PERANCANGAN E-COMMERCE PADA TOKO LUTTAN STORE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS)

Penulis

  • Irman Saputra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Gandung Triyono Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Yudi Santoso Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Safitri Juanita Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

E-Commerce, Search Engine Optimization (SEO), Business Model Canvas (BMC), Content Management System (CMS), Toko Luttan Store

Abstrak

- Luttanstore merupakan toko yang menjual pakaian wanita. Pada toko Luttanstore, masih banyak proses bisnis yang belum terdokumentasi dan pengolahan data masih menggunakan cara manual. Pada proses penjualan, Luttanstore hanya memanfaatkan media sosial seperti instagram dan whatsapp diantaranya pelanggan masih harus menghubungi penjual untuk mengetahui perkembangan stok, pelanggan kesulitan untuk mencari produk yang ingin dibeli, dan admin atau pemilik kesulitan untuk pembuatan laporan yang berkaitan dengan bisnis karena semua masih belum terkomputerisasi atau masih dilakukan dengan cara manual. Dari permasalahan yang ada penelitian ini bermaksud untuk model sistem penjualan berbasis web atau ­e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model e-commerce yang dapat mengatasi masalah yang ada. Model dikembangkan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMS). Model yang dikembangkan telah dilakukan proses optimasi dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO). Selain itu model yang dikembangkan telah dilakukan proses pengujian. Pengujian yang dilakukan dengan cara meminta pendapat kepada user, dari hasil pengujian yang dilakukan mendapatkan jawaban yang baik atas model yang dikembangkan. Adapun produk akhir dari penelitian ini adalah sebuah prototype e-commerce.

Referensi

Ramdhan, “Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Felix.Id,” J. ICT Inf. Commun. Technol., vol. 1, no. 1, p. 4, 2021.

Dian Oktaviani Hermando and A. Ariesta, “Analisa dan Rancangan E-Commerce Untuk Diversifikasi Usaha Pada PT Dwiwarna Inti Sejahtera,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 2–7, 2019.

R. Dwi Purwanto and B. Cahya Putra, “Menggunakan Content Management System Wordpress Untuk Mengembangkan Website Penjualan Berbasis E-Commerce Pada Toko Anakku,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 5, pp. 2–7, 2019.

A. Ujianti and G. Triyono, “Penerepan Website E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Untuk Pelayanan Penjualan Pada Msfashioners,” J. IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 6–7, 2020.

M. A. Syarifuddin, “Analisis Penyebab Utama Kerusakan Belt Conveyor Pada BC 6 System Menggunakan Metode Fishbone Diagram,” Pros. SEMNASTERA (Seminar Nas. Teknol. dan Ris. Ter., vol. 1, no. September, pp. 0–5, 2019.

S. A. Saputra and H. Hasugian, “Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Pada Toko Una Baby,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 214–219, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2052.

R. F. Ahmad and N. Hasti, “Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web,” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 1, no. 3, p. 3, 2018, [Online]. Available: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jati/article/view/911

W. N. Wk and A. Riyanto, “Analisis dan Penerapan Search Engine Optimization Pada Website Menggunakan Metode White Hat Seo (Studi Kasus di PT Suryaputra Adipradana),” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 2–6, 2018.

R. A. Malik, D. Anubhakti, and B. C. Putra, “Analisa dan Desain Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan Business Model Canvas (BMC) Pada Irfana Batik Tenun,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2022, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index

A. T. Arsanto, “Perancangan Content Management System (CMS) Pada Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Yudharta Pasuruan Dengan Framework CakePHP,” J. responsive Tek. Inform., vol. 5, no. issn, pp. 2614–7602, 2021, doi: 10.36352/jr.v5i02.273.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Saputra, I., Triyono, G., Santoso, Y., & Juanita, S. (2023). PERANCANGAN E-COMMERCE PADA TOKO LUTTAN STORE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS). Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 754–762. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/618