IMPLEMENTASI FREQUENT-PATTERN GROWTH UNTUK MENGANALISIS KERANJANG PASAR BERBASIS WEB PADA PT PANCA PILAR TANGGUH

Penulis

  • Mhd. Andar Raihan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Windarto Windarto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Gunawan Pria Utama Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Wahyu Pramusinto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Sistem Penjualan Online, Frequent Pattern-Growth, Market Basket Analysis, PT. Panca Pilar Tangguh

Abstrak

Kemajuan teknologi pada era industri 4.0 ini berkembang dengan sangat signifikan, ditambah dengan banyaknya perusahaan-perusahaan baru yang muncul belakangan ini membuat beberapa perusahaan yang belum menerapkan pemanfaatan sistem e-commerce atau sistem penjualan online menjadi sedikit menurun dalam sistem penjualannya. Dalam beberapa bulan terakhir, penjualan pada PT. Panca Pilar Tangguh mengalami penurunan yang cukup signifikan, karena pada data penjualan ditemukan bahwa beberapa bulan terakhir ini terlihat penjualan lebih menurun. Beberapa strategi sudah dilakukan oleh PT. Panca Pilar Tangguh, seperti observasi pada beberapa toko pelanggan yang telah membeli produk dan kemudian melihat produk apa saja yang konsumen butuhkan. Maka dari itu, dibuatlah sistem aplikasi dengan teknik data mining untuk melihat pola pembelian konsumen dalam menentukan strategi penjualan selanjutnya. Pada kasus ini, metode yang akan digunakan adalah analisis keranjang pasar (market basket analysis) dengan menggunakan algoritme frequent-pattern growth. Karena proses yang digunakan dalam algoritme fp-growth lebih cepat dan efisian dibandingkan dengan algoritme apriori. Pada proses pengujian 537 data dengan 114 total transaksi didapatkan 6 rule dengan nilai minimum support 25% dan nilai minimum confidence 75% dengan nilai lift ratio diatas 1

Referensi

Qisman, M., Rosadi, R., & Abdullah, A. S. (2021). Market basket analysis using apriori algorithm to find consumer patterns in buying goods through transaction data (case study of Mizan computer retail stores). Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012020

Nurmayanti, W. P., Sastriana, H. M., Rahim, A., Gazali, M., Hirzi, R. H., Ramdani, Z., & Malthuf, M. (2021). Market Basket Analysis with Apriori Algorithm and Frequent Pattern Growth (Fp-Growth) on Outdoor Product Sales Data. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(1), 132–139. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i1.45

Mariko M. (2021), “Perbandingan Algoritma Apriori Dan Algoritma Fp-Growth Untuk Rekomendasi Item Paket Pada Konten Promosi” EXPLORE–Volume 11 No 2 Tahun 2021.

Anggraeni, R. M. (2021), “Perbandingan Algoritma Apriori dan Algoritma Fp-Growth untuk Perekomendasi Pada Transaksi Peminjaman Buku di Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro” EXPLORE-Volume 11 No 2 Tahun 2021

Rachman, R. and Hunaifi, N. (2020) ‘Penerapan Metode Algoritma Apriori dan FP-Tree Pada Penentuan Pola Pembelian Obat’, 22(2). Available at: https://doi.org/10.31294/p.v21i2.

Wahdi, Y.W. (2018) ‘Implementasi Data Mining Untuk Analisa Tingkat Pelanggaran Lalu Lintas Dengan Algoritma Association Rule’, (1). Available at: http://joernal.umsb.ac.id/index.php/RANGTEKNIKJOURNAL.

Sistem Informasi Dan Manajemen Informatika, J. et al. (2019) Jurnal J-Click Algoritma Apriori Dan Fp- Growth Untuk Analisa Perbandingan Data Penjualan Leptop Berdasarkan Merk Yang Diminati Konsumen (Studi Kasus : Indocomputer Payakumbuh).

Nugroho Susanto Putro, A. et al. (2019) Implementasi Algoritma FP-Growth untuk Strategi Pemasaran Ritel Hidroponik (Studi Kasus : PT. HAB).

Erasmus Simanjuntak, H. (2020) ‘Jurnal Media Informatika Budidarma Analisa Data Mining Menggunakan Frequent Pattern Growth pada Data Transaksi Penjualan PT Mora Telematika Indonesia untuk Rekomendasi Strategi Pemasaran Produk Internet’. Available at: https://doi.org/10.30865/mib.v4i4.2300.

Achmad, F., Nurdiawan, O. and Wijaya, Y.A. (2023) analisa pola transaksi pembelian konsumen pada toko ritel kesehatan menggunakan algoritma fp-growth, Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika. Available at: www.researchgate.net.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Raihan, M. A., Windarto, W., Utama, G. . P., & Pramusinto, W. (2023). IMPLEMENTASI FREQUENT-PATTERN GROWTH UNTUK MENGANALISIS KERANJANG PASAR BERBASIS WEB PADA PT PANCA PILAR TANGGUH. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 191–200. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/544

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2