SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT THT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING PADA KLINIK TOMANG

Penulis

  • Argi Afnan Rifa Universitas Budi Luhur
  • Mufti Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Forward Chaining, Depth Firsrt Search, Sistem Pakar, Penyakit THT

Abstrak

Masalah kesehatan yang sering terjadi di masyarakat adalah gangguan pada Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT). Bagian-bagian tubuh ini memiliki fungsi penting seperti pendengaran, pernapasan, penciuman, serta jalur masuknya udara, makanan, dan minuman ke dalam tubuh. Jika salah satu dari bagian ini mengalami gangguan, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar tidak terdapat masalah yang menggangu kesehatan tubuh lainnya. Sayangnya, banyak masyarakat belum dan paham memahami cara untuk menangani gangguan THT, dan kurang dan rendahnya kebutuhan tenaga medis juga memperburuk kondisi para penderita. Menurut Dokter Fadil Rasad, seorang spesialis THT di Klinik Tomang, Jakarta Barat, banyak pasien di sana yang kesulitan mengenali gejala penyakit THT dan menentukan masalah kesehatan mereka. Oleh karena itu, dibangunlah sebuah sistem pakar dengan tujuan mengatasi permasalahan ini dan memberikan diagnosis tentang gejala dan penyakit THT. Penerapan sistem ini dengan proses lacak maju Forward Chaining dan melakukan algoritma penelusuran Depth First Search untuk menganalisis gejala yang tengah dialami oleh pasien. Hasil diagnosa penyakit THT ditampilkan dalam aplikasi ini, menjadi fasilitas yang membantu bagi dokter THT dalam proses mendiagnosis pasien. Pengujian dari hasil penelitian sistem diagnosa penyakit THT dapat diketahui dengan informasi hasil pemeriksaan dalam tampilan layar yang memudahkan pasien untuk mendapat informasi dari web sistem pakar dengan memahami risiko. Dengan demikian, risiko keterlambatan penanganan medis dalam diagnosa penyakit THT dapat dikurangi dan pencegahan penyakit THT.

Referensi

R. R. Zaenal Hakim, “Sistem Pakar Menentukan Karakteristik Anak Kebutuhan Khusus Siswa Di SLB Pandeglang Banten Dengan Metode Forward Chaining,” Jutis (Jurnal Teknik Informatika, Universitas Matha’ul Anwar Banten), vol. 7, p. 94, 2019.

P. Alicia, “Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining dalam Mengidentifikasi Penyakit Kambing,” JIDT (Jurnal Informasi dan Teknologi, vol. 4, pp. 191 - 192, 2022.

S. A. A. G. Mikhael Kristian, “Diagnosa Penyakit Tumor Otak Menggunakan Metode Waterfall dan Algoritma Depth First Seacrh,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 6, p. 17, 2021.

K. H. Muhammad Elan, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Ikan Arwana Menggunakan Metode Forward Chaining Dan Defth First Search Berbasis Web,” Jurnal Comasie, vol. 7, pp. 46 - 48, 2022.

C. Indrasmara, “Aplikasi Sistem Pakar Deteksi Penyakit THT Pada Anak - Anak Menggunakan Metode Forward Chaining,” Jurnal SANTI (Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), vol. 2, pp. 1-9, 2022.

N. P. Yeyi Gusla Nengsih, “Sistem Pakar Menggunakan Forward Chaining Dan Certainty Factor Untuk Diagnosa Kerusakan Smartphone,” JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen), vol. 2, p. 61, 2020.

I. Y. Pannesai, “Arsitektur Sistem Pakar,” in Konsep Sistem Pakar, Kota Batam, Kepulauan Riau: PT. Lamintang, 2021, p. 17.

Y. D. Alfina Tiurmida Sitanggang, “Tingkat Pemahaman Mahasiswa antar Pembelajaran Online dan Offline dalam Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode Forward Chaining,” Jurnal Informasi dan Teknologi, vol. 4, p. 65, 2022.

Y. Y. Rama Destaria, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dispepsia Menggunakan Metode Depth First Search,” Jurnal Darmajaya, vol. 1, p. 172, 2022.

L. S. S. A. Zainul Hakim, “Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Pada CV Telaga Berkat,” Jurnal Sisfotek Global, vol. 9, p. 70, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

12-10-2023

Cara Mengutip

Rifa, A. A., & Mufti. (2023). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT THT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING PADA KLINIK TOMANG. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 946–955. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/957

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama