Malang, 2017.

L. Hadi Adha, Z. Asyhadie, and R. Kusuma, “Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia,” Jurnal Kompilasi Hukum, vol. 5, no. 2, 2020, doi: 10.29303/jkh.v5i2.49.

D. Mahardika Prabowo, “Analisis Pengaruh Kecepatan Dan Massa Beban Pada Conveyor Belt Terhadap Kualitas Pengemasan Dan Kebutuhan Daya dan Arus Listrik Di Bagian Produksi PT. Indopintan Sukses Mandiri Semarang,” Repository Unimus, pp. 1–12, 2018, [Online]. Available: http://repository.unimus.ac.id

Supriyanto, “Analisis Sistem Kendali Konveyor Pneumatic Untuk Menghindari Tabrakan Pada Kemasan Di PT. Pacific Medan Industri,” Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sumatera Utara, 2017.

J. Sugara Kusuma Rendra Putra and Nata Herlambang Ipan, “Rancang Bangun Prototipe Pemisah Barang Berdasarkan Ukuran Berbasis PLC,” Repository Untag SBY, 2017.

D. Yuhendri, “Penggunaan PLC Sebagai Pengontrol Peralatan Building Automatis,” Journal of Electrical Technology, vol. 3, no. 3, 2018.

Y. Firmansyah, D. Purwaningtias, and L. Pratiwi, “Prototype Sistem Informasi Pengolahan Dana Bos (Sip Bos) Berbasis Web,” Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, vol. 11, no. 2, 2019.

P. Yoko, R. Adwiya, and W. Nugraha, “Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Aplikasi SIPINJAM Berbasis Website pada Credit Union Canaga Antutn,” Jurnal Ilmiah Merpati , vol. 7, 2019.

F. C. Ningrum, D. Suherman, S. Aryanti, H. A. Prasetya, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” vol. 4, no. 4, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika

W. Nur Cholifah and S. Melati Sagita, “Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap,” Jurnal String, vol. 3, no. 2, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Haryadi, G., & Sakti, D. V. S. Y. (2022). Prototipe Konveyor Pemilah Ketinggian Berbasis PLC dan NODEMCU ESP8266 PT. United Can Company Kalideres. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1011–1019. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/170

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>