IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN PLUGIN WOOCOMMERCE PADA TOKO LOVEBOUQUET.TNG
Kata Kunci:
CMS, Toko Bunga, TOKO LOVEBOUQUET.TNG, WordPress, E-Commerce, Content Management System (CMS)Abstrak
Perkembangan teknologi yang berkembang pesat pada saat ini membuat suatu usaha untuk meningkatkan pelayanannya, salah satu caranya adalah menerapkan E- Commerce. Untuk usaha yang sudah online membuat transaksi menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, sehingga akan berdampak pada kemudahan pelanggan untuk melakukan transaksi pada toko. Lovebouquet.tng merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang penjualan flower bouquet (artificial), paket flower bouquet (artificial) boneka wisuda, flower bouquet money, snack bouquet yang memiliki motif-motif yang menarik. Selain itu Lovebouquet.tng penjualan produk stagnan karena pemilik toko hanya memasarkan produknya melalui sosial media seperti Instagram dan WhatsApp (Terbatas pada orang yang memFollow atau menyimpan nomor pemilik toko), promosi dan pemasaran produk yang kurang luas sehingga masih sedikit masyarakat mengenal produk dari toko lovebouquet.tng tersebut. Metode penelitian ini dapat membuat E-Commerceserta Content Management System (CMS) Wordpress, membahas tentang bagaimana cara menambahkan produk, melakukan pemesanan produk, melakukan pembayaran pesanan dengan transfer bank, dan melakukan konfirmasi pembayaran. Setelah pembayaran sudah dikonfirmasi oleh admin, maka admin akan merubah status pesanan pelanggan yang sudah dibayar. Fitur lainnya dari penelitian ini menghasilkan katalog produk, keranjang belanja, serta checkout. Untuk laporan yang dihasilkan adalah laporan pendapatan, informasi pemasaran, serta informasi barang terlaris.
Referensi
R. Romindo, M. Muttaqin, and D. H. Saputra, E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis, 2019. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/E_Commerce_Implementasi_Strategi_dan_Ino/PirGDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0.
E. Ernawati, N. Ichsan, and T. Wahyuni, “Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 13, no. 3, pp. 41–47, 2021, doi: 10.35969/interkom.v13i3.54.
M. N. Winnarto, I. Yulianti, and A. Rahmawati, “Penerapan Framework Codeigniter Pada Pengembangan Website E-CommerceBatik Tulis HR Ambar,” Swabumi, vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.31294/swabumi.v9i1.9813.
I. M. Maulana and Y. Santoso, “Implementasi E-CommerceBerbasis Cms (Content Management System) Pada Lapakbajuwanita,” Idealis, vol. 2, no. 5, pp. 431–435, 2019.
S. Sulistiyono, S. Dwiyatno, R. Fatullah, and A. Ramadhan, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Busana Wanita Berbasis Web Pada Toko Ninetynine,” J. Ilm. Sains dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 87–95, 2020, doi: 10.47080/saintek.v4i2.928.
A. Alfianti and M. Rahmayu, “Sistem Informasi Penjualan Pakaian Wanita Berbasis0 Web Pada PT. Karunia Anugrah Lestari (L’MORE) Jakarta Barat,” Inti Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 133–138, 2018.
C. E. Widyahening, “Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 1, p. 11, 2018, doi: 10.32585/jkp.v2i1.59.
A. Pratiwi, Kewirausahaan UMKM (Metode dan Implementasi Pemasaran UMKM). Surakarta: Unisri Press, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Kewirausahaan_UMKM/0-ybEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
U. Rusmawan, Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Jakarta: Elex media komputindo, 2019. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Teknik_Penulisan_Tugas_Akhir_dan_Skripsi/3cSZDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
S. Rahman, Jago Membuat Website dan SEO. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Jago_Membuat_Website_dan_SEO/IV_aDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.