ANALISIS SENTIMEN ULASAN APLIKASI MAXIM PADA GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER
Kata Kunci:
Analisis Sentimen, Maxim, Naive Bayes Classifier, Google Play StoreAbstrak
Pada era digitalisasi ini, transportasi umum semakin maju dengan hadirnya layanan transportasi online. Layanan transportasi online adalah contoh konkret dari kemajuan teknologi yang didasarkan pada aplikasi. Sekarang, dengan adanya layanan transportasi online, memesan transportasi menjadi lebih mudah. Sekarang ada semakin banyak perusahaan layanan transportasi online yang muncul, termasuk salah satunya adalah Maxim. Maxim telah digunakan sekitar 47 kota di Indonesia. Maxim juga dikenal dengan harga nya yang terjangkau. Dikarenakan banyaknya penggemar aplikasi Maxim, penulis tertarik untuk melakukan Analisis Sentimen pada aplikasi tersebut. Penggunaan analisis sentimen dilakukan dengan mengevaluasi ulasan pengguna aplikasi Maxim di Google Play Storemenggunakan Naïve Bayes Classifier. Penelitian ini dilakukan oleh penulis untuk memperoleh pendapat pengguna yang dapat bermanfaat bagi pengembang aplikasi dalam meningkatkan kualitas aplikasinya. Temuan studi menunjukkan bahwa meskipun aplikasi Maxim menerima banyak tanggapan positif, terdapat juga beberapa tanggapan negatif yang dapat menjadi acuan bagi pengembang aplikasi tersebut.Referensi
A. N. Hasanah and B. N. Sari, “Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Jasa Ojek Online Maxim Pada Google Play Dengan Metode Naïve Bayes Classifier,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 1, pp. 90–96, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3628.
N. Agustina, D. H. Citra, W. Purnama, C. Nisa, and A. R. Kurnia, “Implementasi Algoritma Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Ulasan Shopee pada Google Play Store,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 47–54, 2022, doi: 10.57152/malcom.v2i1.195.
R. Ramadhan, “Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Di Google Play Store Dengan K-Nearest Neighbor,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol 10, No. 3, pp.715-724, 2023.
M. K. Khoirul Insan, U. Hayati, and O. Nurdiawan, “Analisis Sentimen Aplikasi Brimo Pada Ulasan Pengguna Di Google Play Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 478–483, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6373.
R. Maulana, A. Voutama, and T. Ridwan, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi MyPertamina pada Google Play Store menggunakan Algoritma NBC,” J. Teknol. Terpadu, vol. 9, no. 1, pp. 42–48, 2023, doi: 10.54914/jtt.v9i1.609.
Z. Annisa and B. S. S. Ulama, “Analisis Sentimen Data Ulasan Pengguna Aplikasi ‘PeduliLindungi’ pada Google Play Store Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Model Multinomial,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 11, no. 6, 2023, doi: 10.12962/j23373520.v11i6.94064.
M. Diki Hendriyanto, A. A. Ridha, and U. Enri, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Mola Pada Google Play Store Menggunakan Algoritma Support Vector Machine Sentiment Analysis of Mola Application Reviews on Google Play Store Using Support Vector Machine Algorithm,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2022.
Y. Asri, W. N. Suliyanti, D. Kuswardani, and M. Fajri, “Pelabelan Otomatis Lexicon Vader dan Klasifikasi Naive Bayes dalam menganalisis sentimen data ulasan PLN Mobile". Petir, vol. 15, no. 2, pp. 264–275, 2022.
D. Normawati and S. A. Prayogi, “Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 2, pp. 697–711, 2021.
Ernianti Hasibuan and Elmo Allistair Heriyanto, “Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Amazon Shopping Di Google Play Store Menggunakan Naive Bayes Classifier,” J. Tek. dan Sci., vol. 1, no. 3, pp. 13–24, 2022, doi: 10.56127/jts.v1i3.434.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.