Penerapan Metode Fuzzy Logic Sugeno Pada Prototpe Sistem Kendali Pengereman Dengan Menggunakan Arduino

Penulis

  • Muhammad Ibnu AthaIllah Universitas Budi Luhur
  • Rizky Pradana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Sistem Kendali Pengereman, FLC, pengereman, MATLAB

Abstrak

Penyebab kecelakaan lalu lintas sangat bervariasi, mulai dari jalanan yang rusak, kendaraan yang tidak baik kondisinya dan lalainya pengendara. Tingginya angka kecelakaan lalu lintas saat ini berkontribusi terhadap kemungkinan terjadinya (human error) yang menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan bagi pengemudi di dalam mobil. Keamanan sistem kendaraan sangat penting untuk keselamatan pengemudi. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada, manusia mampu menciptakan sistem keamanan pada kendaraan. Perancangan prototype dengan adanya Sistem Kendali Pengereman bertujuan agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sistem kontrol pengereman menggunakan logika fuzzy untuk menentukan seberapa besar gaya yang digunakan untuk menghentikan mobil. Fuzzy logic control (FLC) adalah sistem yang membantu mengontrol suatu perangkat atau sistem. Hal ini sering digunakan dalam studi dan sangat berguna dalam sistem pengendalian. Pada logika fuzzy juga kontrol dapat sesuai dengan keinginan pembuat sistem kontrol. Dengan menggunakan metode FLC untuk sistem kendali pengereman secara dalam bentuk prototype dengan dua masukan yaitu nilai kecepatan dan nilai jarak, adapun keluarannya yaitu tingkat pengereman. Pengujian ini dilakukan dengan simulasi Fuzzy Logic Toolbox yang tersedia pada MATLAB. Hasilnya prototype dapat mengendalikan pengereman dengan rata – rata kesalahan 3.45 % jika dibandingkan dengan simulasi MATLAB.

Referensi

E. W. Saragih, M. R. Lubis, A. Wanto, Solikhun and Jalaluddin, "Rancang Bangun Sistem Rem Otomatis pada Kendaraan Menggunakan Sensor Ultrasonik," Jurnal Penelitian Inovatif, vol. 1, no. 2, pp. 85-94, Desember 2021.

B. W. Nugraha, A. Wibowo and A. Surya, "Sistem Pengereman Berbasis Fuzzy Logic Pada Sepeda Motor Listrik (Braking System Using Fuzzy Logic on Electric Motorcycle)," e-Proceeding of Engineering, vol. 6, no. 3, pp. 10146-10154, 2019.

F. Jannah, Sudiyono and T. A. Setiawan, "Perancangan Dan Analisis Sistem Pengereman Hydraulic Pada Mobil Minimalis Roda Tiga," Conference on Design and Manufacture and Its Aplication, vol. 2, no. 94-104, p. 1, 2018.

M. Sugianto and H. Amri, "Sistem Keselamatan Sepeda Motor Untuk Menghindari Kecelakaan Berbasis Mikrokontroler," INOVTEK - Seri Elektro, vol. 1, no. 28, p. 1, 2019.

S. Alam and G. A. Maulana, "Rancang Bangun Sistem Pengereman Otomatis Menggunakan Arduino Uno Dan Sensor Ultrasonik," JTT (Jurnal Teknologi Terapan), vol. 1, no. 69, p. 6, 2020.

I. G. I. Perdana, H. Wibowo and A. Ridwan, "Pengukuran kecepatan kendaraan berbasis mikrokontroler guna menunjang keselamatan dalam berkendaran," Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya, vol. 4, no. 237-246, p. 6, 2021.

A. Tarwanto and V. Arinal, "Implementasi dan Monitoring Sistem Keamanan Kendaraan Berbasis IoT pada Bengkel Cahaya," Jurnal Sosial dan Teknologi ( SOSTECH), vol. 8, no. 887-892, p. 1, 2021.

A. Putra and D. Romahadi, "Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis Iot (Internet of Things) Dengan Smartphone Menggunakan Nodemcu," JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), vol. 1, no. 77-87, p. 9, 2021.

D. Prameswari and Yohanes, "Analisa Sistem Pengereman Pada Mobil Multiguna Pedesaan," Jurnal Teknik ITS, vol. 1, no. 67-73, p. 8, 2019.

A. I. Agung, W. Aribowo and A. C. Hermawan, "Analisis Penerapan Mikrokontroler Pada Pengereman Dinamik Motor Induksi Tiga Fasa," Jurnal Teknik Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 99-108, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

AthaIllah, M. I., & Pradana, R. (2022). Penerapan Metode Fuzzy Logic Sugeno Pada Prototpe Sistem Kendali Pengereman Dengan Menggunakan Arduino. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 759–767. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/67

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>