SISTEM PENERANGAN OTOMATIS BERBASIS PROTOTYPING PADA ZONAPHOTO MENGGUNAKAN SENSOR LDR DAN PIR BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Fernanda Mahardhika Universitas Budi Luhur
  • Titin Fatimah

Kata Kunci:

Internet of Things, Smart Home, LDR (Light Dependent Resistor), PIR (Passive Infrared Receiver), Prototyping

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi penghematan energi listrik dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) dalam konteks Smart Home, menggunakan sensor LDR (Light Dependent Resistor) dan sensor PIR (Passive Infrared Receiver). Efisiensi penggunaan energi listrik menjadi fokus penting dalam upaya pelestarian lingkungan dan pengurangan biaya energi. Dalam era konektivitas digital yang terus berkembang, teknologi IoT muncul sebagai solusi menarik untuk mengoptimalisasi konsumsi energi di rumah tangga. Dalam konsep Smart Home, perangkat elektronik terhubung ke internet dan berkomunikasi untuk mengelola dan memaksimalkan penggunaan energi. Sensor LDR dimanfaatkan untuk mendeteksi tingkat cahaya di sekitar rumah, mengatur pencahayaan secara otomatis. Misalnya, lampu dinyalakan pada kondisi cahaya rendah seperti malam hari, menghindari pemborosan energi saat cahaya alami sudah mencukupi. Sensor PIR digunakan untuk mendeteksi gerakan di sekitar rumah, mengaktifkan lampu hanya saat ada aktivitas, mengurangi pemborosan energi. Metode Prototyping digunakan dalam penelitian ini, dengan implementasi dan pengujian prototipe Smart Home di Zonaphoto, sebuah usaha fotografi dan videografi. Data penggunaan energi sebelum penerapan Smart Home adalah 1300 Kwh dengan biaya Rp 299.831. Namun, setelah penerapan Smart Home dengan sensor LDR dan PIR, penggunaan energi berhasil ditekan menjadi Rp 249.831. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi IoT melalui Smart Home dengan sensor LDR dan PIR efektif menghemat energi. Pengguna dapat mengendalikan perangkat secara nirkabel melalui perangkat mobile, memberikan kenyamanan dan fleksibilitas dalam mengatur penggunaan energi. Ini berkontribusi dalam mengoptimalkan konsumsi energi di rumah tangga. Dari analisis terhadap Prototype Smart Home di Zonaphoto, terlihat bahwa pengguna memiliki kemampuan untuk dengan mudah memantau dan mengendalikan perangkat seperti lampu melalui perangkat mobile secara nirkabel. Penggunaan prototype ini juga berdampak positif terhadap efisiensi energi dalam pengaturan pencahayaan rumah. Keseluruhan penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan teknologi IoT dalam upaya menghemat energi listrik di rumah tangga melalui konsep Smart Home.

Referensi

N. Nurwijayanti and B. Zakaria, “Pengendali Alat Listrik Jarak Jauh Guna Memonitor Energi Listrik Berbasis IoT Pada Cluster Smart Home,” JurnalTeknologi, vol. 7, no. 1, pp. 38–45, 2022, doi: 10.37817/ikraith-teknologi.v7i1.2318.

M. Fahmawaty, M. Royhan, and Mahmudin, “Perancangan Alat Penghitung Jumlah Pengunjung Di Perpustakaan Unis Tangerang Menggunakan Sensor Pir Berbasis IoT,” JIMTEK J. Ilm. Fak. Tek., vol. 1, no. 3, p. 253, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/download/1124/Mega/

Jamaludin et al., Transformasi Digital Dalam Dunia Bisnis. in -. Cendikia Mulia Mandiri, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=_Ht8EAAAQBAJ

R. Hasrul, H. Akhmad Adnan, A. Dwi Bhaswara, Atha Atsir Rafid, and M. Utomo, “Rancang Bangun Prototipe WC Pintar Berbasis Wemos D1R1 Yang Terhubung Pada Android,” J. Sain, Energi, Teknol. Ind., vol. 5, no. 2, pp. 51–59, 2021.

N. Nurhayati and B. Maisura, “Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Nyala Lampu dengan Menggunakan Sensor Cahaya Light Dependent Resistor,” J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 5, no. 2, p. 103, 2021, doi: 10.22373/crc.v5i2.9719.

A. B. Dermawan, E. Apriaskar, and Djuniadi, “Lampu Penerangan Jalan Otomatis Berdasarkan Intensitas Cahaya Dan Keberaradaan Kabut Atau Asap,” J. Pendidik. Tek. Elektro Undiksha, vol. 9, no. 1, pp. 56–63, 2020.

I. Y. Lonteng, Gunawan, and I. Rosita, “Rancangan Bangun Simulasi Alat Pendeteksi Jarak Aman Antar Kendaraan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino,” JEECOM, vol. 2, no. 2, pp. 22–26, 2020.

R. J. Gunadi, R. Tanome, and Y. R. Beeh, “Penerapan Firebase Cloud Storage Pada Aplikasi Mobile Android Untuk Melakukan Penyimpanan Image Lahan Pertanian,” J. Teknol. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 282–291, 2020.

Desmira, D. Aribowo, G. Priyogi, and S. Islam, “Aplikasi Sensor LDR (Light Dependent Resistor) Untuk Efisiensi Energi Pada Lampu Penerangan Jalan Umum,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 9, no. 1, pp. 21–29, 2022, doi: 10.30656/prosisko.v9i1.4465.

N. Rahayu and D. Fanny Hebrasianto Permadi, “Prototype Lampu Penerangan Persawahan Otomatis Menggunakan Solar Cell Dan Sensor Cahaya,” JIP (Jurnal Inform. Polinema), vol. 7, no. 1, pp. 53–60, 2020, doi: 10.33795/jip.v7i1.458.

U. Pratiwi, K. Wijaya, and F. Fajriyah, “Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Administrasi Pembayaran Karate Berbasis Website: Studi Kasus Lemkari Prabumulih,” J. Pengemb. Sist. Inf. dan Inform., vol. 2, no. 3, pp. 157–173, 2021, doi: 10.47747/jpsii.v2i3.563.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Mahardhika, F., & Fatimah, T. (2023). SISTEM PENERANGAN OTOMATIS BERBASIS PROTOTYPING PADA ZONAPHOTO MENGGUNAKAN SENSOR LDR DAN PIR BERBASIS ANDROID . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 2174–2182. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/850

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>