Implementasi Metode Forward Chaining Berbasis Web Untuk Mendiagnosa Kerusakan Chasis Pada Kendaraan Toyota Di Auto2000 Permata Hijau

Penulis

  • Mahyudin Mahyudin Universitas Budi Luhur
  • Painem Painem Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

sistem pakar, chasis, Auto2000, forward chaining, depth firs search

Abstrak

Service advisor membutuhkan peran seorang foreman saat melakukan diagnosa kerusakan awal untuk mengidentifikasi keluhan pelanggan mengenai kerusakan mobil yang dialaminya. Namun keterbatasan foreman dan waktu yang dibutuhkan saat diagnosa membuat waktu tunggu penerimaan service menjadi lebih lama untuk dapat memutuskan kemungkinan bagian mana dan suku cadang mana yang rusak sesuai dengan keluhan yang dialami pelanggan. Sesuai dari data yang didapatkan mengenai kendaraan yang service di setiap harinya, pekerjaan mengenai keluhan dan kerusakan pada chasis menjadi hal yang paling dominan pada Auto2000 Permata Hijau, maka sistem pakar dalam mendiagnosa kerusakan awal pada kendaraan Toyota khususnya di bagian chasis sangat diperlukan adalah hal ini. Sistem pakar mendiagnosa kerusakan chasis kendaraan Toyota ini dibangun untuk mempermudah tugas seorang foreman dan membantu service advisor dalam melakukan kerusakan awal, memberikan informasi mengenai kerusakan kendaraan sesuai keluhan pelanggan. Selain itu pelanggan juga mengetahui keluhan yang dia alami menunjukan kerusakan pada part-part pada chasis, Sistem pakar ini  menggunakan metode Forward chaining (FC) dimana alur dari pencarian keputusan atau goals dengan cara kedepan yang dimulai dengan mengetahui informasi atau fakta kemudian penggabungan rules sampai ditemukannya suatu keputusan atau goals. Kemudian teknik pencarian itu sendiri  menggunakan metode DFS (depth  first search) dimana pencarian dimulai dari yang kiri ke dalam kemudian dilanjutkan pencarian kekanan, membuat pencarian sangat cepat dan memory yang dibutuhkan tidak banyak. Web sistem pakar ini sangat membantu dalam mengetahui gejala - gejala awal kerusakan chasis pada kendaraan Toyota dan sangat membantu khususnya cabang Auto2000 Permata Hijau dalam memberikan pelayanan terbaik untuk kepuasan pelanggan.

Referensi

Penyakit, D., Karet, T., Rofiqoh, S., Kurniadi, D., & Riansyah, A. (2020). sistem pakar menggunakan metode forward Chaining. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 1(1). Https://doi.org/10.30659/safrj.1.1.54-60

Putri Kurnia Handayani. (2018). sistem pakar mendeteksi kerusakan keyboard menggunakan metode forward chaining. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 2(1).

Prawiro Prog Studi Ilmu Komputer Fakultas MIPA Universitas Lambung Mangkurat Jl Yani Km, Y. A., & selatan, K. (2017). penerapan metode forward chaining dalam sistem pakar diagnosa penyakit infeksi. Seminar Nasional Ilmu Komputer (soliter), 1.

Penyakit, D., Karet, T., Rofiqoh, S., Kurniadi, D., & Riansyah, A. (2020). Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 1(1). Https://doi.org/10.30659/safrj.1.1.54-60

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Mahyudin, M., & Painem, P. (2022). Implementasi Metode Forward Chaining Berbasis Web Untuk Mendiagnosa Kerusakan Chasis Pada Kendaraan Toyota Di Auto2000 Permata Hijau. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 716–723. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/425

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2