Penerapan Technopreneurship Melalui Implementasi Aplikasi E-Commerce Pada Katering Hamidah Kitchen
Kata Kunci:
technopreneurship, e-commerce, content management system (cms)Abstrak
Seiring kemajuan zaman yang sudah serba digital saat ini semua aktivitas kegiatan menjual maupun membeli baik produk digital, fisik maupun jasa sudah dilakukan secara cepat dengan adanya sistem E-commerce. Hamidah Kitchen merupakan UMKM (unit mikro kecil dan menengah) yang bergerak dalam bidang jasa catering di kota tangerang. Kendala yang dihadapi oleh studi kasus penulis yaitu belum diterapkannya jasa E-commerce sebagai alat bisnis, dan juga dari segi promosi yang dilakukan masih cara konvensional yaitu word of mouth sehingga jangkauan pasar hanya di dekat dari unit UMKM. Dengan ini penulis menawarkan solusi berupa dibuatkannya aplikasi e-commerce berbasis website untuk memaksimalkan penjualan yang dilakukan pada katering Hamidah Kitchen.Sebelum menerapkan penerapan e-commerce peneliti melakukan perencanaan dengan menggunakan metode Business model canvas (BMC) dalam penyusunan strategi komponen – komponen yang saling terlibat didalamnya. Kemudian, menggambarkan berupa sistem usulan menggunakan metode Unified Modelling Language (UML) sebagai sarana perancangan permodelan secara visual. Langkah terakhir yang dilakukan penulis berupa menerapkan Interaction Modelling Language (IFML) sebagai sarana pendukung dalam interaksi user dalam menggunakan aplikasi berbasis e-commerce yang akan dibuat. Dengan ini, diharapkan hasil yang dilakukan penulis pada katering Hamidah Kitchen meningkat.
Referensi
W, Dinal., W, S, Degal., M, Nishom., Sistem Informalsi Pemesalnaln Kaltering Berbalsis Website Studi Kalsus Kalbupalten Tegals (Level Alkses : Aldmin daln Super Aldmin), D IV Teknik Informaltikal Politeknik Halralpaln Bersalmal, 2017.
R. Idalm, T. Galndung, Implementalsi CMS Wordpress Paldal E-Commerce Untuk Pelalyalnaln Kaltering CV. Allalm Jalyal, Jurnall IDEAlLIS vol.3 no.1, 2020
S, D, Rizky. Peralncalngaln Jalsal Caltering Dengaln Memalnfalaltkaln Sistem Informalsi Bebalsis Website (Studi Kalsus: Kebalyoraln Lalmal, Jalkalrtal Selaltaln). JUSIBI-(Jurnall Sistem Informalsi Daln E-Bisnis) vol.2 no.4, 2020, 2655-7541. [Online] alvalilalble: https://jurnall.ikhalfi.or.id/index.php/jusibi/alrticle/viewFile/233/130
Yuni Sugialrti, S.T, M.K. Dalsalr – Dalsalr Pemogralmaln Jalval Netbealns Daltalbalse, UML Daln Interfalce. PT. Remaljal Rosdalkalryal. 2018
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 2017
Kotler, P daln Almstrong. Prinsip – Prinsip Malrketing Edisi Ke Tujuh. Sallembal Empalt. Jalkalrtal. 2018
J, S, Walhyu. Straltegi Peneralpaln Malrketing Mix (4P) Paldal Pemalsalraln Produk Uwitaln Wooden Cralft. Universitals Islalm Indonesial.2019 .[Online] alvalilalble : https://dspalce.uii.alc.id/bitstrealm/halndle/123456789/17181/16211110.pdf?sequence=12&isAlllowed=y
Halyalty, M., & Meylalsalri, D. Implementalsi Website Berbalsis Sealrch Engine Optimizaltion (SEO) Sebalgali Medial Promosi. Jurnall Informaltikal, 5(2), 295-300, 2018.
Al. Valndy Pralmujalyal, Dwi Algustinal Kurnialwalti. Alnallisis Penyebalb Kegalgallaln Palcker Malchine Paldal Balg Tralnsfer System Dengaln Menggunalkaln Metode Falult Tree Alnallysis (FTAl), Falilure Mode Alnd Effect Alnallysis (FMEAl), daln Fishbone Alnallysis. 125-132, 2019.
Malrtialnal, N.Al., & Faljalrital, L. Peralncalngaln Website E-Commerce Berbalsis Wordpress Paldal Sempurnal Jalyal Allumunium Product. IDEAlLIS, 2(5), 298-305.