Penerapan E-Commerce Berbasis E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Sebuah Kafe

Penulis

  • Muhammad Ihsan Tritama Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, fishbone, search engine optimization, business model canvas, strategi pemasaran 4p

Abstrak

Kedai kopi atau kafe yang biasa dikenal oleh masyarakat adalah jenis restoran yang pada umumnya menyajikan minuman olahan kopi. Dikenal sebagai ruang lingkungan sosial kasual dimana masyarakat dapat bertukar cerita, bertukar ide, atau hanya sekedar bercengkrama, dan masih banyak kegiatan lainnya. Pada sebuah kafe yang terletak di daerah Jakarta Selatan, sebuah kafe yang menjual produk minuman berbahan dasar kopi dan buah. Saat ini, proses pendataan masih dilakukan secara manual, yang ditulis langsung. Proses pemesanan harus datang langsung atau menggunakan WhatsApp. Promosi yang dilakukan terasa belum efektif, hanya dilakukan melalui FaceBook dan Instagram. Dan tidak mencantumkan katalog produk, yang menyulitkan pelanggan. Dengan menggunakan website dan internet, yang saling terkoneksi untuk mempermudah setiap individu penggunanya, apabila digabungkanya sebuah kafe dengan sebuah website, maka akan menjadikan proses bisnis toko tersebut menjadi lebih mudah dan dapat menimbulkan rasa kepercayaan serta kepuasan pelanggan dan calon pelanggan baru, maka diperlukan alternatif guna membantu manajemen dan pemasaran toko untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dengan merancang sistem E-commerce. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan-pendekatan untuk membantu dalam penelitian ini. Pendekatan Fishbone untuk menganalisa masalah pada sistem bisnis yang sedang berjalan, Bussines Model Canvas untuk menganalisis serta memetakan analisa model bisnis, Strategi Pemasaran 4P sebagai metode untuk memfokuskan pemasaran guna meningkatkan angka penjualan, dan Search Engine Optimization sebagai metode untuk mengoptimasikan pencarian pada search engine agar hasil yang keluar optimal. Hasil akhir dari penelitian ini berupa website e-commerce yang dapat meningkatkan penjualan produk pada toko sebuah kafe. Hasil dari penelitian ini berupa website e-commerce yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan pada sebuah kafe.

Referensi

R. Hermiati, A. Asnawati, and I. Kanedi, “Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql,” J. Media Infotama, vol. 17, no. 1, pp. 54–66, 2021, doi: 10.37676/jmi.v17i1.1317.

T. dwi Alperdo and G. Gata, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Business Model Canvas Dan Ifml Pada Distro Mr Bro,” J u r n a l I D E A L I S, vol. 2, no. 6, pp. 369–376, 2019.

T. Turbudi and A. U. Hamdani, “Penerapan Model E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Kerajinan Tangan,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 19–29, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2877.

E. R. Akbar and H. Irawan, “Analisis Dan Implementasi E-Commerce Menggunakan Cms Wordpress Pada Queenita Classic,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 107–116, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2768.

N. Heryana, “Penerapan Knowledge Management System Berbasis Content Management di SMKN 1 Pakisjaya Penerapan Knowledge-Nono Heryana,” no. April, 2018.

N. Indriany and R. Indriyani, “Analisis Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas pada UD. Mogajaya Surabaya,” Agora, vol. 5, no. 2, p. 165, 2017.

A. V. P. Putra and D. A. Kurniawati, “1 st Conference on Industrial Engineering and Halal Industries ( CIEHIS ) Packer Machine Pada Bag Transfer System Dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis ( FTA ), Failure Mode And Effect Analysis ( FMEA ), DAN Fishbone Analysis 1 st Conference on In,” pp. 125–132, 2019.

R. Klimek and P. Szwed, “Formal Analysis Of Use Case Diagrams,” Comput. Sci., vol. 11, no. January, pp. 115–131, 2010, doi: 10.7494/csci.2010.11.0.115.

M. A. Fariz and L. L. Hin, “Penerapan Bisnis Untuk Pelanggan Menggunakan Content Management System Wordpres Pada Toko Ni-Mar Collection …,” IDEALIS Indones. J. Inf. …, pp. 326–331, 2019, [Online]. Available: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1930%0Ahttps://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/download/1930/978

Firdaus and Ade Saputra, “Sistem Informasi Manajemen Pendistribusian Barang Bekas Pada UD. Yuli Mutiara Dengan Bahasa Pemograman PHP dan Database MySQL,” Maj. Ilm. UPI YPTK, vol. 25, no. 2, pp. 180–188, 2019, doi: 10.35134/jmi.v25i2.14.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Tritama, M. I., & Hamdani, A. U. (2022). Penerapan E-Commerce Berbasis E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Sebuah Kafe. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1344–1352. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/64

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>